Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Kebahasaan

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I    PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan

BAB II   KEBAHASAAN
A.   Konsep Kebahasaan
1.    Hakikat Bahasa
2.    Fungsi Bahasa
3.    Ragam Bahasa
B.   Unsur-unsur Kebahasaan
1.    Fonologi
2.    Morfologi
3.    Sintaksis/Kalimat
4.    Semantik
5.    Kosakata.
BAB III KEBAHASAAN DALAM PEMBELAJARAN BERBAHASA
A.   Kebahasaan dalam Pembelajaran Mendengarkan
B.   Kebahasaan dalam Pembelajaran Berbicara
C.   Kebahasaan dalam Pembelajaran Membaca
D.   Kebahasaan dalam Pembelajaran Menulis
BAB IV RANGKUMAN
BAB V PENILAIAN
DAFTAR PUSTAKA
GLOSARIUM


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Ada dua kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kedua kemampuan itu adalah kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra. Penguasaan kedua kemampuan dikembangkan melalui empat keterampilan berbahasa yakni keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam proses pembelajarannya akan terlihat bentuk-bentuk kegiatan mendengarkan bahasa dan sastra, berbicara bahasa dan sastra, membaca bahasa dan sastra, serta menulis bahasa dan sastra.
Kegiatan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) adalah kegiatan berkomunikasi. Kegiatan dalam pembelajaran bahasa berarti kegiatan berkomunikasi. Komunikasi tersebut tentu menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Agar komunikasi lancar perlu menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa yang baik dan benar yaitu bahasa yang sesuai dengan aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam bahasa itu. Bahasa Indonesia memiliki kaidah-kaidah dan aturan-aturan yang hanya berlaku di dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu diperlukan penguasaan terhadap aspek-aspek ketatabahasaan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Penguasaan ketatabahasaan oleh pendidik, di samping untuk dirinya juga digunakan untuk membelajarkan peserta didiknya. Penguasaan ketatabahasaan oleh peserta didik dimaksudkan untuk menupang kemampuannya berbahasa. Berbahasa dengan baik dan benar hanya dimungkinkan jika kaidah-kaidah, tatabahasa, dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalam bahasa itu diterapkan secara tepat.
Untuk mencapai penguasaan kaidah bahasa tersebut, salah satu dapat diperoleh melalui pembelajaran mandiri. Buku-buku yang menyajikan materi kebahasaan dapat diperoleh dengan mudah di toko buku, di perpustakaan, dan sebagainya. Penguasaan kaidah bahasa oleh peserta didik (siswa) dilakukan melalui pembelajaran di bawah bimbingan pendidik. Dalam proses pembelajaran kaidah bahasa itu dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran keterampilan berbahasa (mendengarkan, bebricara, membaca, dand menulis). Artinya, kaidah bahasa atau ketatabahasaan tidak diperlajari secara terpisah atau terpilah, ia menyatu dengan pembelajaran keterampilan berbahasa.
Setiap pembelajaran keterampilan berbahasa seyogianya dipayungi oleh kaidah bahasa. Misalnya, ketika pembelajaran ketrampilan mendengarkan berlangsung, di situ ada kaidah atau ketatabahasaan untuk mendukung keterampilan mendengarkan tersebut. Begitu juga, ketika  pembelajaran berbicara, membaca, dan menulis, hal itu juga dilakukan. Dengan demikian, kaidah bahasa atau ketatabahasaan digunakan untuk membentuk keMTsmpuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Sesuai dengan uraian ini, maka modul suplemen ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kebahasaan, kaidah bahasa, dan ketatabahasaan. Pembahasannya dalam modul meliputi hakikat bahasa, fungsi bahasa, ragam bahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan kosakata. Pembahasan dilakukan secara terbatas pada sisi-sisi yang esensial belaka. Oleh karena itu pembaca modul ini masih memerlukan sumber lain sebagai bahan tambahan.
B.      Tujuan
Setelah mempelajari modul ini, peserta pelatihan diharapkan dapat memahami konsep dan proses pembelajaran kebahasaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang dapat diuraikan dalam bentuk perilaku sebagai berikut.
1.       Menjelaskan, memahami, membedakan dan mencontohkan materi kebahasaan.
2.       Memilih bahan modul kebahasaan yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran kebahasaan.
3.       Menyusun dan menerapkan model pembelajaran kebahasaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang terintegrasi ke dalam empat keterampilan berbahasa di antaranya: keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.






BAB II
KEBAHASAAN

A.      Konsep Kebahasaan
1.       Hakikat Bahasa
Bahasa adalah suatu sistem lambang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Sebagai sebuah sistem, maka bahasa terbentuk oleh suatu aturan, kaidah, atau pola-pola tertentu, baik dalam tata bunyi, tata bentuk kata, maupun kalimat. Bila aturan, kaidah atau pola ini dilanggar, maka komunikasi dapat terganggu. (Abdul Chair, 1998: 1)

2.       Fungsi Bahasa
Fungsi bahasa yang terutama adalah sebagai alat untuk bekerja sama atau berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat. Untuk berkomunikasi sebenarnya dapat juga digunakan cara lain, misalnya isyarat, lambang-lambang gambar atau kode-kode tertentu lainnya. Namun, dengan bahasa komunikasi dapat berlangsung lebih baik dan lebih sempurna.
Bahasa Indonesia sendiri yang mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara di tengah-tengah berbagai macam bahasa daerah, mempunyai fungsi sebagai berikut: a) alat untuk menjalankan administrasi negara, b) alat pemersatu pelbagai suku bangsa di Indonesia, c) media untuk menampung kebudayaan nasional. (Abdul Chair, 1998: 2)

3.       Ragam Bahasa
Setiap bahasa mempunyai ketepatan atau kesamaan dalam hal tata bunyi, tata bentuk, tata kata, tata kalimat, dan tata makna karena berbagai faktor yang terdapat di dalam masyarakat pemakai bahasa, seperti usia, pendidikan, agama, bidang kegiatan profesi, dan latar belakang budaya daerah, maka bahasa itu menjadi tidak seragam. Bahasa menjadi beragam, mungkin tata bunyinya menjadi tidak persis sama, mungkin tata bentuk dan tata katanya, dan mungkin juga tata kalimatnya.
Keragaman bahasa ini terjadi juga dalam bahasa Indonesia. Akibat berbagai faktor seperti yang disebutkan di atas, maka bahasa Indonesia pun mempunyai ragam bahasa. Ragam bahasa Indonesia yang ada antara lain: a) Ragam bahasa yang bersifat peseorangan, b) ragam bahasa yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat dari wilayah tertentu, c) ragam bahasa yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat dari golongan sosial tertentu, d) ragam bahasa yang digunakan dalam kegiatan suatu bidang tertentu, e) ragam bahasa yang digunakan dalam situasi formal atau situasi resmi, f) ragam bahasa yang digunakan dalam situasi informal atau situasi tidak resmi, g) ragam bahasa yang digunakan secara lisan yang biasa disebut bahasa lisan. (Abdul Chair, 1998: 4)

B.      Unsur-unsur Kebahasaan
1.       Fonologi
a.       Definisi Fonologi
Fonologi adalah bagian dari tata bahasa atau ilmu bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi ujaran suatu bahasa. Fonologi dapat dibagi atas dua bagian, yaitu: fonetik dan fonemik. Berikut penjelasan keduanya.
Fonetik adalah bagian dari tata bahasa yang menyelidiki dan menganalisa bunyi-bunyi ujaran yang dipakai dalam tutur, serta mempelajari bagaimana menghasilkan bunyi-bunyi tersebut dengan alat ucap manusia. Sasaran fonetik adalah mempelajari segala macam bunyi ujaran yang dapat dihasilkan oleh alat-alat ucap, dan bagaimana menghasilkan tiap-tiap bunyi itu dengan tepat menurut kebiasaan masyarakat bahasa itu.
fonemik yaitu bagian dari tata bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi ujaran dalam fungsinya sebagai pembeda arti. Satuan bunyi ujaran yang terkecil, yang dapat membedakan arti, disebut fonem (phone = bunyi, -ema = adalah suatu akhiran dalam bahasa Yunani yang berarti mengandung arti). Namun, pada kenyataannya tiap fonem bisa diucapkan secara berlainan sesuai dengan lingkungan yang dimasukinya. Karena itu, sasaran fonemik adalah mengadakan pengelompokan bunyi ujaran (= alofon-alofon) suatu bahasa menjadi sebuah fonem, dan menetapkan kaidah-kaidah untuk menggabungkan  fonem-fonem itu. Oleh karena itu, dikatakan fonem jika dapat membedakan artinya. Misalnya, bunyi /l/ dari kata lari  diganti lagi dengan /t, m/ akan diperoleh kata tari dan mari,  dan bunyi /r/. Demikian pula kalau bunyi /r/ pada kata dari  berturut-turut diganti dengan /k, s, h/ sehingga diperoleh kata daki, dasi, dahi.
b.      Pembentukan Bunyi Bahasa
Bunyi bahasa merupakan sebuah rangkaian bunyi (bahasa) yang dikeluarkan oleh penutur. Bunyi itu dipahami melalui proses mendengar. Seseorang mampu memahami bunyi bahasa yang didengarnya apabila bunyi itu keluar (terujar) dengan benar. Dalam pembentukan bunyi bahasa ada tiga faktor utama yang terlibat: sumber tenaga, alat ucap yang menimbulkan getaran dan rongga pengubah getaran. Proses pembentukan bunyi bahasa dimulai dengan memanfaatkan pernapasan sebagai sumber tenaganya. (Balai Pustaka, 1998: 37)
Untuk menghasilkan bunyi bahasa yang benar, diperlukan:  (1) alat bicara yang normal; (2) keterampilan dan kemampuan alat bicara dalam melakukan artikulasi; (3) kemampuan mengatur pernapasan untuk mengalirkan udara ke rongga tenggorokan, mulut, dan hidung.
Kekeliruan atau ketakterampilan seseorang dalam memproses keluarnya bunyi seperti alat bunyi tidak kurang sempurna atau pengaruh bahasa daerah dapat dapat mengakibatkan orang kurang memahami bunyi bahasa tersebut karena bunyi yang keluar tidak sesuai dengan standar kualitas yang diperlukan.
Untuk menghasilkan bunyi bahasa yang benar  -menurut kaidah bunyi bahasa yang bersangkutan-   seseorang harus mengetahui artikulator (alat bunyi) apa saja yang terlibat dalam proses artikulasi, seperti:
1)          labial, yaitu artikulasi yang dilakukan di bibir atas;
2)          dental, yaitu artikulasi yang dilakukan di gigi atas;
3)          alveolar, yaitu artikulasi yang yang dilakukan di gusi atas;
4)          palatal, yaitu artikulasi yang dilakukan di lag\ngit-langit keras; dan
5)          velar, yaitu artikulasi yang dilakukan di langit-langit lunak; dan
6)          glotal, yang tidak dihasilkan oleh artikulator, tetapi oleh penutupan glotis secara total.

c.       Vokal dan Konsonan
1)      Vokal
Vokal adalah bunyi ujaran yang terjadi karena udara yang keluar dari paru-paru tidak mendapat halangan.
Jenis dan macam vokal tidak bergantung pada kuat dan lembutnya getaran udara, tetapi bergantung pada posisi atau bentuk bibir, tinggi-rendahnya lidah, dan maju-mundurnya lidah. Yang termasuk vokal ialah a, i, u, e, o, e.
2)      Konsonan
Konsonan adalah bunyi ujaran yang terjadi karena udara yang keluar dari paru-paru mendapat halangan, entah seluruhnya atau sebagian. (Gorys Keraf, 1999: 25).
Konsonan dapat dibedakan berdasarkan faktor-faktor berikut.
a)          Artikulator dan Titik Artikulator
b)          Jenis Halangan Udara yang Dijumpai
c)          Bergetar-tidaknya Pita Suara
d)         Jalan Keluar Udara dari Rongga Ujaran
Yang termasuk konsonan adalah b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z.

d.      Diftong
Diftong adalah dua vokal berurutan yang diucapkan dalam satu kesatuan waktu, yang sering disebut huruf rangkap, misalnya bunyi au dan ai pada kata-kata: pulau, harimau, bangau, ramai, pantai, dan lantai.  Bila urutan dua vokal itu diucapkan dalam satuan waktu yang berlainan, maka itu bukanlah diftong, seperti bunyi au dan ai dalam: kaum, laut, raut, mau, bait, kait, dan naik. (Gorys Keraf, 1999: 24).

e.       Kluster, Deret Konsonan, dan Suku Kata
1)      Kluster
Kluster adalah konsonan rangkap yang terjadi pada proses  pembentukan kata.  Kluster atau konsonan rangkap mengundang problema tersendiri dalam pembentukan kata bahasa Indonesia. Hal ini terjadi pada saat pemberian imbuhan pada kata yang berasal dari unsur serapan. Kata yang berkluster (yang dipakai dalam bahasa Indonesia), misalnya program, traktir, transfer, dll. Kata-kata tersebut, apabila dibentuk dengan afiks yang bernasal, misalnya {meN-(kan/i)}     dan     {peN-(an)}   , akan menimbulkan problema (masnur Muslich, 2008: 137-138)
Menurut kaidah bahasa Indonesia, kata-kata yang diawali konsonan k, p, t, dan s akan luluh pada konsonan awalnya bila mendapat imbuhan me-. Namun bila itu dilakukan pada kata-kata serapan tersebut akan menimbulkan beberapa kelemahan karena bentuk kata serapan tersebut berbeda dengan bentuk dasar bahasa Indonesia,  menyulitkan penelusuran terhadap bentuk aslinya, dan ada beberapa bentuk yang dapat menimbulkan kesalahpahaman arti,

2)      Deret Konsonan
Deret konsonan adalah dua buah konsonan yang letaknya berdampingan, tetapi tidak berada pada sebuah suku kata, melainkan pada suku kata yang berlainan. Jadi, keduanya berada pada batas antara dua buah suku kata. Karena deret konsonan merupakan dua buah konsonan yang terletak pada suku kata yang berlainan, maka cara melafalnya juga dipisahkan. Mula-mula diucapkan konsonan yang pertama terikat pada suku katanya. Kemudian diucapkan konsonan yang kedua, yang juga terikat pada suku katanya.

