Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 7 Smt 2 KD 14.1



MATERI AJAR



Aspek: Berbicara

Standar Kompetensi:

14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen.

Kompetensi Dasar:

14.1.Menanggapi cara pembacaan suatu cerpen.




Sebelum kalian membaca cerpen berikut ini, tahukah kalian yang dimaksud dengan cerpen? Cerpen atau cerita pendek merupakan cerita rekaan atau fiksi. Walaupun bukan cerita sebenarnya, tetapi logis (masuk akal) dalam kehidupan sebenarnya.


Pembacaan cerpenn harus memperhatikan:

1. Pelafalan/Pengucapan

2.intonasi

3. Ekspresi/Gerak dan mimik

4. Komunikatif


Supaya lebih jelas, cobalah kalian pahami uraian berikut ini!

a. Pelafalan

Vokal atau pengucapan yang tepat akan membuat pendengar merasa senang untuk mendengar atau menyimak isi cerpen tersebut. Bila vokal atau pengucapan kurang jelas, pendengar akan merasa tidak senang, bahkan merasa bosan. Selain itu juga perlu memerhatikan   intonasi   dan   pemenggalan   yang  dimaksud   pemenggalan   adalah mengucapkan satuan-satuan atau kelompok-kelompok kata.


b. Gerak dan mimik

Gerak dalam membaca cerpen kadang  diperlukan, kadang tidak Gerakan dan mimik (perubahan  raut  muka)  yang  ditampilkan  pembaca  cerpen  bukanlah  gerakan  yang diciptakan sendiri. Oleh sebab itu, pembacalah yang harus mengikuti isi cerpen tersebut.


c. Komunikatif

Pembacaan  cerpen  bertujuan  agar  pendengar  dapat  memahami  isi  cerpen  tersebut sekaligus menikmatinya.   Untuk  itu,  pembaca   cerpen  harus  mampu  berkomunikadengan pendengar. Akanterlihat aneh apabila pembaca cerpen sibuk sendiri. Ia harus kontak dengan penonton. Hal indapat dilakukan dengan sekali-kali melihat kepada penonton.  Untuk  dapat  melakukan  hal  itu  dengan baik,  sebaiknya  pembaca  cerpen membaca  terlebih  dahulu  cerpen  tersebut  sebelum  tampil. Dengan  begiitu,  pembaca tidak lupa bagian-bagian yang dibacanya ketika ia melakukan kontak dengan penonton.