MATERI AJAR
Aspek Membaca
Standar Kompetensi
11. Memahami wacana
tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai.
Kompetensi Dasar
11.3.Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca.
Tabel memuat banyak informasi. Kemampuan memahami suatu tabel tidak semudah membaca teks bacaan yang bukan berupa tabel.
Ada beberapa langkah
yang diperlukan dalam membaca
tabel.
1. Membaca judul tabel tersebut.
2. Menentukan informasi yang ada dalam tabel tersebut.
3. Mengumpulkan dan menghubungkan informasi dari kanan, kiri, atas, bawah, dan samping isi tabel tersebut.
4. Menyimpulkan informasi tersebut.
Contoh Tabel
Tabel Kunjungan Wisata Tahun 2004 - 2006
No
|
Nama Daerah
|
Jumlah Pengunjung
|
||
Tahun 2004
|
Tahun 2005
|
Tahun 2006
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Jakarta
Bali
Yogyakarta Manado
|
189.380
186.714
175.652
101.210
|
175.680
315.716
230.415
105.715
|
186.714
431.632
225.760
117411
|
Dari tabe tersebut
dapat diinformasikan:
1. Pada tahun 2004 jumlah kunjungan
wisata ke Jakarta sebesar
189.380 orang.
2. Pada tahun 2004 jumlah kunjungan
wisata ke Bali sebesar 186.714 orang.
3. Pada tahun 2004 jumlah kunjungan
wisata ke Yogyakarta sebesar
175.652 orang.
Simpulan berdasarkan tabel jumlah kunjungan
wisata terbesar ke Bali pada tahun 2006, sedangkan kunjungan wisata dengan jumlah terkecil berada di daerah Manado pada tahun
2004.