3)      Suku Kata
Suku kata adalah bagian kata yang diucapkan dalam satu hembusan napas dan umumnya terdiri atas beberapa fonem. (Balai Pustaka,1988: 44). Contohnya, kata datang. Kata ini diucapkan dalam dua hembusan napas, yaitu da –  dan – tang.
Dalam bahasa Indonesia ada dua jenis suku kata, yaitu suku kata terbuka dan suku kata tertutup. Suku kata tertutup adalah suku kata yang diakhiri dengan vokal, seperti mata, lari, sedangkan suku kata tertutup adalah suku kata yang diakhiri dengan konsonan seperti kata malam, bagus.

f.      Penyukuan dan Pemenggalan Kata
1)     Penyukuan
Istilah penyukuan kata dibedakan dari istilah pemenggalan kata. Penyukuan berhubungan pengucapan, sedangkan pemenggalan lebih berhubungan dengan penulisan. Dengan dasar itu, kata caplok, dengan, dan kenali bisa dilakukan penyukuan terhadap kata-kata itu menjadi ca-plok, de-ngan, dan ke-na-li. Berbeda halnya jika kata-kata itu mengalami pemenggalan. Hasil pemenggalan terhadap kata-kata itu adalah cap-lok, de-ngan, dan ke-nali. (Diding Wahyudin, 2001: 15).

2)     Pemenggalan Kata
Pemenggalan itu diperlukan terutama apabila kita harus memisahkan sebuah kata dalam tulisan jika terjadi pergantian baris. Apabila kita ingin memenggal sebuah kata, kita harus membubuhkan tanda hubung (-) di antara suku-suku kata itu dengan tidak didahului atau diikuti oleh spasi. Pemberian tanda hubung juga tidak dibenarkan di bawah akhir suku yang hendak dipisah hanya karena untuk mencapai kelurusan magin kanan. Perlu juga diketahui bahwa suku kata atau imbuhan yang terdiri atas sebuah huruf tidak dipenggal agar tidak terdapat satu huruf pada ujung atau awal baris.
Pemenggalan dilakukan terhadap kata-kata yang berkedudukan sebagai kata dasar. Bila di tengah kata dasar ada dua vokal, pemenggalan dilakukan di antara dua vokal tersebut, contoh: ba-ik, sa-at, pu-ing. Bila di tengah kata ada konsonan di antara dua vokal, maka pemenggalan dilakukan sebelum konsonan tersebut, contoh : si-kat, jal-lan, ha-nyut. Bila di tengah kata ada du konsonan berurutan, pemenggalan dilakukan di antara kedua fonem tersebut., contoh: pin-dah, lam-bat, cap-lok, tang-gung. Bila di tengah kata ada tiga konsonan atau lebih yang berdekatan, maka pemenggalan dilakukan dai antara konsonan pertama dan kedua, contoh: kon-trak, in-struksi, am-bruk, bang-krut.
Pemenggalan pada kata berimbuhan dengan cara memisahkan imbuhan dengan kata dasarnya, meskipun imbuhan itu mengalami perubahan bentuk, contoh: mem-be-lok, mem-ba-tu, pe-ngum-pul-an. Kecuali sisipan, pemenggalan tidak berdasarkan imbuhan karena sisipan dianggap bagian dari kata, contoh: ge-me-tar, ge-ri-gi, te-lun-juk.
Pemenggalan pada kata kompleks pemisahan dilakukan dengan cara memisahkan di antara unsur-unsurnya atau di antara suku-suku kata tersebut.
Contoh: kilometer = kilo-meter atau ki-lo-me-ter
                Fotografi = foto-grafi atau fo-to-gra-fi
g.     Fonem dan Grafem
Fonem adalah satuan terkecil dari bunyi bahasa yang membedakan arti. Contoh:   pagi terdiri atas fonem /p/a/g/i/  = 4 fonem
                sangat terdiri atas fonem /s/a/ng/a/t  = 5 fonem
Grafem adalah pelambang fonem yang berbentuk huruf. 
Contoh :  pagi terdiri atas grafem /p/a/g/i/  = 4 grafem
sangat terdiri atas grafem /s/a/n/g/a/t/ = 6 grafem
h.     Lafal Bahasa Indonesia
1)     Lafal fonem
Bahasa Indonesia memiliki 28 fonem, yang terdiri atas enam vokal (a, i, u, e, e’ dan o) serta dua puluh dua konsonan (b, c, d, f, g, h, j, k, l, m,n, p, q, r, s, t, v, w, y, z).
Dalam penuturan, fonem-fonem itu tidak berdiri sendiri, tapi bagian dari kesatuan bunyi bahkan saling mempengaruhi satu sama lain.

2)     Lafal Vokal
Berikut cara melafalkan vokal  dalam bahasa Indonesia:
Vokal /a/ dengan cara membuka mulut lebar-lebar, menarik lidah ke belakang dank e bawah dengan menghembuskan nafas ke luar.
Vokal /i/ dengan cara mulut dilebarkan, menjulurkan lidah ke depan dank e atas, sambil menghembuskan udara ke luar.
Vokal /u/ dengan cara mulut dibundarkan, menarik lidah ke belakang dank e atas, sambil menghembuskan udara ke luar.
Vokal /e/ dengan cara melebarkan mulut, menarik lidah ke dalam dank e tengah, sambil menghembuskanmenghembuskan udara ke luar.
Vokal /e’/ dengan cara melebarkan mulut, menganjurkan lidah ke depan dank e tengah sambil menghembuskan udara ke luar.
Vokal /o/ dengan cara mulut dibundarkan, menarik lidah ke belakang dank e tengah, sambil menghembuska udara ke luar.
3)     Lafal Konsonan
Konsonan /b,p/  dengan cara mengatupkan bibir lalu meletupkan udara ke luar dengan tiba-tiba.
Konsonan /d,t/ dengan cara menempatkan ujung lidah pada gigi atas, lalu letupkan udara ke luar dengan tiba-tiba.
Konsonan /g,k/ dengan cara menempatkan pangkal lidah pada langit-langit lunak, lalu letupkan udara dengan tiba-tiba.
Konsonan /f/ dengan cara menempelkan bibir bawah pada gigi atas, lalu hembuskan udara secara bergeser.
Konsonan /z,s/ dengan cara menempelkan ujung lidah pada gigi atas, lalu hembuskan udara secara bergeser.
Konsonan /sy/ dengan cara menempatkan daun lidah pada langit-langit keras,lalu bunyi dihembuskan ke luar secara bergeser.
Konsonan /kh/ dengan cara mendekatkan pangkal lidah pada langit-langit lunak, lalu hembuskan udara secara bergeser
Konsonan /h/ dengan cara mendekatkan pangkal lidah pada dinding rongga kerongkongan, lalu hembuskan udara secara bergeser.
Konsonan /c,j/ dengan cara menempatkan daun lidah pada langit-langit keras lalu hembuskan udara ke luar
Konsonan /m/ dengan caramerapatkan kedua bibir lalu hembuskan udara melalui rongga hidung.
Konsonan /n/ dengan cara menempatkan ujung lidah pada gigi atas, lalu hembuskan udara melalui ronga hidung
Konsonan /ny/ dengan cara menempatkan daun lidah pada langit-langit keras, lalu hembuskan udara melalui rongga hidung.
Konsonan /ng/  dengan cara menempatkan ujung lidah pada gigi atas, lalu udara dihembuskan melalui ronga hidung
Konsonan /r/ dengan cara menempatkan ujung lidah pada gusi gigi atas lalu hembuska udara dengan menggetarkan ujung lidah.
Konsonan /l/ menempatkan ujung lidah pada gusi sisi atas, lalu hembuskan udara melaluisisi kiri dan kanan lidah.
Konsonan /w/ dengan cara merapatkan bibir atas dan bawah, lalu secepatnya hembuskan udara sambil melepaskan rapatan bibir.
Konsonan /y/ dengan cara menempatkan daun lidah pada langit-langit keras, lalu secepatnya lepaskan daun lidah sambil menghembuskan uadara ke luar.
4)     Lafal Gugus Konsonan
Gugus konsonan adalah dua buah konsonan atau lebih yang letaknya berurutan pada sebuah sukukata. Karena merupakan sebuah kesatuan, maka pelafalanannya dengan cara menyebutkannya dari konsonan pertama tanpa diselingi vokal
Contoh 
spi-dol bukan sepidol
kla-sik
struk-tur
5)     Lafal Deret Konsonan
Deret konsonan adalah dua konsonan yang letaknya berdampingan, tetapi tidak berada pada sebuah suku kata, maka melafalkannya juga dipisahkan.
Contoh:
kor-ban
bam-bu
ban-dung
6)     Pungtuasi
Pungtuasi adalah tanda-tanda baca yang digunakan dalam kalimat. Pungtuas dalam bahasa Indonesia meliputi tanda titik, tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua, tanda hubung, tanda pisah, tanda ellipsis, tanda Tanya, tanda seru, tanda kurung, tanda kurung siku, tanda petik,  tanda petik tunggal, tanda ulang, tanda garis miring, dan tanda penyingkat.
Pungtuasi direalisasikan berdasarkan dua hal utama yang komplementer, yaitu (1) unsur-unsur suprasegmental dan (2) hubungan sistematis. Misalnya dalam kalimat berikut terdapat tanda baca yang memenuhi kedua syarat tersebut.
Coba katakan, Saudara, siapa namamu?
Dalam ujaran yang wajar antara katakan dan saudara tidak terdapat perhentian. Karena itu, seharusnya tanda koma dalam kalimat tersebut dihilangkan. Namun, karena kata saudara merupakan unsur yang tidak ada hubungannya dengan kata katakan, maka harus ditempatkan koma. Antara kata saudara dan siapa ditempatkan koma, karena di situ diberikan perhentian sebentar dengan intonasi menaik. Sebaliknya, di akhir kalimat diberikan tanda tanya karena intonasinya adalah intonasi tanya.
2.       Morfologi
a.       Definisi Morfologi
Morfologi ialah ilmu bahasa tentang seluk-beluk bentuk kata (struktur kata). (Zaenal Arifin, 2008:1).
b.      Konsep-konsep Dasar dalam Morfologi
1)      Morfem
Morfem adalah satuan bahasa terkecil yang mengandung makna (Zaenal Arifin, 2008:2). Morfem ada dua macam, yaitu morfem bebas dan morfem terikat. Morfem bebas adalah morfem yang dapat berdiri sendiri sebagai kata, bahkan dapat juga menjadi sebuah kalimat, yaitu kalimat tak sempurna (elips) seperti morfem di, lari, lihat, pandang, orang. Morfem terikat adalah morfem yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kata, tetapi harus selalu bersama morfem lain, seperti morfem  ber-, di- , atau me-, hanya  akan bermakna bila muncul bersama morfem lainnya,  seperti contoh berlari, dilihat,  memandang, seorang.
2)      Alomorf
Alomorf adalah variasi bentuk dari sebuah morfem disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang dimasukinya (Gorys Keraf, 1991: 43). Morfem ber- misalnya,  dalam realisasinya dapat berubah menjadi ber-, be-, dan bel-  dalam lingkungan tertentu.
Bentuk ber- memasuki hampir semua lingkungan, sebaliknya bila memasuki lingkungan kata yang berfonem awal /r/ atau suku kata pertamanya mengandung /er/, ber- berubah menjadi be-. Dalam satu kasus,  ber- berubah menjadi bel-,  misalnya:
ber-                             be-                              bel-
ber-layar                    be-rasa                       bel-ajar
ber-satu                     be-rambut
ber-diri                        be-derma
ber-kartu                    be-kerja
ber-tunas                   be-terbangan
3)      Bentuk, Fungsi, dan Makna
Lazimnya kata di dalam bahasa Indonesia terdiri atas kata dasar dan kata jadian. Sebuah kata jadian dapat dibentuk dari dua macam dasar, yakni (1) dasar yang tanpa imbuhan apa pun telah termasuk kategori sintaksis dan mimiliki makna yang independen, yang disebut juga dasar bebas, (2) dasar yang kategori sintaksis ataupun maknanya dapat ditentukan hanya apabila kata dasar itu telah diberi imbuhan. Kata dasar tersebut juga dasar terikat. Semua dasar itu akan berubah bentuk dan maknanya apabila mnegalami pengimbuhan (afiksasi).
Pengimbuhan atau afikasasi yaitu proses penambahan imbuhan (afiks) pada kata. Afiks tersebut terdiri atas: (a) awalan (prefiks): ber-, se-, me-, di-, ke-, pe-, ter-; (b) sisipan/di tengah ( infiks) : -em-, -el-, -er-; (c) akhiran (sufiks): -i, -kan, -an, -nya; dan (d) afiks di awal dan di akhir (konfiks) pe-an, me-kan, ber-an, ke-an, me-i.
a)      Prefiks atau Awalan ber-
(1)     Bentuk
Pada umumnya morfem ber- dirangkaikan saja di depan sebuah kata dengan tidak mengalami perubahan apapun, kecuali bila kata dasar diawali dengan fonem /r/ atau suku kata pertamanya mengandung /er/ maka ber-  berubah menjadi be-. Dalam satu kasus,  ber- berubah menjadi bel-.
Ber + kuda     > berkuda                  ber + raja        > beraja
Ber + kerja     > bekerja                    ber + ternak   > beternak
Ber + lari        > berlari                      ber + ajar        > belajar
(2)     Fungsi
Awalan ber- berfungsi sebagai pembentuk kata kerja (prefiks verbal). Namun, kalimat yang predikatnya berupa kata kerja berawalan ber- tidak memiliki objek, tetapi dapat memiliki pelengkap atau keterangan.
(3)     Makna
Kata kerja berawalan ber- memiliki makna seperti berikut.
(a)     memiliki atau mempunyai, seperti beranak (memiliki anak), dll.
(b)     menghasilkan atau mengeluarkan, seperti berapi (mengeluarkan api), dll.
(c)     biasa melakukan, bertindak sebagai, bekerja sebagai, seperti bertani (melakukan pekerjaan tani), dll.
(d)     melakukan pekerjaan untuk diri sendiri (resiprokal), seperti berjemur (menjemur dirinya), dll.
(e)     mendapat, dapat di-…, atau dikenai, seperti gayung bersambut (gayung mendapat sambutan), dll.
(f)      memakai atau mengenakan, menggunakan,  mengendarai atau naik, seperti berkereta (naik kereta), dll.
(g)     menjadi kelompok, seperti bersatu (menjadi satu), dll.
b)      Prefiks atau Awalan me-
(1)     Bentuk
Dalam pemakaiannya dapat bernasalisasi menjadi men-,  mem-, meny-, meng-, menge-,
(2)     Fungsi
Awalan  me- berfungsi membentuk kata kerja.
(3)     Makna
makna awalan me- sebagai berikut:
(a)        Melakukan: membaca, menulis, mengantuk
(b)       Menggunakan alat:  menggergaji kayu, mengail
(c)        Membuat: menggambar, merenda
(d)       Menggunakan bahan: mengapur, mengecat
(e)        Memakan, meminum, menghisap: merokok, menyirih
(f)        Menuju: mengudara, melaut
(g)       Menjadi: memutih, memanas

