A.
Materi
KD:
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan
bahasa yang efektif.
Petunjuk
diartikan sebagai ketentuan yang memberi arah atau bimbingan untuk menggunakan
atau melakukan sesuatu. Petunjuk yang baik mengungkapkan alur kegiatan yang
tersusun rapi, sistematis, urutannya tepat, serta menggunakan bahasa yang
lugas, mudah dipahami, dan efektif.
Ketika
menulis petunjuk, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.
1)
Tentukan petunjuk yang dibuat untuk melakukan apa?
2)
Tentukan sasarannya siap (anak-anak, remaja, atau dewasa).
3)
Tuliskan urutan tahapan yang harus dilakukan secara jelas dan logis.
4)
Gunakan bahasa yang jelas, efektif, dan mudah dipahami.
Apakah
kalian pernah membuat suatu mainan, kerajinan, atau melakukan kegiatan yang
agak rumit? Pernahkah kalian mencoba menuliskan proses tersebut? Untuk
menuliskannya, kalian harus memberikan petunjuk pelaksanaan dengan urutan yang
tepat dari awal hingga akhir proses. Di samping itu, kalian sebaiknya menggunakan
kalimat yang efektif dan lugas sehingga mudah dimengerti orang lain.
Petunjuk I
Ayo,
Ikutan Audisi!
Kamu
tertarik untuk mengikuti audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional? Siapa
saja bisa mengikuti audisi ini, tapi harus menjadi wakil sekolah dulu. Jenjang
untuk menjadi Duta Pariwisata dan Kebudayan Nasional memang panjang. Buat kamu
yang punya semangat berkompetisi, ini tahapan-tahapan yang harus kamu lalui.
1.
Seleksi tingkat sekolah
Sekolah
diberikan kesempatan melakukan proses seleksi mengenai wawasan kepariwisataan
dan wawasan kebudayaan. Dari hasil seleksi, sekolah mengirimkan siswa
terbaiknya untuk mengikuti seleksi ke tingkat kabupaten/ kota. Dalam proses
seleksi tahapini, pihak-pihak yang terlibat antara lain kepala sekolah, guru
Sosiologi, guru Pendidikan Kewarganegaraan, guru Bahasa Indonesia, BP3, dan
masyarakat (sponsor).
2.
Seleksi tingkat kabupaten/kota
Pada
tahap ini, lima siswa terbaik dari seleksi tiap sekolah dikirim untuk diseleksi
lagi melalui tes. Adapun pihakpihak yang terlibat dalam tahap ini adalah
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) setempat, perguruan tinggi yang berkaitan
dengan kepariwisataan dan kebudayaan, Dinas Kabupaten/Kota, Dikmenum, dan
masyarkat (sponsor).
3.
Seleksi tingkat provinsi
Siswa
yang diseleksi pada tahap ini hanya berjumlah dua orang dari setiap
kabupaten/kota. Pihak yang terlibat dalam proses seleksi ini adalah semua yang
terlibat di seleksi tingkat kabupaten/kota, kecuali Dinas Kabupaten/Kota dan
MGMP. Pada tahap ini, turut bergabung juga Dinas Provinsi.
4.
Seleksi nasional
Pada
tahap ini, keterlibatan para peserta sangat diperlukan. Tugasnya untuk lebih
detail menyeleksi para peserta. Pembina dalam tahap ini hanya dibantu oleh
pihak perguruan tinggi dan Dikmenum. Dalam tahap ini, diambil satu orang
peserta audisi yang terbaik.
Karya:
Rama
Wacana
di atas merupakan petunjuk yang menjelaskan langkah-langkah atau tahapan untuk
dapat menjadi peserta Audisi Duta Pariwisata dan Kebudayaan Nasional. Dalam
petunjuk tersebut dijelaskan secara detail berkaitan dengan prosedur atau
tahapan yang harus ditempuh untuk dapat menjadi peserta Audisi Duta Pariwisata
dan Kebudayaan Nasional.
Petunjuk II
Aturan
Pemakaian
Dewasa:
3x sehari 1 tablet.
Anak-Anak:
3x sehari ½ tablet.
Atau
menurut petunjuk dokter.
Peringatan
dan Perhatian
•
Tidak dianjurkan untuk anak di bawah umur 2 tahun.
•
Obat ini sebaiknya diberikan sesudah makan.
•
Hati-hati pemberian pada penderita hipoksemia.
•
Jangan melampaui batas dosis yang dianjurkan.
•
Apabila gejala-gejala asma masih tetap atau bertambah buruk, segera hubungi
dokter.
•
Hati-hati pemberian pada wanita hamil.
Efek
samping
•
Sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, jantung berdebar, dan sukar tidur.
•
Kelebihan dosis pada anak-anak dapat mengakibatkan hematemesis, simulasi susunan
saraf pusat, diuresis, dan demam.
Kontraindikasi
•
Penderita hipertensitif terhadap teofilina dan efedrina.
•
Penderita hipertensi, penyakit jantung,kencing manis, tukak lambung, dan
hipertiroid.
•
Jangan diberikan 12 jam setelah pemberian rectal preparat lain yang mengandung
teofilina atau
aminofilina.
(Sumber:
Kemasan obat neo napacin)
Berdasarkan petunjuk II, dapat disimpulkan beberapa penjelasan sebagai berikut.
1.
Penggunaan obat harus memerhatikan petunjuk penggunaan.
2.
Terdapat peringatan dalam pemakaian obat sebagaimana telah dituliskan.
3.
Pengguna obat tersebut dapat merasakan salah satu efek samping seperti yang
tertulis.
4.
Beberapa orang yang mengalami gangguan penyakit seperti yang tertulis pada
kontraindikasi, sebaiknya tidak mengonsumsi obat tersebut.
Menulis petunjuk melakukan sesuatu harus secara jelas. Hal ini bertujuan agar pembaca petunjuk tidak mengalami kesalahan saat melakukan sesuatu yang diinginkan sesuai dengan petunjuk.Dalam menulis petunjuk, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.
1.
Tuliskan petunjuk melakukan sesuatu secara urut sesuai urutan yang harus
dilakukan, apabila perlu dengan penomoran.
2.
Tuliskan petunjuk secara rinci dan detail.
3.
Cantumkan keterangan secara lengkap dan jelas berkaitan dengan hal yang akan
dilakukan.
4.
Cantumkan hal-hal yang harus dihindari apabila hal yang akan dilakukan
berkaitan dengan sesuatu yang dapat menimbulkan dampak negatif, misal dalam
pembuatan barang yang menggunakan zat kimia dan sebagainya.
5.
Gunakan bahasa yang singkat, jelas, dan komunikatif.
6.
Jika perlu sertakan ilustrasi pendukung seperti gambar dan sebagainya.
Contoh
lain petunjuk adalah sebagai berikut.
Membuat
minuman ”Orange Squash”
Bahan-bahan:
• 15
ml
•
120 ml orange juice
•
Soda
Cara
membuat:
Tuangkan
contoh sirup ke dalam gelas. Lalu tambahkan orange juice dan soda. Minuman siap
dihidangkan.
Daftar Pustaka:
1.
BSNP(Badan Standar Nasional Pendidikan). 2006. Standar Isi 2006. Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta.
2.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002b. Pelatihan Terintegrasi Berbasis
Kompetensi: Menulis. Jakarta: Depdiknas.
3.
Tarigan. H.G. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung:
Angkasa.
4.
Tarigan. H.G.& Tarigan. D. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
B.
Latihan
1.
Susunlah secara benar sebuah petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan daftar
kalimat yang disusun secara acak berikut ini.
a.Tuangkan
bumbu, minyak bumbu, dan bubuk cabe ke dalam mangkok, sementara mi dimasak.
b.
Mi siap disajikan.
c.
Aduk secara perlahan selama tiga menit sampai mi terlihata matang.
d.
Tuangkan mi beserta kuahnya ke dalam mangkuk yang sudah berisi bumbu.
e.
Rebus mi dalam air mendidih 400 cc (2 gelas).
2.
Sebutkan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam petunjuk!
3.
Buatlah sebuah petunjuk membuat barang dengan menggunakan barang bekas!
4.
Suntinglah pekerjaan temanmu dengan saling menukarkan hasil pekerjaan, kemudian
perbaikilah pekerjaan Anda yang telah disunting itu!