Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate

Materi Kelas 8 Bhs Indonesia KD 4.3



A. Materi
KD: 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif.

Petunjuk diartikan sebagai ketentuan yang memberi arah atau bimbingan untuk menggunakan atau melakukan sesuatu. Petunjuk yang baik mengungkapkan alur kegiatan yang tersusun rapi, sistematis, urutannya tepat, serta menggunakan bahasa yang lugas, mudah dipahami, dan efektif.
Ketika menulis petunjuk, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.
1) Tentukan petunjuk yang dibuat untuk melakukan apa?
2) Tentukan sasarannya siap (anak-anak, remaja, atau dewasa).
3) Tuliskan urutan tahapan yang harus dilakukan secara jelas dan logis.
4) Gunakan bahasa yang jelas, efektif, dan mudah dipahami.
Apakah kalian pernah membuat suatu mainan, kerajinan, atau melakukan kegiatan yang agak rumit? Pernahkah kalian mencoba menuliskan proses tersebut? Untuk menuliskannya, kalian harus memberikan petunjuk pelaksanaan dengan urutan yang tepat dari awal hingga akhir proses. Di samping itu, kalian sebaiknya menggunakan kalimat yang efektif dan lugas sehingga mudah dimengerti orang lain.


Petunjuk I
Ayo, Ikutan Audisi!
Kamu tertarik untuk mengikuti audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional? Siapa saja bisa mengikuti audisi ini, tapi harus menjadi wakil sekolah dulu. Jenjang untuk menjadi Duta Pariwisata dan Kebudayan Nasional memang panjang. Buat kamu yang punya semangat berkompetisi, ini tahapan-tahapan yang harus kamu lalui.
1. Seleksi tingkat sekolah
Sekolah diberikan kesempatan melakukan proses seleksi mengenai wawasan kepariwisataan dan wawasan kebudayaan. Dari hasil seleksi, sekolah mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi ke tingkat kabupaten/ kota. Dalam proses seleksi tahapini, pihak-pihak yang terlibat antara lain kepala sekolah, guru Sosiologi, guru Pendidikan Kewarganegaraan, guru Bahasa Indonesia, BP3, dan masyarakat (sponsor).
2. Seleksi tingkat kabupaten/kota
Pada tahap ini, lima siswa terbaik dari seleksi tiap sekolah dikirim untuk diseleksi lagi melalui tes. Adapun pihakpihak yang terlibat dalam tahap ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) setempat, perguruan tinggi yang berkaitan dengan kepariwisataan dan kebudayaan, Dinas Kabupaten/Kota, Dikmenum, dan masyarkat (sponsor).
3. Seleksi tingkat provinsi
Siswa yang diseleksi pada tahap ini hanya berjumlah dua orang dari setiap kabupaten/kota. Pihak yang terlibat dalam proses seleksi ini adalah semua yang terlibat di seleksi tingkat kabupaten/kota, kecuali Dinas Kabupaten/Kota dan MGMP. Pada tahap ini, turut bergabung juga Dinas Provinsi.
4. Seleksi nasional
Pada tahap ini, keterlibatan para peserta sangat diperlukan. Tugasnya untuk lebih detail menyeleksi para peserta. Pembina dalam tahap ini hanya dibantu oleh pihak perguruan tinggi dan Dikmenum. Dalam tahap ini, diambil satu orang peserta audisi yang terbaik.
Karya: Rama
Wacana di atas merupakan petunjuk yang menjelaskan langkah-langkah atau tahapan untuk dapat menjadi peserta Audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional. Dalam petunjuk tersebut dijelaskan secara detail berkaitan dengan prosedur atau tahapan yang harus ditempuh untuk dapat menjadi peserta Audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional.