c)      Prefiks atau Awalan di-
(1)     Bentuk
Ketika dilekatkan pada dasar, awalan di- ternyata tidak mengalami persoalan morfologis karena awalan itu tidak mengalami perubahan bentuk. Akan tetapi, dari segi ejaan, penulisan di- sebagai awalan, seperti dipinjam dan dipajang (yang dituliskan serangkai dengan dasar atau kata yang dilekatinya) sering dikacaukan dengan penulisan di sebagai kata depan, seperti di pasar dan di rumah (yang dituliskan terpisah dari dasar atau dari kata yang mengikutinya).
(2)     Fungsi
Awalan di- berfungsi sebagai pembentuk kata kerja pasif (prefiks verbal pasif, yang berkaitan dengan prefiks verbal aktif meng-), seperti diambil X mengambil, ditiru X meniru, dicangkuli X mencangkuli, dan diantarkan X mengantarkan.
(3)     Makna
Awalan di- memiliki makna sebagai berikut:
(a)     dikenai laku atau dikenai tindakan, seperti dihukum (dikenai tindakan hukum), dll.
(b)     dikenai dengan, seperti diparang (dipotong), dll.
(c)     dibuat atau dijadikan, seperti digulai (dibuat/dijadikan gulai), dll.
(d)     diberi atau dilengkapi dengan, seperti  dipagari (diberi pagar), dll.
d)      Prefiks atau Awalan ke-
(1)     Bentuk
Awalan ke- tidak mengalami perubahan bentuk ketika dilekatkan pada dasar, seperti kepada dan ketua. Perlu diingatkan di sini bahwa prefiks ke- harus dibedakan dari kata depan ke yang berstatus kata.
(2)     Fungsi
Fungsi prefiks ke- ternyata bermacam-macam di antaranya adalah sebagai pembentuk kata kerja (prefiks verbal dan bertalian dengan awalan ter-, seperti ketawa yang digunakan dalam ragam lisan tidak resmi dan tertawa), sebagai pembentuk kata bilangan (tingkat dan kumpulan) benda (prefiks nominal), dan dalam beberapa kasus berfungsi sebagai pembentuk kata benda.
(3)     Makna
Awalan ke- memiliki makna seperti berikut:
(a)  (dalam ragam cakapan), awalan ke- semakna dengan awalan ter-, yang berarti ‘telah mengalami’, ‘menderita keadaan’, atau ‘menderita kejadian”, seperti ketabrak (tertabrak), dll.
(b)     di urutan atau pada urutan, seperti ketiga (di/pada urutan ketiga), dll.
(c)     Menyatakan orang atau sesuatu yang di... bila ia membentuk kata benda: kekasih, kehendak, ketua. Bentuk ini tidak produktif lagi.

e)      Prefiks atau Awalan per-
(1)     Bentuk
Awalan per- mengalami perubahan bentuk ketika dilekatkan pada dasar. Karena bentuk dan maknanya berkaitan dengan bentuk dan makna awalan ber-, perubahan bentuk awalan per- itu pun seperti yang terjadi pada awalan ber-.
(2)     Fungsi
Bahasa Indonesia memiliki dua buah awalan –pe-, yaitu awalan per- pembentuk kata kerja (prefiks verbal) dan per- (pe-, pel-) sebagai pembentuk kata benda (prefiks nominal).
(3)     Makna
Sebagai pembentuk kata kerja, awalan per- memiliki makna seperti berikut.
(a)     (men) jadikan lebih’ (biasanya awalan per- dilekatkan pada dasar berupa kata sifat, seperti perindah (jadikan lebih indah), dll.
(b)     membagi jadi, seperti perdua (bagi dua), dll.
f)        Prefiks atau Awalan pe-
(1)     Bentuk
Awalan pe- mengalami perubahan bentuk sejalan dengan proses nasalisasi pada bentuk kata kerja yang menjadi dasar bagi kata benda yang mengambil bentuk ini. Dengan demikian, diperoleh tiga alomorf dari prefiks pe-, yaitu:
·       pe-, misalnya: petani, pemalas, pelaku
·      pe- + nasalisasi, misalnya: pendidik, penulis, pengajar, penari, pembuat, pendiri diturunkan dari kata kerja mendidik, menulis, menari, membuat, mendirikan
·        per-, misalnya: pertapa, pelajar yang diturunkan dari kata kerja bertapa, belajar.
(2)     Fungsi
Awalan pe- berfungsi sebagai pembentuk kata benda (prefiks nominal) yang bertalian bentuk dan maknanya dengan awalan me-. Artinya, kata benda berawalan pe- bertalian bentuk dan maknanya dengan kata kerja berawalan me-. Perhatikan bahwa ‘orang yang mengarang’ disebut pengarang, ‘(orang) yang menulis’ disebut penulis, dll. (Zaenal Arifin, 2008: 40).
(3)     Makna
Awalan pe- memiliki makna seperti berikut.
(a)     yang melakukan, seperti pembaca puisi yang pandai (yang pandai membaca puisi), dll.
(b)   yang menjadi atau yang menjadikan, seperti pemerah bibir (yang menjadikan bibir merah), dll.
(c)   yang menggunakan atau yang memakai, seperti pembajak sawah (yang menggunakan bajak), dll.
(d)    yang menghasilkan atau yang membaur, seperti penenun (yang menghasilkan tenunan), dll.
(e)        yang mengeluarkan (suara), seperti perintih (yang mengeluarkan rintihan), dll.
(f)        yang memberi atau yang melengkapi dengan, seperti pengecat (yang melengkapi dengan cat), dll.
(g)       yang menuju, seperti pendarat (yang menuju darat), dll.
(h)       yang mencari atau ‘yang mengumpulkan, seperti pemulung (yang mencari/mengumpulkan barang hasil memulung), dll.
g)      Prefiks atau Awalan se-
(1)     Bentuk
Awalan se- tidak mengalami perubahan bentuk apabila dirangkaikan dengan kata yang lain.
(2)     Fungsi
Fungsi awalan se- yang pertama adalah menjadi kllitika (dari kata esa), seperti sedekah, sekamar, dan sekampung. Adapun fungsi awalan se- yang kedua adalah membentuk adverbial, seperti seenaknya, setibanya, secepatnya, dan sedatangnya.
(3)     Makna
Awalan se- yang berupa bentuk klitik (dari kata esa) bermakna
(a)     satu, seperti sekamar (satu kamar), dll.
(b)     seluruh, seperti se-Indonesia (seluruh Indonesia)
(c)     sama atau sampai, seperti sepandai (yang sama pandai dengan gurunya), dll.
Awalan se- sebagai pembentuk adverbial (prefiks adverbial), memiliki makna seperti berikut:
(a)     dengan, seperti seizinku (dengan izinku), dll.
(b)     seturut atau menurut, seperti setahuku (menurut yang aku tahu), dll.
(c)     setelah, seperti sepeninggalmu (setelah kamu pergi), dll.
h)      Prefiks atau Awalan ter-
(1)     Bentuk
Awalan ter- memiliki variasi bentuk te- dan tel- seperti berikut. 
ter- + (selain /r/ dan    { anjur }), vokal 
te-  + (r), seperti terasa dan terawat 
ter-   + suku pertama mengandung fonem /er-/, seperti  teperdaya dan tepercaya 
tel-  + (anjur) 
(2)     Fungsi 
Bahasa Indonesia memiliki dua buah awalan ter-, yaitu (1) awalan ter- sebagai pembentuk kata kerja (prefiks verbal, yang bertalian dengan awalan ber-) dan (2) awalan ter- sebagai pembentuk kata sifat (prefiks adjektival).
(3)     Makna
Awalan ter- sebagai pembentuk kata kerja memiliki makna seperti berikut.
(a)     telah dilakukan dan dalam keadaan, seperti terbuka (dalam keadaan terbuka), dll.
(b)     telah mengalami, menderita keadaan atau kejadian (dengan tidak sengaja atau dengan tiba-tiba), seperti terkencing-kencing  ( sampai tiba-tiba kencing), dll.
(c)     dapat (biasanya didahului oleh kata tidak atau dilengkapi dengan akhiran –kan), seperti tidak terangkat (tidak dapat diangkat), dll.
i)        Bentuk Ulang atau Kata Ulang (Reduplikasi)
Bentuk ulang atau kata ulang adalah sebuah bentuk gramatikal yang berujud penggandaan sebagian atau seluruh bentuk dasar sebuah kata (Gorys Keraf, 1991:149).
(1)     Jenis kata ulang
(a)     Kata ulang murni, yaitu pengulangan seluruh bentuk dasar kata. Contoh : lari-lari, adik-adik, saudara-saudara
(b)     Kata ulang berubah bunyi, yaitu kata ulang ulang yang bagian perulangannya mengalami perubahan bunyi, baik vokal maupun konsonan, terdiri atas :
·             Kata ulang berubah vokal. Contoh: bolak-balik, mondar-mandir, serba-serbi.
·             Kata ulang berubah konsonan. Contoh: sayur-mayur, lauk-pauk, ramah-tamah
·             Kata ulang berubah vokal dan konsonan. Contoh: lemah-lembut, sorak-sorai, riuh-rendah
(c)     Kata ulang sebagian (dwipurwa), yaitu pengulangan kata yang terjadi hanya pada sebagian bentuk dasar.
(d)     Kata ulang berimbuhan, yaitu kata ulang yang mendapat imbuhan. Contoh:  sayur-sayuran, tolong menolong, bermaaf-maafan.
(2)     Makna kata ulang
(a)     Menyatakan banyak. Contoh : rumah-rumah, anak-anak, meja-meja
(b)     Menyatakan bermacam-macam. Contoh : sayur-mayur, lauk-pauk, tanam-tanaman.
(c)     Menyatakan menyerupai. Contoh : kuda-kuda, siku-siku, rumah-rumahan, kuda-kudaan.
(d)     Menyatakan saling. Contoh : hormat-menghormati, bersalam-salaman,  cinta-mencintai.
(e)     Menyatakan melemahkan arti. Contoh :sakit-sakitan, ragu-ragu.
(f)      Menyatakan bersifat seperti. Contoh : kekanak-kanakan,  kebarat-baratan.
(g)     Menyatakan berulang-ulang (terus-menerus). Contoh : melambai-lambai, mengangguk-angguk, mencoret-coret.
(h)    Menyatakan berhubungan dengan. Contoh : tulis-menulis, tali-temali.
(i)      Menyatakan intensitas kualitatif (menegaskan). Contoh : tinggi-tinggi, besar-besar, cantik-cantik.
(j)       Menyatkan kumpulan. Contoh : dua-dua, tiga-tiga.
(k)     Menyatakan agak. Contoh : kemerah-merahan, kehijau-hijauan.

c.       Kategori Kata dalam Bahasa Indonesia
1)      Kata Benda (Nomina)
Kata benda adalah semua kata yang merupakan nama diri, benda, atau segala sesuatu yang dibendakan.
Terdiri atas kata benda abstrak dan konkrit. Kata benda abstrak yaitu kata benda yang tak dapt ditangkap panca indra, seperti ilmu, khayal, sifat. Kata benda konkrit yaitu kata benda yang dapat ditangkap oleh panca indra, seperti meja, buku, sepeda. Kata yang dibendakan seperti kesombongan, kebersihan, persyaratan.

