Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kls 7 Smt 2 KD 10.2


Materi Ajar


Aspek Berbicara
Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon.
Kompetensi Dasar:
10.2.Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun



Pada saat ini, telepon menjadi alat komunikasi yang sangat efisien dan efektif. Telepon dapat memecahkan  kendala  komunikasi  yang  terhalang  jarak.  Percakapan  melalui telepon  diatur dengan kaidah sopan santun. Kaidah sopan santun diterapkan untuk menciptakan hubungan yang dilandasi sikap saling menghormati.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bertelepon berikut ini:

1. Mengucapkan salam

2. Menggunakan bahasa secara santun

Berikut ini contoh bahasa yang santun dan kurang santun santun:

a. Bahasa yang kurang santun
 Gini Bu Guru, aku kan udah bilang nggak bisa ngerjakan tugas ibu, gimana kalau ibu ngajari aku dulu?
      Ibu malah sudah lupa, gitu aja kok lupa? Ingat dong Bu? saya kan bekas murid ibu.

b. Bahasa yang santun

      Begini Bu, Saya belum bisa mengerjakan tugas Ibu. Apakah Ibu dapat membimbing saya lebih dulu?
       Maaf, apakah ibu masih mengenal saya



3. Menggunakan kalimat efektif

Berikut ini contoh pemakaian bahasa yang efektif dan tidak efektif.
a.Kalimat tidak efektif

       Roti ini terbuat daripada tepung, margarin, ovelet?

       Tolong kenalkan istri saya punya nama Damayanti.

b.Kalimat efektif

       Apakah roti ini terbuat dari tepung, margarin, dan ovelet?

       Perkenalkan istri saya bernama Damayanti.


4. Sesuai konteks


Berikut ini contoh percakapan telepon sesuai konteks! Ibu Rusminar    : “Ya, hallo, disini Ibu Rusminar.”
Agung Nugraha           : “Maaf, Bu, boleh mengganggu sebentar?” Ibu Rusminar                                              : “Ya, ada apa?”
Agung Nugraha            : “Begini, Bu. Teman-teman kelas VII A berencana menengok Bapak

Ridwan. Di rumah sakit mana beliau dirwat, Bu?”

Ibu Rusminar                : Oh, baik sekali. Bapak Ridwan dirawat di rumah sakit ‘Kasih Ibu.

Ruang Anggrek No. 18.A.”

Agung Nugraha            : “Terima kasih, Bu dan selamat siang!” Ibu Rusminar     : “Selamat siang!”









Daftar Pustaka:

Maryati dan Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 1 Untuk SMP/MTS Kelas VII.
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas