Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 7 Smt 2 KD 10.1


MATERI AJAR



Aspek: Berbicara

Standar Kompetensi:

10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon.
Kompetensi Dasar:

10.1. Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang benar.

Tokoh idola biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1 Banyak dikagumi masyarakat.

2. Ahli di bidangnya.

3. Mempunyai prestasi yang menonjol.

4. Dapat menjadi panutan/teladan.


1. Identitas tokoh dan keunggulannya

Setelah membaca teks yang berisi seorang tokoh idola, maka dapatlah disebutkan identitas dan keunggulannya

Chrisye

Anak  kedua  dari  tiga  bersaudara  yang  memiliki  nama  lengkap  Chrismansyah Rahardi ini dilahirkan di Jakarta, 16 September 1949. Ia mulai aktif merintis karier musiknya di  tahun 1968 saat bergabung  sebagai basis dalam  formasi  Sabda  Nada.  Tahun  1968  -
1969 ia tergabung dalam Gipsy Band bersama Zulham Nasution, Keenan Nasution, Gauri Nasution, Onan, dan Tami. Bersama kelompok Gipsy Band inilah Chrisye yang kala itu jadi vokalis  sekaligus  basis  sempat  tercatat  sebagai  band  penghibur  di  sebuah  restoran Indonesia  di  New  York.  Sayangnya  Gipsy  pun  tak  dapat  bertahan  lama.  Tahun  1970, bersama Gipsy Band pula, Chrisye sempat manggung di TIM Jakarta yang menghadirkan bintang  tamu  almarhum  Mus  Mualim.Sekitar  tahun  1977,  Chrisye  baru  memulai  karir Solonya. Nampaknya bintang keberuntungan sedang bersinar terang karena dalam waktu singkat namanya langsung meroket sebagai vokalis andal saat menembangkan lagu karya James F. Sundah yang berjudul Lilin-Lilin Kecil. Di saat yang sama ia juga memenangkan ajang “Lomba Karya Cipta Lagu Remaja Prambors” (LCLR). Hebatnya lagi, sepanjang kurun era 1980-an  hingga  memasuki tahun 2000 nama  Chrisye  tak pernah  tenggelam.  Hampir semua album yang dilirisnya disambut baik di industri musik Indonesia.

Penghargaan:

Dala beberapa   dekade   itu   Chrisy sudah   menyabet   beragam   pencapaian internasional seperti  menjuarai  ajang Enka Song  Festivayang diadakan oleh  Fuji  T.V., Tokyo,  Jepang  serta  menjadi  Vidio  Klip  Pertama  Indonesia  yang  ditayangkan  di  MTV Hongkong lewat klip Pergilah Kasih. Selain segudang prestasi musik Chrisye juga ternyata punya talenta lain, karena ia ternyata pernah tercatat bermain  dalam beberapa  film layar lebar seperti “Seindah Rembulan” (1981) dan menjadi bintang tamu di “Gita Cinta dari SMA” (1981). Lima (5) dari delapan belas (18) album solo yang telah dirilis Chrisye berhasil mendapatkan  penghargaan  musik  paling  bergengsi  di  Indonesia  yang  diadakan   oleh perusahaan pabrik pita kaset, HDX dan BASF. Diantaranya album Aku Cinta Dia, Hip Hip Hura, Kisah Cintaku, dan Pergilah Kasih. Sebuah tembang diciptakan Chrisye yang berjudul Lagu  Cinta,  yang  dibawakan  oleh  Vina  Panduwinata  berhasil  mendapat  penghargaan sebagai lagu terbaik oleh BASF. Selain tercatat sebagai penyanyi pop yang sukses, Chrisye juga tercatat  sebagai  pencipta  lagu. Ada  lebih dari  80  lagu  ciptaan  Chrisye.  Mengingat begitu banyak dan sudah lama, Chrisye tak lagi dapat mengingatnya. Beberapa lagu ciptaan Chrisye yang menjadi hit dibawakan oleh antara lain. Vina Panduwinata, Tika Bisono, Andi M. Matalatta, dan Utha Likumahua.


2. Alasan mengidolakannya

Seseorang menjadi tokoh idola dikarenakan alasan tertentu.

Contohnya, kepandaian memainkan gitar, kelihaiannya bermain bulu tangkis sehingga menjadi juara dunia berkali-kali, dan sebagainya.





 




  
Daftar Pustaka:

Maryati dan Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 1 Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta :     pusat Perbukuan Depdiknas