2)      Kata Kerja (Verba)
Kata kerja adalah kata yang menyatakan perbuatan, tindakan, pekerjaan,  atau keadaan. Contoh : makan, lari, duduk
Verba dapat diketahui lewat perilaku semantik dan sintaksis serta bentuk morfologisnya. Pada umumnya, verba memiliki ciri berikut.
a)          Verba berfungsi sebagai predikat atau inti predikat kalimat. Verba juga dapat berfungsi lain di luar predikat.
b)          Secara inheren, verba mengandung makna ‘perbuatan (aksi), proses, atau keadaan yang bukan sifat atau bukan kualitas’.
c)          Verba yang bermakna keadaan tidak dapat diberi prefiks ter- untuk   menyatakan makna ‘paling’. Jadi, tidak ada kat *terhidup, *teramati, dan *terpingsan.
d)         Secara umum, verba tidak dapat bergabung dengan kata petunjuk kesangatan. (Zaenal Arifin, 2008: 85)
3)      Kata Sifat (Adjektiva)
Adalah kata yang menyatakan sifat dan keadaan suatu benda atau yang dibendakan. Contoh : manis, besar, jauh, gelap, murah hati
Fungsi adjektiva di dalam kalimat adalah memberikan keterangan lebih khusus tentang sesuatu yang dinyatakan oleh nomina (menjadi atribut bagi nomina). Keterangan atau atribut dapat berupa deskripsi mengenai kualitas atau keanggotaan. Adjektiva dapat berfungsi predikatif ataupun adverbial. Fungsi predikatif dan adverbial itu dapat mengacu ke suatu keadaan. Adjektiva dapat digunakan untuk menyatakan tingkat kualitas dan tingkat bandingan acuan nomina yang diterangkan, tinkat kualitas ditegaskan. (Zaenal Arifin, 2008: 98-99)
4)      Kata Tugas
Kata tugas yaitu kata-kata yang bertugas memperluas kalimat inti menjadi kalimat luas dan sekaligus berfungsi menandai realsi antara kata-kata penuh dalam sebuah kalimat (Gorys keraf, 1991: 107). Kata tugas dapat dibagi atas: preposisi (kata depan), kata keterangan (adverbia), dan kata penghubung (konyungsi).
a)      Kata Depan (Preposisi)
Disebut juga kata perangkai, berfungsi sebagai perangkai kata kelompok kata dalam kalimat.  Pada umumnya kata benda merangkaikan kata benda dengan kata lain. Contoh: di, ke, dari, bagi, untuk, daripada, kepada
Fungsi kata depan:
(1)       Menyatakan tempat, yaitu dari, antara, di
(2)       Menyatakan waktu, yaitu pada
(3)       Menyatakan alat yaitu dengan
(4)       Mengantarkan objek tak langsung yaitu bagi, akan, buat, tentang, dan kepada
b)      Kata Keterangan (Adverbia)
Kata keterangan adalah kata yang digunakan untuk member penjelasan pada kalimat atau bagian kalimat dan tidak bersifat menerangkan keadaan. Contoh : barangkali, memang, mungkin, sekali, sedang, belum, masih, cukup, hanya, cuma, separuh.
c)      Kata Penghubung (Konyungsi)
Kata penghubung yaitu kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan kalimat, atau kata dengan kalimat. Contoh :  dan, karena, ketika, serta, bahwa, tetapi, jika, setelah, kecuali.
3.     Sintaksis/Kalimat
a.       Definisi Sintaksis
Sintaksis adalah cabang linguistik yang membicarakan hubungan antarkata dalam tuturan (speech). Unsur bahasa yang termasuk di dalam lingkup sintaksis adalah frasa, klausa, dan kalimat. (Zaenal Arifin, 2008:1-2)
b.      Jenis Kalimat Ditinjau dari Beberapa Aspek
1)      Kata
Kata dapat dilihat dari berbagai segi. Pertama, kata adalah satuan dilihat dari pemakai bahasa. Menurut pemakai bahasa, kata adalah satuan gramatikal yang diujarkan, bersifat berulang-ulang, dan secara potensial ujaran itu dapat berdiri sendiri. Kedua, kata dilihat secara bahasa (menurut pandangan para ahli bahasa). Secara linguistic, kata dapat dibedakan atas satuan pembentukannya. Oleh karena itu, kata dapat dibedakan sebagai satuan fonologis, satuan gramatikal, dan satuan ortografis.
2)      Frasa
Frasa adalah satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonpredikatif (Rusyana dan Samsuri, 1976) atau satu konstruksi ketatabahasaan yang terdiri atas dua kata atau lebih. Frasa terdiri atas frasa eksosentris dan frasa endosentris.    
3)      Klausa
Klausa adalah satuan gramatikal yang setidak-tidaknya  terdiri atas subjek dan predikat. Klausa berpotensi menjadi kalimat. Berdasarkan distribusi satuannya, klausa dapat dibedakan menjadi klausa bebas dan klausa terikat. Berdasarkan fungsinya, klausa dapat dibedakan menjadi klausa subjek, klausa objek, klausa keterangan, dan klausa pemerlengkapan.
4)      Kalimat
Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai intonasi final (kalimat lisan), dan secara actual ataupun potensial terdiri atas klausa. Jika dilihat dari fungsinya, unsure-unsur kalimat berupa subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan.
Menurut bentuknya, kalimat dibedakan menjadi kalimat tunggal, kalimat tunggal dan perluasannya, serta kalimat majemuk.
c.       Kalimat Efektif
Kalimat efektif ialah kalimat yang memiliki kemampuan untuk memunculkan gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang ada dalam pembicara atau penulis kalimat itu. Misalnya, melalui kalimat yang efektif gagasan pembicara atau penulis, gagasan itu dapat diterima oleh pembaca atau pendengar secara utuh. (Zaenal Arifin, 2008: 74)
Kalimat efektif tidak sekadar menghadirkan subjek, predikat, objek, dan keterangan, tetapi menghendaki tataran yang lebih tinggi dan luas daripada itu, yaitu kesepadanan strukur, keparalelan bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermata penalaran, kepaduan gagasan, dan kelogisan bahasa. Dengan demikian, kalimat efektif dapat dipandang sebagai kalimat yang lebih dari baku (baku plus). (Zaenal Arifin, 2008: 74-75).
Ciri-ciri kalimat efektif :
1)          Kesatuan gagasan, maksudnya  subjek, predikat  dan unsur lainya saling mendukung dan membentuk kesatuan tungal
2)          Kesejajaran,  penggunaan frase  dan bentuk kata memiliki kesamaan fungsi dan bentuknya
3)          Kehematan,setiap kata memiliki fungsi yang jelas  tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu.
4)          Penekanan,menonjolkan bagian yang terpenting dalam kalimat.
5)          Kelogisan, kekalimat harus mudah dipahami.
d.      Jenis-jenis Kalimat
1)      Kalimat sederhana adalah kalimat yang terbentuk dari kalausa yang sederhana
Contoh :  Ibuku tertawa.  ( pola SP)
          Nenekku cantik sekali (pola SPPel)
2)      Kalimat tunggal adalah kalimat yang terdiri dari masing-masing satu unsur, atau .kalimat sederhana. Kalimat inti.
Contoh : Ayah membaca koran.
         S        P             O
Adik menangis.
         S        P
3)      Kalimat  majemuk adalah kalimat yang memiliki dua pola atau lebih dalam susunan kalimatnya. Kalimat majemuk terdiri atas :
·             Kalimat majemuk setara yaitu kalimat hubungan antar unsurnya sederajat atau setara
Contoh :
Ayah membaca koran dan ibu memasak di dapur.
Rina hendak berlibur ke Jakarta atau ke Bandung?
Bukan Ari yang melakukan itu, tapi Dodi.
·             Kalimat Majemuk rapatan yaitu kalimat Majemuk setara yang bagian-bagiannya dirapatkan dengan cara menghilangkan salah satu unsur kalimat yang sama.
Contoh :
Asep pandai bermain basket.
Anto pandai bermain basket.
Asep dan Anto pandai bermain basket
·             Kalimat Majemuk bertingkat merupakan perluasan dari kalimat tunggal yang membentuk satu atau lebih pola kalimat baru di samping pola kalimat sebelumnya.
Contoh :
1.    Kakak sedang membaca buku
Kakak sedang membaca buku ketika ayah pulang dari kantor( perluasan keterangan waktu)
2.    Anita mempelajari seni tradisional.
Anak yang berpita merah itu mempelajari seni tradisional
4)      Kalimat berita adalah kalimat yang isiny menyatakan berita atau pernyataan utuk diketahui oleh orang lain. Kalimat berita diakhiri tanda titik.
Contoh:
Seluruh warga kini sadar untuk membayar pajak.
Pendidikan dasar sudah berjalan lancar.
5)      Kalimat Tanya adalah kalimat yang isinya mengharapkan reaksi atau jawaban dari pendengar atau pembaca.
Contoh :
Siapa yang melakukan semua ini?
Di mana mereka berbulan madu?
6)      Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan.
Ciri-ciri kalimat aktif :
a)      Suyek melakukan pekerjaan
b)      Predikatnya berawalan me-/ber-
c)       Kalau ada objeknya, objek dikenai pekerjaan
Contoh : Rina membaca buku di ruang tamu
                  S      P             O         Kt
7)      Kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai pekerjaan.
Ciri-ciri kalimat pasif:
a)     Subjek dikenai pekerjaan
a)          Predikat berawalan di/ter
b)          Obyek menjadi pelaku
Contoh: Buku dibaca Rina di ruang tamu
                              S         P        O          KT
8)      Kalimat langsung adalah kalimat yang langsung diucapknoleh si pembicra atau menirukan ucapan si pemicara. Bagian kutipan (bunyi bicara) diapit oleh tanda petik, antara kalimat kutipan dan pengiring (si pembicara) dipisahkan dengan tanda koma).
Contoh :  “Kita harus membersdihkan halaman”, kata Ibu.
                                      Kata ayah,”Bagaimana hasil ujianmu , Ahmad?”
9)      Kalimat tak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali ucapan orang lain. Bagian kutipan dalam kalimat langsung merupakan kalimat berita. z
Contoh :   Ibu berkata bahwa kita harus membersihkan halaman.
                          Ayah bertanya kepada Ahmad tentang hasil ujiannya.                        
e.       Kevariasian Penyusunan Kalimat
Paragraf dapat terdiri atas satu kalimat yang berisigagasan utama dan sejumlah kalimat yang berisi gagasan penjelas yang menjadi pendukung. Paragraf itulah yang kemudian dapat disusun menjadi teks atau wacana (discourse). Dengan demikian, unsur terkecil suatu teks atau wacana adalah paragraf, bukan kalimat. (Zaenal Arifin, 2008:82)
Sebuah paragraf harus memiliki sebuah gagasan utama. Gagasan utama adalah gagasan dasar tentang sesuatu, yang menjadi tumpuan berpikir bagi penulis untuk memunculkan gagasan berikutnya. Gagasan utama harus menjadi pengendali bagi gagasan berikutnya yang ada di dalam paragraf. Oleh karena itu, gagasan utama menjadi sesuatu yang amat penting di dalam sebuah paragraf.
Gagasan utama dapat dikategorikan berdasarkan letak penulisannya. Gagasan utama yang terletak pada bagian awal paragraf (deduktif), pada bagian akhir paragraf (induktif), campuran (deduktif-induktif), atau tersebar di dalam paragraf. Yang penting, sebuah paragraf harus berisikan informasi yang lengkap dan utuh.  
4.     Semantik
a.     Definisi Semantik dan Makna
Berdasarkan asal katanya semantik berasal dari bahasa Yunani sema yang berjenis kata benda yang berarti “tanda” atau ”lambang”, sedangkan kata kerjanya adalah semaio yang berarti “menandai” atau “melambangkan”. Yang dimaksud lambang di sini adalah tanda linguistik. Kata semantik ini kemudian disepakati sebagai istilah yang digunakan untuk bidang linguistik yang mempelajari hubungan antara tanda-tanda linguistik yang mempelajari hubungan antara tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang ditandainya. Dengan kata lain bidang studi dalam linguistik yang mempelajari makna atau tentang arti.(Abdul Chaer, 1994: 2)