Petunjuk II
Aturan Pemakaian
Dewasa: 3x sehari 1 tablet.
Anak-Anak: 3x sehari ½ tablet.
Atau menurut petunjuk dokter.
Peringatan dan Perhatian
• Tidak dianjurkan untuk anak di bawah umur 2 tahun.
• Obat ini sebaiknya diberikan sesudah makan.
• Hati-hati pemberian pada penderita hipoksemia.
• Jangan melampaui batas dosis yang dianjurkan.
• Apabila gejala-gejala asma masih tetap atau bertambah buruk, segera hubungi dokter.
• Hati-hati pemberian pada wanita hamil.

Efek samping
• Sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, jantung berdebar, dan sukar tidur.
• Kelebihan dosis pada anak-anak dapat mengakibatkan hematemesis, simulasi susunan saraf pusat, diuresis, dan demam.


Kontraindikasi
• Penderita hipertensitif terhadap teofilina dan efedrina.
• Penderita hipertensi, penyakit jantung,kencing manis, tukak lambung, dan hipertiroid.
• Jangan diberikan 12 jam setelah pemberian rectal preparat lain yang mengandung teofilina atau
aminofilina.
(Sumber: Kemasan obat neo napacin)


Berdasarkan petunjuk II, dapat disimpulkan beberapa penjelasan sebagai berikut.
1. Penggunaan obat harus memerhatikan petunjuk penggunaan.
2. Terdapat peringatan dalam pemakaian obat sebagaimana telah dituliskan.
3. Pengguna obat tersebut dapat merasakan salah satu efek samping seperti yang tertulis.
4. Beberapa orang yang mengalami gangguan penyakit seperti yang tertulis pada kontraindikasi, sebaiknya tidak mengonsumsi obat tersebut.


Menulis petunjuk melakukan sesuatu harus secara jelas. Hal ini bertujuan agar pembaca petunjuk tidak mengalami kesalahan saat melakukan sesuatu yang diinginkan sesuai dengan petunjuk.Dalam menulis petunjuk, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.
1. Tuliskan petunjuk melakukan sesuatu secara urut sesuai urutan yang harus dilakukan, apabila perlu dengan penomoran.
2. Tuliskan petunjuk secara rinci dan detail.
3. Cantumkan keterangan secara lengkap dan jelas berkaitan dengan hal yang akan dilakukan.
4. Cantumkan hal-hal yang harus dihindari apabila hal yang akan dilakukan berkaitan dengan sesuatu yang dapat menimbulkan dampak negatif, misal dalam pembuatan barang yang menggunakan zat kimia dan sebagainya.
5. Gunakan bahasa yang singkat, jelas, dan komunikatif.
6. Jika perlu sertakan ilustrasi pendukung seperti gambar dan sebagainya.

Contoh lain petunjuk adalah sebagai berikut.

Membuat minuman ”Orange Squash”
Bahan-bahan:
• 15 ml
• 120 ml orange juice
• Soda
Cara membuat:
Tuangkan contoh sirup ke dalam gelas. Lalu tambahkan orange juice dan soda. Minuman siap dihidangkan.


Daftar Pustaka:

1. BSNP(Badan Standar Nasional Pendidikan). 2006. Standar Isi 2006. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.
2. Departemen Pendidikan Nasional. 2002b. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi: Menulis. Jakarta: Depdiknas.
3. Tarigan. H.G. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
4. Tarigan. H.G.& Tarigan. D. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

B. Latihan
1. Susunlah secara benar sebuah petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan daftar kalimat yang disusun secara acak berikut ini.
a.Tuangkan bumbu, minyak bumbu, dan bubuk cabe ke dalam mangkok, sementara mi dimasak.
b. Mi siap disajikan.
c. Aduk secara perlahan selama tiga menit sampai mi terlihata matang.
d. Tuangkan mi beserta kuahnya ke dalam mangkuk yang sudah berisi bumbu.
e. Rebus mi dalam air mendidih 400 cc (2 gelas).
2. Sebutkan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam petunjuk!
3. Buatlah sebuah petunjuk membuat barang dengan menggunakan barang bekas!
4. Suntinglah pekerjaan temanmu dengan saling menukarkan hasil pekerjaan, kemudian perbaikilah pekerjaan Anda yang telah disunting itu!