Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 7 Smt 2 KD 14.2


MATERI AJAR

Aspek Membaca

Standar Kompetensi

14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen.

Kompetensi Dasar

14.2.Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realisasi sosial.


Dalam pelajaran lalu telah dijelaskan bahwa cerpen merupakan cerita pendek yang bersifat rekaan tetapi logis atau masuk akal. Supaya  logis maka cerpen dibangun dari beberapa unsur yaitu plot (alur), tokoh, suasana, latar (setting), sudut pandang, dan gaya pengarang dalam bercerita. Pada pelajaran kali ini, kalian akan belajar tentang hubungan latar cerpen dan realitas sosial. Artinya, latar atau setting itu merupakan gambaran keadaan sosial yang terjadi pada waktu itu


Perhatikan contoh berikut ini:


Busku Sayang, Busku yang Malang


Bus kota merupakan alat transportasi utama bagiku, sebab hanya itulah kendaraan  satu- satunya yang melewati sekolahku. Pagi itu, seperti biasa aku berjuang setengah mati untuk berebut masuk ke dalamnya. Sudah bukan hal yang asing lagi kalau masuk bus baju rapi, keluar bus jadi lecek. Kepalaku sudah biasa beradu dengan benda lain, entah kaca jendela, besi pegangan, tas bawaan, atau kepala orang lain.
(Sumber:Maryati)


Dari contoh tersebut dapat dicermati latar/setting yang ada. Latar /setting yang ada dikaitkan dengan keadaan sosial pada waktu itu bahwa masyarakat kecil/masyarakat yang status ekonominya kurang mampu lebih banyak menggunakan angkutan umum. Salah satu angkutan umum itu adalah bus kota. Ternyata naik bus kota memerlukan perjuangan tersendiri. Hal itu merupakan gambaran sosial yang dihadapi oleh masyarakat kelas bawah.


Hubungan latar cerpen tersebut dengan keadaan sosial adalah Penggunaan angkutan umum yang padat menunjukkan status seseorang di masyarakat.