b.     Jenis-jenis Makna
1)      Makna Leksikal dan Gramatikal
Makna kosakata yang dikuasi seseorang merupakan bagian utama memori semantik yang tersimpan dalam otak, yang disebut makna denotatif atau sering juga disebut dengan maknsa deskriptif atau makna leksikal yang merupakan relasi kata dengan kosep, benda, peristiwa atau keadaan yang dilambangkan dengan kata tersebut. makna leksikal  seniman adalah ‘orang yang menciptakan karya seni’.
makna leksikal biasanya dioposisikan dengan makna gramatikal. makna gramatikal adalah makna yang hadir sebagai akibat adanya proses gramatikal seperti proses afiksasi, reduplikasi, dan kompisisi. Proses afiksasi awalan ter- pada kata terangkat pada kalimat Batu seberat itu terangkat juga oleh adik, melahirkan makna ‘dapat’, semantara dalam kalimat Ketika balok itu ditarik, papan itu terangkat, melahirkan makna gramatikal ‘tidak sengaja’.
2)      Makna Denotatif dan Konotatif
Pembedaan makna denotatif dan konotatif didasarkan pada ada atau tidaknya ‘nilai rasa’ pada sebuah kata. Setiap kata, terutama yang disebut kata penuh mempunyai makna denotatif, tetapi tidak setiap kata itu mempunyai makna konotatif. (Abdul Chaer, 1994:65). Selanjutnya dijelaskan bahwa sebuah kata disebut mempunyai makna konotatif apabila kata itu mempunyai ’nilai rasa’, baik positif maupun negatif.
Makna denotatif sering juga disebut dengan Makna denotaional, Makna konseptual, atau makna kognitif, karena dilihat dari sudut pengamatan yang sesuai dengan hasil observasi menurut penglihatan, penciuman, pendengaran, perasaan, dan pengalaman lainnya. Jadi, makna denotatif menyangkut informasi-informasi faktual objektif. Oleh karena itulah, makna denotatif sering juga disebut dengan makna sebenarnya.
3)      Makna Kata dan makna Istilah
Pembedaan makna kata dan isilah berdasarkan ketepatan makna kata itu dalam penggunaannya secara umum dan secara khusus. Dalam pembelajaran di kebahasaan di sekolah dasar makna ini disebut juga dengan kata populer dan kata kajian.  Dalam penggunaan bahasa secara umum acapkali kata-kata itu digunakan secara tidak cermat sehingga maknanya bersifat umum. Akan tetapi dalam penggunaan secra khusus dalam bidang kegiatan tertentu, kata-kata itu digunakan secara khusus dalam bidang kegiatan tertentu, kata-kata itu digunakan secara cermat sehingga maknanya pun menjadi tepat.
Makna kata sebagai istilah atau kata kajian memang dibuat setepat mungkin untuk menghindari kesalahpahaman dalam bidang ilmu atau kegiatan tertentu. Dalam bidang kedokteran misalnya kata tangan dan lengan digunakan sebagai istilah untuk pengertian yang berbeda.
c.     Relasi makna
Di setiap bahasa,  termasuk bahasa Indonesia, seringkali kita temui adanya hubungan kemaknaan atau relasi semantik antara sebuah kata atau satuan lainnya dengan dengan satuan bahasa yang lain. Bentuk relasi makna tersebut dapat berwujud sebagai berikut.
1)      Sinonimi
Sinonimi adalah relasi makna antarkata (frasa atau kalimat) yang maknanya sama atau mirip. Di dalam suatu bahasa sangat jarang ditemukan dua kata yang bersinonim secar mutlak.
Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya kata-kata yang bersinonim, seperti kata-kata yang berasal dari daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing. Sebagai contoh kukul (bahasa Jawa) bersinonim dengan jerawat (bahasa Indonesia)
2)      Antonimi
Antonim atau oposisi adalah relasi antarkata yang bertentangan atau berkebalikan maknanya.
Istilah antonimi digunakan untuk oposisi makna dalam pasangan leksikal bertaraf seperti panas dengan dingin, antonimi ini disebut bertaraf karena antara  panas dengan dingin masih ada kata-kata seperti hangat dan suam-suam kuku. Perkataan seperti Saya tidak ingin mandi dengan air dingin tidak berarti Saya ingin mandi dengan air panas.
Oposisi makna pasangan leksikal tidak bertaraf yang maknanya bertentangan disebut oposisi komplementer, seperti jantan dengan betina. Relasi antarkata ada juga yang maknanya berkebalikan atau beroposisi rasional, seperti kata suami dengan kata isteri.
3)      Homonimi
Himonimi adalah relasi makna antarkata yang ditulis atau dilafalkan sama tetapi maknanya berbeda . kata-kata yang ditulis sama tetapi maknanya berbeda disebut homograf, sedangkan yang dilafalkan sama tetapi makna berbeda disebut homofon. Contoh homograf adalah kata tahu yang berarti makanan yang berhomofraf dengan kata tahu yang berarti paham dan buku yang berarti kitab berhomograf dengan buku yang berarti tempat pertemuan atau dua ruas, sedangkan kata masa yang berarti waktu berhomofon dengan massa yang berarti jumlah besar yang menjadi satu kesatuan.
Di dalam kamus kata-kata yang termasuk homofon muncul sebagai lema (entri) yang terpisah. Misalnya kata tahu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia muncul sebagai dua lema.
1ta.hu v mengerti sesudah melihat (menyaksikan, mengalami, dsb);
2ta.hu n makanan dari kedelai putih yang digiling halus-halus, direbus dan dicetak
4)      Polisemi
Polisemi berkaitan dengan kata atau frasa yang memiliki beberapa makna yang berhubungan. Hubungan antarmakna ini disebut polisemi. Di dalam penyusunan kamus, seperti yang disebut di atas, kata-kata yang berhomonimi muncul sebagai lema (entri yang terpisah), sedangkan kata yang berpolisemi muncul sebagai satu lema namun dengan beberapa penjelasan. Misalnya, kata sumber dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia muncul sebagai satu lema, tetapi dengan beberapa penjelasan seperti berikut.
sum.ber n 1tempat keluar (air atau zat cair); sumur;
                 2asal (dl berbagai arti)
Dilihat dari relasi gramatikalnya, ada dua jenis relasi makna, relasi sintagmati dan paradigmatik. Relasi makna sintagmatis adalah relasi antarmakna kata dalam satu frasa ataui kalimat (hubungan horizontal). Sebagai contoh hubungan makna antara saya membaca dan buku dalam kalimat saya membaca buku. Di sisi lain, relasi paradigmatis adalah relasi antarmakna kata yang menduduki gatra sintaktis yang sama dan dapat saling menggantikan dalam satu konteks tertentu (hubungan vertikal). Hubungan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.
Saya membeli bunga .........untuk hadiah ualng tahun ibu saya.
                                      mawar
                                      anggrek
                                      aster
                                      tulip
relasi makna antara kata mawar, anggrek, aster, dan tulip merupakan relasi paradigmatis.

d.      Perubahan Makna
Perubahan makna dalam suatu bahasa sangat dimungkin muncul sesuai denga  perkembangan pemikiran masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. Perubahan makna kata terjadi karena adanya perkembangan dalam ilmu dan teknologi, perkembangan sosial dan budaya, adanya perbedaan bidang pemakaian, adanya asosiasi makna, pertukaran tanggapan indera, adanya penyingkatan, akibat terjadinya proses gramatikal, serta pengembangan istilah.
Jenis perubahan makna antara lain:
1)      Meluas
Perubahan makna meluas adalah gejala yang terjadi pada sebuah kata atau leksem yang pada mulanya hanya memiliki sebuah ’makna’, tetapi kemudian karena berbagai faktor menjadi memiliki makna-makna lain. Sebagai contoh kata saudara pada mulanya hanya bermakna ’seperut’ atau ’sekandung’, kemudian maknanya berkembang menajdi siapa saja yang sepertalian sehingga paman pun bisa disebut sebagai saudara.
2)      Menyempit
Perubahan makna menyimpit adalah gejala pada sebuah kata yang mulanya mempunyai cakupan makna yang cukup luas, kemudian berubah menjadi terbatas hanya pada sebuah makna saja. Misalnya kata sarjana yang pada mulanya berarti ’orang yang pandai’ atau  ’cendikiawan’, kemudian hanya berarti orang yang lulus perguruan tinggi.
3)      Peyorasi/pengasaran
Peyorasi yaitu usaha untuk mengganti kata yang maknanya halus atau bermakna biasa menjadi kasar maknanya. Usaha atau  pengasaran ini biasanya dilakukan orang dalam situasi tidak ramah atau untuk menunjukkan kejengkelan. Misalnya ungkatpan masuk kotak dipakai untuk mengganti kata kalah.
4)      Penghalusan/ameliorasi
Penghalusan atau ameliorasi yaitu kecenderungan untuk menghaluskan makna kata lebih halus atau lebih sopan dari kata yang digantikannya. Ameliorasi merupakan kebalikan dari peyorasi, apabila dalam peyorasi makna kata yang tadinya halus atau biasa berubah menjadi kasar dalam ameliorasi kata yang awalnya bermakna kasar menjadi halus. Contoh pramuniaga untuk penjaga toko, bui untuk menggantikan kata penjara.
5.     Kosakata
Kata merupakan unsur yang paling penting di dalam bahasa. Tanpa kata  mungkin tidak ada bahasa, sebab kata itulah yang merupakan perwujudan bahasa. Dengan kata lain, melalui kata seseorang dapat mengungkapkan seluruh  ekspresi dan isi hatinya. Begitu pula sebaliknya, untuk memahami dunia sekitarnya, seseorang harus memiliki kosakata yang luas. Semakin banyak  seseorang memiliki perbendaharaan kata atau kosakata, semakin mudah ia dalam mengungkapkan  isi hatinya, dan akan semakin mudah pula ia memahami dunia sekitarnya. Sebab itulah setiap  orang dituntut untuk selalu menambah perbendaharaan kata atau kosakata yang dimilkinya.
Setiap kata mengandung konsep  makna dan mempunyai peran di dalam pelaksanaan bahasa.  Konsep dan peran yang dimiliki tergantung dari jenis, fungsi/tujuan, atau makna kata-kata itu, serta penggunaannya di dalam kalimat.  Konsep-konsep tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.
a.       Kata Abstrak dan Konkrit
Kata abstrak yaitu kata-kata yang menunjukkan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau diraba. Kata-kata abstrak ini ada yang berbentuk kata dasar, contoh : ide, ilham, tabiat, rasa. Selain itu, kata-kata abstrak ada juga yang berbentuk kata berimbuhan, kata jenis ini terbentuk dari jenis kata yang lain.
Contoh :
kekuatan                   = ke-an + kuat
pemanadangan       = pe-an + pandang
kesombongan          = ke-an + sombong
pelajaran                   = pe-an + ajar
b.      Kata Benda
Kata benda yaitu kata-kata yang merupakan nama-nama setiap benda atau segala sesuatu yang dibendakan.
Ciri-ciri kata benda :
·             Pada kalimat yang berpredikat kata kerja, kata benda menduduki fungsi  sebagai subjek, objek, atau pelengkap.
Contoh : Ibu membelikan adik baju baru.
                 S         P           O       Pel

·             Tidak dapat didahului oleh kata ingkar “tidak”.
Tidak ibu yang membelkan baju.
·             Dapat diikuti kata sifat dengan menggunakan “yang
Kakak yang baik hati.
Ibu yang baik hati
Jenis-jenis kata benda
Kata benda ada yang berjenis kata benda konkrit dan abstrak. Selain itu, kata benda dibedakan atas kata benda bentuk dasar dan kata benda turunan. Kata benda bentuk dasar yaitu kata benda yang berbentuk kata dasar, belum mengalami pengimbuhan. Contoh ; lari, gambar, tahun
Kata benda turunan yaitu kata benda yang terbentuk dari jenis kata lain yang mengalami proses pengimbuhan.
Contoh :
keindahan = ke-an + indah (kata sifat)
perjalanan = per-an + jalan (kata kerja)
c.       Kata kerja
Kata kerja adalah jenis kata yang menyatakan perbuatan/pekerjaan, tindakan, gerak-gerik, atau cara menjalankan dan berbuat.
Bentuk kata kerja terdiri atas:
1)      Kata kerja dasar adalah kata kerja yang berbentuk kata dasar. Contoh : pergi, makan, dorong.
2)      Kata kerja berimbuhan adalah kata kerja yang terbentuk dari jenis kata lain melalui proses pengimbuhan.

