Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 8 Smt 2 KD 10.1



10.1 Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi Disertai dengan Bukti atau Alasan


Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran antara satu orang dengan pihak lain. Oleh karena itu, saat  berdiskusi  dapat  muncul  persetujuan,  sanggahan,  atau  penolakan.  Semakin  banyak peserta   diskusi,   semakin  besar  variasi  kemungkinan  yang  muncul  antara  persetujuan, sanggahan, dan penolakan. Semua itu diperbolehkan sepanjang pendapat yang disampaikan disertai dengan bukti atau alasan.

a.  Menyampaikan persetujuan dalam diskusi

Persetujuan dalam diskusi, artinya peserta yang satu memiliki pendapat yang sama dengan peserta  yang lain (pemrasaran). Persamaan pendapat diperbolehkan sepanjang disertai dengan bukti atau alasan. Bukti atau alasan itulah yang menguatkan pendapat sebelumnya sehingga peserta yang lain akan semakin setuju.
Persetujuan terhadap pendapat orang lain di antaranya dapat dikemukakan dengan cara sebagai berikut.
1)  Saya sependapat dengan Saudara karena pada dasarnya ....
2)  Saya setuju dengan pendapat ... sebab ....
3)  Menurut saya pendapat Saudara benar sebab ....

b.  Menyampaikan sanggahan dalam diskusi

Sanggahan dalam diskusi, artinya  peserta yang satu  memiliki pendapat  yang berbeda dengan peserta yang lain (pemrasaran). Perbedaan pendapat ini sangat diharapkan dalam kegiatan  diskusi  karena adanya tinjauan dari sudut pandang  lain. Namun, yang  harus diperhatikan adalah harus adanya bukti (alasan). Bukti (alasan) inilah yang menjadi bahan pertimbangan utama saat  merumuskan simpulan diskusi. Sanggahan harus disampaikan dengan cara yang baik dan bahasa yang santun agar pemrasaran tidak tersinggung dengan adanya perbedaan pendapat yang disampaikan.
Sanggahan di antaranya dapat dikemukakan dengan cara sebagai berikut.
1)  Pendapatmu sebenarnya baik, tetapi ….
2)  Saya sangat memahami pendapat Saudara, tetapi ….
3)  Saya setuju dengan pendapat Saudara dengan catatan ….

c.  Menyampaikan penolakan dalam diskusi

Penolakan  dalam  diskusi,  artinya  menolak  pendapat  yang  disampaikan  orang  lain (pemrasaran).  Menolak  pendapat  boleh  dilakukan,  sepanjang  pendapat  yang  diajukan orang  lain  itu memang dirasakan tidak rasional dan sukar diterima oleh akal. Yang harus diingat adalah penolakan terhadap pendapat orang lain harus mempertimbangkan perasaan orang yang mengajukan pendapat. Penolakan pendapat juga harus disertai dengan alasan yang masuk akal.

Penolakan di antaranya dapat dikemukakan dengan cara sebagai berikut.

1)  Maaf, saya punya pendapat yang berbeda dengan Saudara. Menurut saya ….
2)  Maaf, saya tidak setuju dengan pendapat Saudara. Menurut saya ….

Beberapa hal  yang  perlu  diperhatikan  dalam  menyampaikan  persetujuan,  sanggahan, maupun penolakan pendapat dalam diskusi:

1)  Meminta    izin     moderator    terlebih     dahulu     selaku    pemandu    diskusi     sebelum menyampaikan pendapat;
2)  Pendapat disampaikan dengan bahasa yang santun, komunikatif, dan jelas;
3)  Pendapat disertai dengan bukti dan alasan yang logis dan tepat, serta jika perlu disertai data-data;
4)  Fokus terhadap persoalan yang sedang dibahas atau dibicarakan; dan
5)  Tidak memaksakan kehendak atau pendapat.


Contoh penyampaian persetujuan dan sanggahan dalam proses diskusi

Penerapan Teknologi Modern di Perusahaan dan Dampaknya

Penerapan  teknologi  modern  dengan  sistem  komputer  di  perusahaan-perusahaan mampu   meningkatkan  hasil  produksi  beberapa  kali  lipat  dibandingkan  dengan  teknologi manual.  Namun  demikian,  sistem  pengoperasian  mesin  yang  serba  otomatis  dan  dapat dioperasikan selama 24 jam sehari secara penuh menimbulkan beberapa dampak.
Lingkungan adalah salah satu bidang yang paling sering mendapatkan dampak pertama dari  berdirinya  perusahaan  (pabrik).  Limbah,  polusi  air,  dan  kebisingan  merupakan  satu kesatuan  yang  tidak lepas dari penggunaan mesin-mesin. Ketiga hal tersebut masih belum begitu diperhatikan oleh sebagian pengembang industri.

Dalam  proses  diskusi  dapat  muncul  beberapa  kemungkinan  tanggapan  yang  berupa persetujuan  atau sanggahan. Contoh tanggapan dan sanggahan yang disampaikan dalam diskusi adalah sebagai berikut.

1.    Linda (pernyataan atau tanggapan terhadap persoalan):
Saya dapat merasakan bahwa memang penggunaan mesin-mesin modern di perusahaan-
perusahaan (industri) telah menimbulkan efek negatif bagi lingkungan. Telah banyak kita simak  dari saluran-saluran informasi yang mengemukakan bahwa limbah-limbah industri telah  memberikan efek negatif, yaitu kerusakan lingkungan dan juga polusi udara yang terus meningkat. Oleh karena itu, saya mempunyai pemikiran bahwa penggunaan mesin- mesin  dalam   industri  sebaiknya  diminimalisasi,  mengingat  besarnya  dampak  yang ditimbulkan

2.    Wayan (pernyataan atau tanggapan terhadap persoalan):
Saya mendukung tanggapan yang dikemukakan Saudari Linda. Selain berdampak polusi,
penggunaan mesin-mesin modern telah mengurangi jumlah tenaga kerja, sedangkan kita ketahui bahwa masih banyak tenaga kerja kita yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

3.    Sania (sanggahan terhadap tanggapan 1 dan 2):
Saya dapat memahami dampak yang ditimbulkan dari  adanya penggunaan mesin-mesin modern  dalam  perindustrian dan  saya  juga  membenarkan hal  tersebut.  Namun, saya
kurang sependapat dengan solusi yang dikemukakan Saudari Linda yang dikuatkan oleh
Saudara  Wayan.  Pemikiran  saya  bahwa  meminimalisasi  mesin-mesin  modern  dalam

perindustrian berarti mengurangi efektivitas perusahaan dalam berproduksi yang justru dapat menurunkan jumlah produksi. Saya berpendapat bahwa untuk mengurangi dampak limbah  dan   polusi  industri  perlu  adanya  peraturan  tentang  penggunaan  teknologi perindustrian yang ramah lingkungan dengan menerapkan sistem amdal.

4.    Tobing (sanggahan terhadap pernyataan 1 dan 2):
Saya juga kurang sependapat dengan Saudara Wayan dan Saudari Linda. Menurut saya,
meminimalisasi  penggunaan   mesin-mesin  dalam   perindustrian,  selain   seperti  yang dikemukakan Saudari Sania, pengembangan perindustrian kita akan makin tertinggal dari negara lain secara teknologi.