Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 8 Smt 2 KD 12.1


12.1 Menulis Rangkuman Buku Ilmu Pengetahuan Populer


Rangkuman isi buku adalah penyajian kembali isi sebuah buku dengan bentuk yang lebih  singkat dan dengan tetap mempertahankan keutuhan isi buku. Yang harus dilakukan sebelum membuat rangkuman buku adalah sebagai berikut.

1.  Membaca buku

Bacalah buku untuk memahami isi buku dan mengenali sistematika penyajian isinya. Pada tahap ini dapat dilakukan metode SQ3R (survey, question, read, recite, dan review).
a.  Survey adalah kegiatan mengenali secara umum tentang buku. Kegiatan ini dilakukan dengan  mengamati judul, gambar sampul buku, daftar isi, gambar-gambar di dalam buku, dan sampul akhir buku.
b.  Question adalah kegiatan menyusun pemahaman umum (sepintas) tentang isi buku berdasarkan hasil survey. Pemahaman umum (sepintas) ini baru berupa dugaan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan, misalnya mengapa judul bukunya “Psikologi Kematian”.
c.  Read adalah kegiatan membaca secara keseluruhan untuk mendapatkan pemahaman secara utuh.
d.  Recite adalah kegiatan menceritakan kembali apa yang sudah dibaca untuk mengecek tingkat pemahaman terhadap isi bacaan.
e.  Review adalah kegiatan membaca ulang bagian-bagian buku yang belum dipahami secara baik.

2.  Mencatat gagasan-gagasan utama setiap bab

Setelah membaca keseluruhan isi buku, langkah selanjutnya adalah mencatat gagasan- gagasan utama setiap bab. Ambillah hal-hal pokok dari setiap bab dengan mengacu pada judul bab atau subbab.

3.  Merangkai gagasan-gagasan utama menjadi rangkuman

Langkah  terakhir  yang  dilakukan  adalah  merangkai  gagasan-gagasan  utama  menjadi sebuah rangkuman. Gunakanlah kata-kata penghubung (konjungsi) untuk menghubungkan antara gagasan utama satu dengan yang lainnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat rangkuman adalah:

1.  Sebaiknya menggunakan kalimat tunggal untuk memudahkan pembaca memahami isi rangkuman;
2.  Panjang rangkuman disesuaikan dengan panjang-pendeknya buku yang dirangkum;
3.  Gagasan asli pengarang/penulis buku harus tetap dipertahankan; dan
4.  Penulis rangkuman tidak boleh menambahkan gagasan-gagasan baru.