Contoh : mencangkul = me+ cangkul (kata benda)
                      mengeras      = me+ keras ( kata sifat)
Jenis-jenis kata kerja terdiri atas :
1)      Kata kerja transitif yaitu kata kerja aktif yang dalam penggunaanya memerlukan objek.
Contoh : Andi mengendarai mobil dengan hati-hati.
                P=kt kerja       O
2)      Kata kerja intransitif yaitu kata kerja yang dalam penggunaannya tidak memerlukan objek.
Contoh : Ayah tidur di ruang tamu.
                                 P             ket. T
                        Adik bernyanyi gembira.
                                    P              Pel

d.      Majas atau Gaya Bahasa
Majas atau gaya bahasa adalah bahasa berkias yang disusun untuk meningkatkan efek dan asosiasi tertentu (Yayat Sudaryat,2008:92). Terdapat berbagai jenis majas, yaitu sebagai berikut.
1)      Majas Perbandingan
a)      Personifikasi yaitu majas yang membandingkan benda mati seolah-olah hidup memiliki sifat seperti manusia.
Contoh:   
Nyiur melambai di pantai.
Badai mengamuk dan merobohkan rumah-rumah  penduduk
b)      Metafora yaitu perbandingan singkat dua hal yang memiliki sifat yang sama.
Contoh: 
Perpustakaan adalah gudang ilmu.
        Mereka telah menjadi sampah masyarakat
c)       Perumpamaan yaitu perbandingan dua hal dengan menggunakan kata pembanding.
        Contoh:  
        Semangatnya keras bagai baja
Mereka begitu rukun seperti kerbau dengan burung bangau.
d)      Alegori yaitu majas yang membandingkan hal-hal yang bertautan dalam satu kesatuan yang utuh.
        Contoh:
Selamat menempuh bahtera keluarga, semoga selalu tabah dalam menghadapi badai dan gelombang dalam samudra kehidupan.
2)      Majas Pertentangan
a)      Hiperbola yaitu majas yang mengandung pernyataan melebih-lebihkan
        Contoh:
Suaranya menggelegar memecah kesunyian.
Saya terkejut setengah mati begitu melihat kedatangannya.
b)      Litotes yaitu majas yang digunakan untuk merendahkan diri.
Contoh:   
Terimalah pemberian yang tidak berharga ini    sebagai kenang-kenangan dariku.
c)       Ironi yaitu majas yang digunakan untuk menyindir.
Contoh:
Cepat sekali kau datang, pertemuan sudah dimulai sejam yang lalu.

3)      Majas Pertautan
a) Metonomia yaitu menyebutkan benda/orang dengan nama jenis, merek, pembuat/pengarang, atau julukan.
Contoh :  Kami ditugaskan membuat sinopsis  Laskar Pelangi.
b)      Alusio yaitu majas yang menyebut atau menunjuk pada tokoh, tempat, atau peristiwa yang sudah dikenal oleh umum.
Contoh:
Kami mengunjungi Kota Pahlawan
        Apakah setiap guru harus bernasib seperti Umar Bakri ?
Kami teringat pada Peristiwa Semanggi
c)       Sinekdok yaitu Majas yang menyebutkan nama bagian dari sesuatu sebagai pengganti keseluruhan atau sebaliknya.
Contoh :                     
Indonesia berhasil merebut medali emas dalam   kejuaraan tersebut.
d)      Inversi yaitu Majemuk yang menggunakan pengubahan susunan kalimat.
Contoh :
Terang sekali bulan MTslam ini.
Tertawalah mereka ketika mendengar guarauanku.
4)      Majemuk Perulangan
a)      Repetisi yaitu Majemuk yang mengulang kata sebagai penegasan.
Contoh :
SelaMTst datang pahlawanku, selaMTst datang pujaanku, selaMTst datang bunga bangsaku.
b)      Paralelisme yaitu Majemuk pengulangan yang terdapat dalam puisi.
Contoh :      
Sunyi itu duka
Sunyi itu kudus
Sunyi itu lupa
Sunyi itu lampus





BAB III
KEBAHASAAN  DALAM PEMBELAJARAN BERBAHASA

Dalam pembelajaran bahasa aspek kebahasaan disajikan terintegrasi dengan empat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. 

