Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 7 Smt 2 KD 16.1


Materi Ajar


Aspek: Menulis

Standar Kompetensi:

16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi.

Kompetensi Dasar:

16.1.Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam



Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra. Selain puisi, bentuk karya sastra yang  lain  yaitu  prosa  dan  drama.  Puisi  mempunyai  bahasa  yang  khas.  Bahasa  yang digunakan sangat padat makna. Jika dilihat dari bentuknya, maka puisi terasa lebih ringkas dibanding  prosa.  Walau  ringkas,  puisi  mampu  mengungkapkan  perasaan  dan  pikiran penyairnya lewat makna yang terkandung dalam kata-katanya. Hal terpenting yang harus dilakukan sebagai berikut.


1. Menentukan gagasan

Gagasan dapat diperoleh dari pengalaman, pengamatan daya khayal, dan hasil pemikiran.
Berikut ini contoh gagasan yang diperoleh dari pengalaman.

Saat itu aku sedang sendirian di rumah. Ibu yang kutunggu tidak segera pulang. Suasana terasa sepi. Tibatiba terdengar goncangan keras. Aku kaget sekali. Aku berteriak dan lari keluar. Ternyata  telah  terjadi gempa.  Dan                                                                                               aku ternganga. Banyak kerusakan terjadi di sekelilingku. Dari pengalaman tersebut, kalian dapat menuangkannya dalam bentuk puisi seperti berikut. Tanah bergetar Pohon dan jalanan  berserakan  Tubuhku  menggigil  ketakutan  Dengan   sisa  keberanian Kusebut nama-Nya


2. Gagasan dari pengamatan

Setiap pagi, aku selalu melalui kebun bunga tetanggaku. Ada yang paling menarik dari kebun itu. Bunga kebun yang berwarna warni. Disudut kebun itu juga ada mawar merah hati. Prosa di atas jika dituangkan dalam bentuk puisi akan menjadi sebagai berikut.


Setiap pagi ku jalan kaki

Ku lewati bunga warna warni

Ada satu menarik hati

Mawar merah hati


3. Gagasan dari daya khayal


Jika aku nanti tumbuh dewasa, aku ingin jadi ilmuwan yang ahli di bidang pertambangan. Dengan penemuanku nanti, aku berharap dapat menutup lubang tanah yang mengeluarkan lumpur tak terkira. Aku ingin mereka yang rumah dan hartanya terendam lumpur, tidak merasa sedih lagi.
Dengan ilmuku

Ku sumbat lumpur bencana itu

Hingga warga desaku dapat mencangkul lagi