Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 7 Smt 2 KD 11.3


MATERI AJAR


Aspek Membaca

Standar Kompetensi

11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai.
Kompetensi Dasar

11.3.Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca.


Tabel memuat banyak informasi. Kemampuan memahami suatu tabel tidak semudah membaca teks bacaan yang bukan berupa tabel.


Ada beberapa langkah yang diperlukan dalam membaca tabel.

1. Membaca judul tabel tersebut.

2. Menentukan informasi yang ada dalam tabel tersebut.

3. Mengumpulkan dan menghubungkan informasi dari kanan, kiri, atas, bawah, dan samping isi tabel tersebut.
4. Menyimpulkan informasi tersebut.




Contoh Tabel

Tabel Kunjungan Wisata Tahun 2004 - 2006
No
Nama Daerah
Jumlah Pengunjung
Tahun 2004
Tahun 2005
Tahun 2006
1.
2.
3.
4.
Jakarta
Bali Yogyakarta Manado
189.380
186.714
175.652
101.210
175.680
315.716
230.415
105.715
186.714
431.632
225.760
117411


Dari tabe tersebut dapat diinformasikan:

1.   Pada tahun 2004 jumlah kunjungan wisata ke Jakarta sebesar 189.380 orang.

2.   Pada tahun 2004 jumlah kunjungan wisata ke Bali sebesar 186.714 orang.

3.   Pada tahun 2004 jumlah kunjungan wisata ke Yogyakarta sebesar 175.652 orang.

Simpulan berdasarkan tabel jumlah kunjungan wisata terbesar ke Bali pada tahun 2006, sedangkan kunjungan wisata dengan jumlah terkecil berada di daerah Manado pada tahun
2004.