A.      Kebahasaan dalam Pembelajaran Mendengarkan
Pembelajaran kebahasaan dalam aspek mendengarkan di MTS sebagaimana telah disebutkan dalam kompetensi dasar yaitu: (a) Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat; (b)  Menuliskan kembali berita yang dibacakan      ke dalam beberapa kalimat; dan (c) Menganalisis laporan.
1.       Fonologi dalam Pembelajaran Mendengarkan
Aspek fonologis dalam mendengarkan merupakan kunci utama dalam pembelajaran ini sebab kesalahan pelafalan akan mengurangi kebermaknaan bahan dengaran. Sebagaimana telah disebutkan dalam fonologi bahwa bahasa Indonesia tidak membakukan pelafalan akan tetapi alangkah lebih baiknya bila pelafalan tersebut terhindar dari unsur fonologis kedaerahan maupun kesalahan. Beberapa pelafalan yang sering diucapkan salah misalnya:
Kata
Lafal salah
Lafal benar
/variasi/
/zaman/
/kursi/
/lubang/
/cabai/
/telur/
[pariasi]
[jaman]
[korsi/
[lobaŋ]
[cabe]
[təlor]
[variasi]
[zaman]
[kursi]
[lubaŋ]
[cabai]
[təlur]
Kenyataan adanya kesalahan pengucapan tersebut bila tidak segera diperbaiki dapat menimbulkan kesalahan yang fatal sebab pengucapan bentuk salah secara terus menerus akan memunculkan ’kesalahkaparahan’ dalam berbahasa. Oleh karena itu, pengucapan kata-kata hendaknya menjadi prioritas dalam pembelajaran menyimak. Metode dikte tampaknya dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dapat dipakai oleh guru dalam pembelajaran ini. Dikte dapat dilakukan dengan memakai alat tape recorder, compact disk, maupun secara langsung oleh guru. Rekaman suara yang dapat diperdengarkan antara lain, pidato, dongeng, cerita legenda, dongeng, pembacaan cerita, khutbah, dll.
Pembelajaran menyimak melalui penyampaian pesan secara berantai juga baik dilaksanakan. Setelah menerima pesan siswa diminta untuk mengucapkan kata yang dibisikkan, agar siswa jeli dan cermat tentu saja dipilihkan kata-kata yang saling berdekatan pelafalannya.
2.       Morfologi dalam Pembelajaran Mendengarkan
Aspek morfologis dalam pembelajaran mendengarkan dapat berupa pengenalan jenis kata. Kata merupakan komponen penting dalam bahan dengaran sebab dari kata-kata tersebutlah disusun kalimat-kalimat yang kemudian diperdengarkan di hadapan siswa-siswa. Untuk mengajarkan morfologi melalui mendengarkan guru dapat memutarkan dengaran kepada siswa kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasi beberapa jenis kata yang digunakan, misalnya guru menginginkan siswa menguasai kata tanya, guru dapat memutarkan dengaran yang berupa tanya jawab atau dialog. Selanjutnya siswa mengidentifikasi kata-kata tanya yang digunakan dalam dengaran tersebut.
3.       Sintaksis/Kalimat dalam Pembelajaran Mendengarkan
Aspek kebahasaan selanjutnya adalah kalimat. Kalimat merupakan satuan kata yang mengandung gagasan yang menjadi pokok dengaran. Dari kegiatan mendengarkan tersebut respon yang diharapkan dapat berupa aspek keterampilan yang bersifat produktif misalnya menulis atau berbicara. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan tersurat dalam kurikulum bahwa hasil yang diharapkan adalah siswa mampu menyimpulkan isi berita dari bahan dengaran ke dalam beberapa kalimat dan menuliskan kembali berita yang dari bahan dengaran dalam beberapa kalimat.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut siswa tentu saja harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang   kalimat dan unsur-unsur pembentuknya. Bagaimana membuat kalimat yang efektif dan mudah dipahami oleh orang lain. Untuk mengajarkan kalimat kepada siswa guru dapat menggunakan menggunakan metode-metode yang komunikatif dan melibatkan siswa secara langsung dalam membuat atau menganalisis kalimat.  
4.       Semantik dalam Pembelajaran Mendengarkan
Semantik berkaitan dengan jenis-jenis makna dan relasi makna. Dalam dengaran tidak dapat dihindarkan adanya perubahan-perubahan makna, baik yang berupa sinomim, antonim, homonim, homofon, homograf, dll. Untuk mengajarkan semantik dalam mendengarkan dapat dilakukan dengan memutarkan sebuah dengaran, baik yang berupa monolog maupun dialog, selanjutnya siswa diminta untuk mencari sinonim, antonim, homonim, homofon, homograf, atau aspek lain dalam semantik yang ingin disampaikan.
5.       Kosakata dalam Pembelajaran Mendengarkan
Kosakata berkaitan dengan ketersediaan perbendaharaan kata yang dimiliki oleh siswa, semakin kaya khasanah kosakata yang dimiliki siswa akan mempermudah siswa dalam memahami bahan dengaran. Penguasaan kosakata akan berpengaruh pada kevariasian kata yang digunakan siswa untuk merespon kegiatan mendengarkan. Contoh dalam kompetensi dasar yang ingin dicapai berupa menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat. Agar kompetensi dasar tersebut dapat dicapai perbendaharaan kata siswa harus cukup sehingga kalimat yang dihasilkan siswa bukan kopi dari dengaran yang telah diperdengarkan. 
B.      Kebahasaan dalam Pembelajaran Berbicara
Berbicara merupakan aspek keterampilan berbahasa yang bersifat produktif. Dilihat dari produktivitasnya secara lisan maka aspek fonologi menjadi bagian yang dominan dalam pembelajarannya. Dalam hal ini dapat diprasyaratkan siswa mampu berbicara dengan lafal, intonasi, tekanan, dan jeda yang jelas, dengan kata lain unsur-unsur segmental dan suprasegmental bahasa harus dikuasi oleh siswa.
Standar kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dalam aspek ini adalah: (a) Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif; (b) Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana; (c) Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat; (d) Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai; (e) Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun; (f) Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar; (g) Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun; (h) Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas; (i) Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas;
1.       Fonologi dalam Pembelajaran Berbicara
Pada tataran fonologi intonasi, suara, dan lafal sangat ditekankan. Dengan kata lain aspek suprasegmental menjadi penting ketika berbicara.
Fonem yang berwujud bunyi disebut dengan fonem segmental. Selain itu, fonem pun dapat pula tidak berwujud bunyi, tetapi  merupakan tambahan terhadap bunyi. Jika orang berbicara, maka akan terdengar bahwa suku kata tertentu pada suatu kata mendapat aksen yang relatif lebih nyaring daripada suku kata lain; bunyi tertentu terdengar lebih panjang, lebih nyaring dari suku kata lain; dan vokal pada suku kata tertentu terdengar lebih tinggi pada vokal suku kata yang lain. Unsur-unsur yang demikian lazim disebut dengan suprasegmental. Tekanan, jangka, dan nada dapat merupakan fonem jika membedakan arti dalam suatu bahasa. Nada, pada semua bahasa memberikan informasi sintaksis.
Kalimat Anda pergi besok dapat diucapkan sebagai kalimat berita atau sebagai kalimat tanya bergantung pada naik turunnya nada dan intonasi yang kita pakai. Untuk memberi tanda-tanda fonem suprasegmental tersebut dapat digunakan tanda-tanda sbb:
Tanda / ; (,) berhenti sebentar (jeda pendek)
Tanda // = (.) berhenti agak lama (jeda panjang)
Tanda = berlanjut pada baris berikutnya
-Tanda ^      tekanan naik
Tanda V     tekanan turun
2.    Morfologi dalam Pembelajaran Berbicara
Aspek morfologi dalam berbicara juga menjadi aspek yang dapat memperkaya siswa dalam memilih kata yang tepat yang mewakili gagasannya dalam berbicara secara efektif.
3.    Sintaksis/Kalimat dalam Pembelajaran Berbicara
Tataran lain yang lebih tinggi yang diharapkan hadir dalam keterampilan berbicara adalah penyusunan kalimat. Kecermatan dalam menyusun kalimat merupakan syarat bagi siswa ketika berbicara agar gagasan atau ide yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh pendengar dengan baik. Pengetahuan tentang seluk beluk kalimat, baik jenis kalimat maupun keefektifan dalam menyusun kalimat diperlukan.
Bentuk kalimat adalah segi sintaksis yang berhubungan dengan cara berpikir logis, yaitu prinsip kausalitas yang menanyakan apakah A menjelaskan B, ataukah B yang menjelaskan A. Logika kausalitas ini kalau diterjemahkan ke dalam kalimat menjadi susunan subjek (yang menerangkan) dan predikta (yang diterangkan). Bentuk kalimat ini bukan hanya menyangkut persoalan teknis kebenaran tata bahasa, tetapi juga menentukan makna yang dibentuk oleh susunan kalimat. Dalam kalimat yang berstruktur aktif, seseorang menjadi subjek dari pernyataannya, sedangkan dalam kalimat pasif seseorang menjadi objek dari pernyataannya. Contoh kasus seoarang guru yang sedang menasihati siswa dapat disusun ke dalam bentuk kalimat pasif juga aktif.  Kalimat guru menasehati siswa menempatkan guru sebagai subjek. Dengan menempatkan guru di awal kalimat, memberi klarifikasi atas kesalahan siswa. Sebaliknya kalimat siswa dinasehati guru, guru ditempatkan tersembunyi. makna yang muncul dari susunan kalimat ini berbeda karena posisi sentral dalam kedua kalimat ini adalah guru. Struktur kalimat bisa dibuat aktif atau pasif, tetapi umumnya pokok yang dipandang penting selalu ditempatkan di awal kalimat.   
4.    Semantik dalam Pembelajaran Berbicara
Sudah diketahui bersama bahwa bahasa memiliki fungsi sebagai alat komunikasi dan alat berpikir, dengan bahasa dimungkinkan manusia untuk dapat berhubungan dengan sesamanya, baik secara lisan maupun tertulis.
Komunikasi akan berlangsung secara efektif apabila para pelaku komunikasi yang bersangkutan menggunakan bahasa secara efektif pula. Bahasa yang digunakan secara efektif pula. Bahasa yang digunakan secara efektif diwujudkan dalam pemakaian bahasa yang baik dan benar berdasarkan kaidah yang berlaku, baik pada tatanan fonologi, morfologi, sintaksis, maupun semantik.
Dalam kehidupan berbahasa sehari-hari, sering kita temukan penyimpangan pengguanaan kalimat akibat terjadinya penyimpangan makna.  Dalam hal ini guru harus dapat memilih bahan ajar yang menarik minat bagi siswa dalam berbicara,yang dalam hal ini dapat juga menggunakan media sastra sebagai pembelajaran untuk memahami beragam makna bahasa.
5.    Kosakata dalam Pembelajaran Berbicara
Agar proses berbicara lancar diperlukkan perbendaharaan kata yang banyak, sebab kosakata memberikan arahan kepada khalayak bagaimana realitas seharusnya dipahami. Sebagai contoh ketika dalam berbicara menggunakan kata “intervensi” membatasi pikiran kita dan persepsi khalayak adanya campur tangan pihak lain. Kata-kata bukan hanya merupakan pembatasan, tetapi juga penilaian. Ketika membahasakan suatu realitas, pemakai bahasa mempergunakan pengalamannya budaya, sosial, dan tujuan mereka ke dalam bahasa. Oleh karena itu, kosakata terntentu bukan hanya tidak netral dan tidak menggambarkan realitas, tetapi juga mengandung penilaian.
Kosakata berpengaruh terhadap bagaimana siswa memahami dan memaknai suatu peristiwa. Oleh karena itu, ketika membaca suatu kosakata tertentu siswa akan menghubungkan dengan pengalaman yang pernah dimilikinya.
C.      Kebahasaan dalam Pembelajaran Membaca
Aspek kebahasaan yang distandarkan dalam keterampilan membaca antara lain: (a) Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai; (b) Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat; (c) Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat dan; (d) Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas.
Berbeda dengan dua keterampilan sebelumnya yang bersifat produktif keterampilan membaca termasuk ke dalam keterampilan yang bersifat reseptif. Dalam jenis keterampilan ini unsur fonologis kurang berperan kecuali pada proses membaca nyaring yang memergunakan alat artikulasi. Dalam hal ini, aspek fonologis menjadi penting sebab berkaitan dengan berbicara sebagai hasil dari proses membaca.
1.       Fonologi dalam Pembelajaran Membaca
Aspek fonologi dalam pembelajaran menulis diwujudkan dengan penggunaan tanda baca dan simbol-simbol fonologis sebab membaca adalah mengkaji, meneliti, dan memahami tulisan. Oleh karena itu, dalam membaca diperlukan kercermatan yang tinggi agar tidak salah dalam melihat simbol-simbol grafis yang terdapat di dalamnya sebab bila terjadi kesalahan dapat mengakibatkan salahnya pemahaman terhadap makna kata. Tanda-tanda grafis yang harus dipahami tidak hanya terdiri atas huruf-huruf saja, melainkan juga tanda-tanda baca yang digunakan dalam tulisan. Sama halnya dengan ketika memahami kata salah dalam menggunakan tanda baca juga memungkinkan untuk menyebabkan kesalahan pemaknaan. Misalnya, dalam penulisan gelar di belakang nama orang seperti Sujarwo, S.H. apablia penulisannya diselingi dengan tanda titik (.) seperti contoh tersebut S.H, dalam tulisan tersebut bukanlah nama gelar sarjana hukum, tetapi kependekan dari nama belakang orang yang bersangkutan.
Berdasarkan uraian di atas, tampak bahwa penggunaan tanda baca penting dalam tulisan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses membaca dan ketidaktaatan azas dalam penulisan.
Pembelajaran membaca bagi siswa dapat dimulai dengan pelatihan membaca nyaring yaitu dengan mendengarkan pembacaan antarsiswa. Dengan demikian, siswa dapat mengoreksi secara langsung kesalahan baca yang dilakukan temannya baik kesalahan intonasi, tekanan, jeda, maupun kesalahan pelafalan. Dalam sistem tulisan fonem-fonem segmental diwakili dengan tanda-tanda baca.
2.       Morfologi dalam Pembelajaran Membaca
Seperti yang telah dijelaskan dalam bab sebelumnya morfologi berkenaan dengan pembentukan kata, arti imbuhan, dan jenis kata. Dalam pembelajaran jenis kata pada tingkat MTS diperkenalkan dengan kata sapaan, kata ganti orang.
3.       Sintaksis/Kalimat dalam Pembelajaran Membaca
Sintaksis merupakan tataran gramatikal sesudah morfologi. Untuk Kalimat-kalimat yang dirangkai hingga membentuk wacana harus dapat dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, pengetahuan tentang kalimat perlu diberikan kepada siswa, melalui keterampilan berbahasa lainnya. 
4.       Semantik dalam Pembelajaran Membaca
Dalam kegiatan membaca siswa dapat diajak untuk melakukan membaca pemahaman. Dalam membaca pemahaman itu, siswa diajak memahami makna kata-kata sulit dengan menggunakan kamus sebagai media.  Selanjutnya, siswa diajak menyusun kembali kata-kata yang telah ditemukan menjadi kalimat.
5.       Kosakata dalam Pembelajaran Membaca
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dapat dimanfaatkan untuk menambah perbendaharaan kata siswa. Salah satu cara yang bisa dipakai oleh guru untuk pembelajaran ini adalah dengan teknik cloze test atau guru memberikan paragraf yang disajikan secara rumpang dan meminta siswa untuk mengisi dengan kata yang tepat. Cara ini juga dapat efektif untuk dijadikan sarana berlatih siswa dalam hal pemilihan kata. Faktor kebahasaaan yang utama dalam keterampilan berbahasa adalah kosa kata, dalam setiap kompetensi yang kebahasaan yang akan dicapai oleh siswa disyaratkan adanya penggunaan pilihan kata yang tepat. 
D.      Pembelajaran Kebahasaan dalam Menulis
Aspek kebahasaan dalam menulis yang disebutkan dalam standar komptensi yang harus dikuasai siswa antara lain: (a) Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara  pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar; (b) Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa; (c) Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar; (d) Mengubah  teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung; (e) Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun; (f) Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar; (g) Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku; (h) Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif; (i) Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama; (j) Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer; (k) Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas; (l) Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif; (m) Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai; (n) Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas; (o) Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana; dan (p) Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif.    
1.       Fonologi dalam Pembelajaran Menulis
Dalam pembelajaran menulis seluruh unsur kebahasaan terlibat fonologi, yang diwakili dengan unsur suprasegmental yang dihadirkan dalam bentuk tanda baca dan ejaan. Tanda-tanda baca dan ejaan yang digunakan dalam menulis adalah tanda bacaan dan ejaan baku, yang harus digunakan dalam setiap bentuk tulisan baik formal maupun nonformal. Tanda-tanda baca yang harus dikuasi siswa MTS antara lain: (a) Penggunaan huruf yang meliputi, penggunaan huruf kapital, cetak miring, dan lambang bilangan; (b) Tanda baca yang meliputi, (a) tanda titik (.), tanda koma(,), tanda titik koma(;), tanda titik dua(:), tanda petik (“....”), tanda kurung ((...)), tanda tanya (?), dan tanda seru (!). 
2.       Morfologi dalam Pembelajaran Menulis
Morfologi yang dihadirkan melalui pembentukan kata dalam pembelajaran menulis dapat direalisasikan melalui proses afiksasi, baik dengan penambahan awalan (prefiks), akhiran (sufiks), sisipan (infiks) maupun imbuhan gabung (konfiks). Proses pembentukan kata ini dapat dilihat dalam hasil kerja siswa yang berupa tulisan. Selain proses pembentukan kata, dalam morfologi dapat dikenalkan pula pada jenis-jenis kata. 
3.       Sintaksis dalam Pembelajaran Menulis
Sintaksis atau tata kalimat yang mewajibkan siswa untuk dapat menyusun kalimat secara efektif dan mudah dipahami. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa seringkali mengalami kesulitan dalam membuat kalimat sehingga menimbulkan kesalahan-kesalahan yang menyebabkan gagasan yang ingin disampaikan tidak dapat dipahami oleh pembaca. Sebagai contoh seorang guru meminta murid membuat kalimat dengan kata hasil. Siswa membuatnya menjadi Hasil daripada pembangunan harus kita nikmati, secara langsung guru pasti akan melihat pada kesalahan penggunaan kata daripada.
Sintaksis dalam pembelajaran menulis dapat dikemas dalam berbagai teknik pembelajaran yang menarik, misalnya dengan menulis berantai, yaitu guru memberikan satu kalimat pembuka dan siswa diminta untuk melanjutkan kalimat tersebut, selain itu untuk menulis cerita guru dapat meminta siswa membuat paragraf pembuka atau penutup. Dengan demikian siswa akan tertarik untuk menulis.  
4.       Pembelajaran Semantik dalam Menulis
Semantik yang mensyaratkan siswa untuk mengetahui makna kata, baik yang bermakna denotasi untuk penulisan yang bersifat resmi dan formal maupun kata yang bermakna konotasi untuk penulisan kreatif, seperti dalam penulisan karya sastra.
5.       Kosakata dalam Pembelajaran Menulis
Pembelajaran kebahasaan dalam menulis dapat dilakukan dengan dengan teknik yang bervariasi, disesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa. Untuk menumbuhkan minat menulis siswa sebaiknya dipilih metode-metode yang menyenangkan bagi siswa, misalnya untuk mencapai kompetensi dasar menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar dapat dirancangkan pembelajaran menulis dengan menghadirkan teknik menulis berantai.  Dalam teknik seperti ini siswa tidak dituntut untuk menyatukan gagasan, tetapi ditutut untuk dapat membuat kalimat secara efektif, baik dan benar sesuai dengan kaidah dalam ketatabahasaan dalam bahasa Indonesia. Dalam menggunakan teknik-teknik pembelajaran menulis disesuaikan dengan tingkat kesulitan terhadap kompetensi dasar yang akan dicapai.   




BAB IV
RANGKUMAN

Pembelajaran kebahasaan dalam KTSP dintegrasikan ke dalam pembelajaran emapat keterampilan berbahasa yang terdiri atas mendengarkan, berbicara membaca dan menulis. Namun, pengetahuan kebahasaan tidak dapat dilepaskan sebab bagaimana pun bahasa selalu mempunyai kaidah dan aturan ketatabahasaan yang mengatur agar bahasa tersebut sistematis.
Sama halnya dengan bahasa-bahasa lainnya, bahasa Indonesia memiliki hirarki ketatabahasaan yang terdiri atas: fonologi, morfologi, sintasksis, dan semantik. Selain hirarki tersebut ditambahkan juga aspek kosakata. Fonologi berkaitan dengan tata bunyi, untuk mengejawantahan fonologi dalam keterampilan membaca dan menulis dilambangkan dengan fonem-fonem suprasegmental dan tanda-tanda baca serta ejaan. Morfologi merupakan sercara lingusitis merupakan ilmu yang berkaitan dengan kata dan pembentukan kata, sintaksis berkaitan dengan pembentukan kalimat, sedangkan semantik berkaitan dengan pemaknaan baik makna kata maupun makna pembentuk kata yang biasa disebut dengan gramatikal, jenis-jenis makna, serta perubahan makna. 
Dalam pelaksanaan pembelajarannya aspek-aspek kebahasaan diberikan secara inklusif dalam keempat keterampilan berbahasa. Dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis harus melibatkan kebahasaan. Dalam aspek berbicara misalnya, ditekankan pada aspek-aspek fonologi yang berkaitan dengan tekanan, intonasi, jeda, dan pelafalan. Demikian juga aspek kebahasaan yang seperti pembentukan kata, kalimat dan semantik ke dalam keempat aspek keterampilan berbahasa.         


BAB V
PENILAIAN

A. Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling benar dengan cara   memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D!

1.            Penyukuan dan pemengalan kata berada dalam hal….
A.  satuan kata secara gramatikal
B.  satuan kata dari seg medium
C. satuan kata secara fonologis
D. satuan kata secara grafemis

2.            Pemisahan imbuhan yang tidak benar terdapat pada kata ….
A.  me-nga-lih-kan
B.  me-mi-sah-kan
C. mem-ba-ca-kan
D. me-ne-rus-kan

3.            Vokal bulat merupakan vokal yang dihasilkan dengan cara ….
A.  lidah dalam posisi serendah mungkin
B.  menggerakkan lidah bagaian tengah
C. mengangkat lidah dalam ketinggian sepertiganya
D. bentuk bibir dibulatkan

4.            Berikut ini adalah media yang biasa dipakai dalam pembelajaran fonologi melalui menyimak, kecuali ….
     A. dongeng
     B. rekaman cerita legenda
     C. berpidato
     D. tayangan TV


5.            Penulisan singkatan gelar di bawah ini yang tepat adalah ….
A.   Camat Drs. H. Syahrudin, MSi akan dipromosikan menjadi Walikota.
B.   Abdul Hamid, SH lulus dari perguruan tinggi di Jakarta.
C.   DR. Amrullah Hamid, MTS melihat kecelakaan itu dengan jelas.
D.   Ir. Faiz RaMTsdhan, M.Ed. akan melanjutkan kuliah di Malaysia.

6.            Fonem /h/ yang diucapkan secara jelas terdapat pada kata ....
A. penjahit                 B. dahan        C. tahun                    D. tahu

7.            Pembelajaran fonologi melalui kegiatan berbicara biasa dalam bentuk, kecuali….
A.   pembacaan puisi
B.   permainan drama
C.   membuat pengumuman
D.   wawancara

8.            Penyampaian pesan secara berantai dapat dipakai sebagai strategi pembelajaran fonologi dalam ....
A.   membaca dan menulis
B.   membaca dan berbicara
C.   menyimak dan berbicara
D.   menyimak dan membaca

9.            Di bawah ini hal-hal yang berkenaan  dengan  fonologi, kecuali ....
A.   pengingatan
B.   penulisan
C.   pelafalan
D.   penandaan

10.         Kecermatan penulisan huruf besar,  kata dan nama gelar bisa ditemui dalam kegiatan ....
A.   menyimak dan berbicara
B.   menyimak dan membaca
C.   membaca dan menulis
D.   menulis dan menyia

Jawaban
1. B
2. A
3. D
4. C
5. D
6. B
7. B
8. C
9. A
10. C

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas.
1.    Sebutkan fungsi dan makna awalan di-
2.    Berilah tanda baca dan betulkan ejaan dalam paragraf berikut.
pompa hidran hydraulicran ialah sejenis pompa yang dapat bekerja secara kontinu tanpa menggunakan bahan bakar atau energi tambahan dari luar pompa ini bekerja dengan memanfaatkan tenaga aliran air yang berasal dari sumber air dan mengalirkan sebagian air tersebut ke tempat yang lebih tinggi bagian utama sistem pompa ini ialah pipa pemasukan katub limbah katub pengantar katub udara ruang udara dan pipa pengeluaran pada dasarnya air dapat dipompakan karena adanya perubahan energi kinetis air jatuh yang menimbulkan tenaga yang cukup tinggi dalam ruang udara sehingga sanggup mengangkat dan mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi permukaannya desain katub limbah dan katub pemasukan dibuat sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi bergantian
3.    Betulkan kalimat berikut dari segi kehematan.
  1. Router berfungsi agar supaya data sampai di tempat tujuan  sesuai dengan yang dikehendaki.
  2. Pada waktu yang bersamaan pengapikasian teknologi phone banking juga dilakukan. Phone banking melayani informasi mengenai produk yang ada di Bank Putra dan layanan transfer dana untuk segala jenis kartu kredit.
  3. Software network ini sangat penting dan mutlak karena tanpa software maka jaringan tersebut tidak akan berfungsi sehingga workstation dan server tidak dapat bekerja sebagaimana yang dikendaki.
4.    Berilah kata hubungan (antarkalimat dan intrakalimat) yang tepat pada paragraf berikut!
a.    Modem adalah interface yang sedikit berbeda dengan card adapter lainnya. (...),  modem tidak hanya mengubah signal analog biasa (...) juga mengubah dan mengolah signal telepon. Modem dapat mengubah signal telepon yang masuk (...) mengolahnya.
b.    Berbeda dengan media lainnya, media ini menggunakan teknologi cahaya. (...) media ini tidak mengganggu dan terganggu oleh keadaan sekelilingnya.
c.    Setelah manajemen melakukan investasi untuk Wide Area Network (WAN)  ATM diinstal di enam lokasi di antaranya Jakarta, Bandung, dan Surabaya. (...) bergabung dengan provider ATM bersama sistem jaringan berkembang (...) menjadi lebih luas. (...), aplikasi penarikan tunai melalui ATM menjadi lebih mudah.
5. Jelaskan relasi makna dan buatlah contoh tiap-tiap relasi maknanya.
Jawaban:
1.    Awalan di- berfungsi sebagai pembentuk kata kerja pasif.  Makna awalan di- sebagai berikut:
a.    ‘dikenai laku’ atau’ dikenai tindakan’, seperti dihukum (dikenai tindakan hukum), dll.
b.    ‘dikenai dengan’, seperti diparang (dipotong), dll.
c.    ‘dibuat’ atau ‘dijadikan’, seperti digulai (dibuat/dijadikan gulai), dll.
d.    ‘diberi’ atau ‘dilengkapi dengan’, seperti  dipagari (diberi pagar), dll.
2.    Pompa hidran hydraulicran ialah sejenis pompa yang dapat bekerja secara kontinu tanpa menggunakan bahan bakar atau energi tambahan dari luar. Pompa ini bekerja dengan memanfaatkan tenaga aliran air yang berasal dari sumber air dan mengalirkan sebagian air tersebut ke tempat yang lebih tinggi. Bagian utama sistem pompa ini ialah pipa pemasukan, katub limbah, katub pengantar, katub udara, ruang udara, dan pipa pengeluaran. Pada dasarnya air dapat dipompakan karena adanya perubahan energi kinetis, air jatuh yang menimbulkan tenaga yang cukup tinggi dalam ruang udara sehingga sanggup mengangkat dan mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi permukaannya. Desain katub limbah dan katub pemasukan dibuat sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi bergantian.
3.    Kalimat yang betul.
a. Router berfungsi agar data sampai di tempat tujuan  sesuai dengan yang dikehendaki.
b.    Pada waktu yang bersamaan pengapikasian teknologi phone banking juga dilakukan. Phone banking melayani informasi produk yang ada di Bank Putra dan layanan transfer dana untuk segala jenis kartu kredit.
c.    Software network ini penting dan mutlak karena tanpa software jaringan tersebut tidak akan berfungsi sehingga workstation dan server tidak dapat bekerja sebagaimana yang dikendaki.
4.    Kata hubung yang tepat
a.    Modem adalah interface yang sedikit berbeda dengan card adapter lainnya (Namun demikian),  modem tidak hanya mengubah signal analog biasa (tetapi) juga mengubah dan mengolah signal telepon. Modem dapat mengubah signal telepon yang masuk (kemudian) mengolahnya.
b.    Berbeda dengan media lainnya, media ini menggunakan teknologi cahaya. (Namun demikian,) media ini tidak mengganggu dan terganggu oleh keadaan sekelilingnya.
c.    Setelah manajemen melakukan investasi untuk Wide Area Network (WAN)  ATM diinstal di enam lokasi di antaranya Jakarta, Bandung, dan Surabaya. (Sejak) bergabung dengan provider ATM bersama sistem jaringan berkembang (dan) menjadi lebih luas. (Selain itu), aplikasi penarikan tunai melalui ATM menjadi lebih mudah.
5.    Relasi Makna
a.    Sinonimi
Sinonimi adalah relasi makna antarkata (frasa atau kalimat) yang maknanya sama atau mirirp. Didalam suatu bahasa sangat jarang ditemukan dua kata yang bersininim secar mutlak.
Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya kata-kata yang bersinonim, seperti kata-kata yang berasal dari daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing. Sebagai contoh kukul (bahasa Jawa) bersinonim dengan jerawat (bahasa Indonesia)
b.    Antonimi
Antonim atau oposisi adalah relasi antarkata yang bertentangan atau berkebalikan maknanya.
Istilah antonimi digunakan untuk oposisi makna dalam pasangan leksikal bertaraf seperti panas dengan dingin, antonimi ini disebut bertaraf karena antara  panas dengan dingin masih ada kata-kata seperti hangat dan suam-suam kuku. Perkataan seperti Saya tidak ingin mandi dengan air dingin tidak berarti Saya ingin mandi dengan air panas.
Oposisi makna pasangan leksikal tidak bertaraf yang maknanya bertentangan disebut oposisi komplementer, seperti jantan dengan betina.
Relasi antarkata ada juga yang maknanya berkebalikan, yang disebut kosok bali, seperti kata suami dengan kata isteri.
c.    Homonimi
Himonimi adalah relasi makna antarkata yang ditulis atau dilafalkan sama tetapi maknanya berbeda . kata-kata yang ditulis sama tetapi maknanya berbeda disebut homograf, sedangkan yang dilafalkan sama tetapi makna berbeda disebut homofon. Contoh homograf adalah kata tahu yang berarti makanan yang berhomofraf dengan kata tahu yang berarti paham dan buku yang berarti kitab berhomograf dengan buku yang berarti tempat pertemuan atau dua ruas, sedangkan kata masa yang berarti waktu berhomofon dengan massa yang berarti jumlah besar yang menjadi satu kesatuan.
Di dalam kamus kata-kata yang termasuk homofon muncul sebagai lema (entri) yang terpisah. Misalnya kata tahu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia muncul sebagai dua lema.
1ta.hu v mengerti sesudah melihat (menyaksikan, mengalami, dsb);
2ta.hu n makanan dari kedelai putih yang digiling halus-halus, direbus dan dicetak
d.    Polisemi
Polisemi berkaitan dengan kata atau frasa yang memiliki beberapa makna yang berhubungan. Hubungan antarmakna ini disebut polisemi. Di dalam penyusunan kamus, seperti yang disebut di atas, kata-kata yang berhomonimi muncul sebagai lema (entri yang terpisah), sedangkan kata yang berpolisemi muncul sebagai satu lema namun dengan beberapa penjelasan. Misalnya, kata sumber dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia muncul sebagai satu lema, namun dengan beberapa penjelsan seperti berikut.
sum.ber n 1tempat keluar (air atau zat cair); sumur;
                             2asal (dl berbagai arti)
Dilihat dari relasi gramatikalnya, ada dua jenis relasi makna, relasi sintagmatik dan paradigmatik. Relasi makna sintagmatis adalah relasi antarmakna kata dalam satu frasa ataui kalimat (hubungan horizontal). Sebagai contoh hubungan makna antara saya membaca dan buku dalam kalimat saya membaca buku. Di sisi lain, relasi paradigmatis adalah relasi antarmakna kata yang menduduki gatra sintaktis yang sama dan dapat saling menggantikan dalam satu konteks tertentu (hubungan vertikal). Hubungan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.
Saya membeli bunga .........untuk hadiah ualng tahun ibu saya.
                                                  mawar
                                                  anggrek
                                                  aster
                                                   tulip
relasi makna antara kata mawar, anggrek, aster, dan tulip merupakan relasi paradigmatis.

DAFTAR PUSTAKA
Chaer, Abdul. 1995. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka cipta.
--------.1998. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djago Tarigan dan Lilis Siti Sulistyaningsih. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Eriyanto. 1995. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta; LKIS
Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder (penyunting). 2005. Pesona Bahasa, Lanhkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Muslich, Masnur. 2007. Tata Bentuk Bahasa Indonesia, Kajian ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana: Prinsip-prinsip Semantik dan Pragmatik. Bandung: Yrama Widya. 
Tim Gamma Science. 2007. Kampus Pintar Komplit Bahasa Indonesia untuk MTS. Bandung: Epsilon Grup
Wahyudin, Diding. 2001. Modul Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.
Zaenal Arifin dan Junaiyah H.M. 2007. Morfologi, Bentuk, Makna, dan Fungsi. Jakarta: Grasindo
--------, 2008. Sintaksis. Jakarta: Grasindo.




GLOSARIUM

alomorf            :     anggota satu morfem yang wujudnya berbeda, tetapi mempunyai fungsi dan makna yang sama
fonologi          :     bagian dari tata bahasa atau ilmu bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi ujaran suatu bahasa.
frasa                 :     satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonpredikatif
morfologi        :     ilmu bahasa tentang seluk-beluk bentuk kata.
paradimatik    :     relasi antarmakna secara vertikal antarkata yang menduduki gatra sintaktis yang sama dan saling menggantikan dalam konteks tertentu.
semantik         :     bidang studi dalam lingusitik yang mempelajari makna atau tentang arti.
sintagmatik    :     relasi antarmakna kata dalam satu frasa secara horizontal.
sintaksis         :     cabang linguistik yang membicarakan hubungan antarkata dalam tuturan bn (speech).