PEDOMAN PENILAIAN
A. Kemampuan
Berbahasa
- Mendengarkan
Tes tertulis: Kemampuan
siswa dalam mencatat pokok-pokok isi berita
Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk menulis pokok-pokok isi berita
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Kelengkapan isi
a. Lengkap
b. Agak lengkap
c. Tidak lengkap
|
3
2
1
|
5
|
2.
|
Kesesuaian isi
a. Sesuai
b. Agak Sesuai
c. Tidak sesuai
|
3
2
1
|
5
|
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1. Kelengkapan isi
|
50
|
30
|
10
|
2. Kesesuaian isi
|
50
|
30
|
10
|
100
|
60
|
20
|
Contoh Penilaian:
Jika kelengkapan 50 dan
kesesuaian 30, maka nilai= 80
Kinerja: Kemampuan siswa dalam memberikan tanggapan
Guru mengamati ketika
siswa memberikan tanggapan
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Kesesuaian isi
a.
Sesuai
b.
Kurang sesuai
c.
Tidak sesuai
|
3
2
1
|
5
|
2.
|
Keruntutan bahasa
a.
Runtut
b.
Kurang runtut
c.
Tidak runtut
|
2
1
0
|
3
|
3.
|
Penampilan
a.
Berani
b.
Malu-malu
|
2
1
|
2
|
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1. Kesesuaian isi
|
50
|
30
|
10
|
2. Keruntutan isi
|
30
|
20
|
0
|
3. Penampilan
|
20
|
10
|
10
|
100
|
60
|
20
|
Contoh Penilaian:
Jika kesesuaian isi 30,
keruntutan bahasa 20, dan penampilan 10, maka nilai= 60
- Membaca
Kinerja: Kemampuan siswa dalam membaca teks percakapan
Guru mengamati siswa
ketika membaca percakapan
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Lafal dan intonasi
a. Tidak ada salah
b. Sedikit yang sala
c. Banyak salah
|
3
2
1
|
5
|
2.
|
Jeda
a. Tidak ada salah
b. Sedikit yang salah
c. Banyak yang salah
|
2
1
0
|
3
|
3.
|
Penampilan
a. Berani
b. Malu-malu
|
2
1
|
2
|
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1. Lafal dan intonasi
|
50
|
30
|
10
|
2. Jeda
|
30
|
20
|
0
|
3. Penampilan
|
20
|
10
|
10
|
100
|
60
|
20
|
Contoh Penilaian:
Jika lafal dan intonasi
50, jeda 20, dan penampilan 10, maka nilai= 80
- Berbicara
Kinerja: Kemampuan siswa dalam
menceritakan pengalaman
Guru mengamati siswa ketika bercerita
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Pilihan kata
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c. Tiidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
5
|
2.
|
Kalimat
d. Mudah dipahami
e. Sedikit sulit dipahami
f. Sulit dipahami
|
2
1
0
|
3
|
3.
|
Penampilan
c. Berani
d. Malu-malu
|
2
1
|
2
|
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1. Pilihan kata
|
50
|
30
|
10
|
2. Kalimat
|
30
|
20
|
0
|
3. Penampilan
|
20
|
10
|
10
|
100
|
60
|
20
|
Contoh Penilaian:
Jika pilihan kata 20,
kalimat 20, dan penampilan 20, maka nilai= 60
- Menulis
Portofolio: Kemampuan siswa dalam menuliskan pengalaman
Guru memeriksa tulisan/karangan siswa
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Pilihan kata
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c. Tiidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
5
|
2.
|
Kalimat
a. Mudah dipahami
b. Sedikit sulit dipahami
c. Sulit dipahami
|
2
1
0
|
3
|
3.
|
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit yang salah
c. Banyak yang salah
|
2
1
0
|
2
|
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1. Pilihan kata
|
50
|
30
|
10
|
2. Kalimat
|
30
|
20
|
0
|
3. Ejaan dan tanda baca
|
20
|
10
|
10
|
100
|
60
|
20
|
Contoh Penilaian:
Jika pilihan kata 30,
kalimat 30, dan ejaan dan tanda baca 10, maka nilai= 70
B. Kemampuan Bersastra: Berbicara
Kinerja: Kemampuan siswa dalam berpantun
Guru mengamati siswa
ketika berpantun
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
Bobot
|
1.
|
Kesesuaian dengan syarat pantun
a.
Sesuai syarat
pantun
b.
Kurang sesuai
syarat pantun
c.
Tidak sesuai
syarat pantun
|
3
2
1
|
5
|
2.
|
Penampilan
a. Berani
b. Malu-malu
c. Tidak berani
|
3
2
1
|
5
|
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1. Kesesuaian dengan syarat pantun
|
50
|
30
|
10
|
2. Penampilan
|
50
|
30
|
10
|
100
|
60
|
20
|
Contoh Penilaian:
Jika kesesuaian dengan
syarat pantun 30 dan penampilan 10, maka nilai= 40
Model pedoman penskoran
berbicara
No.
|
Kunci/jawaban/Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Pilihan kata (diksi) dan ungkapan
Sangat tepat .
Tepat
Cukup tepat .
Kurang tepat.
Sangat kurang.
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Ketepatan ekspresi
a. Pengucapan/lafal
Sangat tepat dan jelas
Tepat dan jelas
Kurang tepat dan kurang jelas
Tidak
tepat, tidak jelas
Sangat tidak tepat, dan sangat tidak jelas
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
b. Irama
Sangat sesuai dengan situasi
Sesuai dengan situasi
Cukup sesuai dengan situasi
Tidak sesuai dengan situasi
Sangat tidak sesuai
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
|
c. Jeda (batas
perhentian/bernafas)
Sangat tepat
Tepat
Cukup tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
|
d. Mimik
Sangat sesuai dengan keadaan
Sesuai dengan keadaan
Cukup dengan keadaan
Kurang sesuai
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
|
e. Gerak-gerik (kinesik)
Sangat sesuai dengan isi puisi
Sesuai dengan isi puisi
Cukup sesuai dengan isi puisi
Kurang sesuai dengan isi puisi
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
Nilai = Perolehan skor x
100 %
Skor maksimum
Model pedoman penskoran membaca nyaring (bersuara)
No.
|
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Kejelasan ucapan (ketepatan pemenggalan kata
dalam kalimat)
·
Sangat tepat pemenggalan kata dalam kalimat
·
Tepat pemenggalan kata dalam kalimat
·
Cukup tepat
·
Kurang
·
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi (variasi irama dan tekanan)
·
Sangat tepat intonasi
·
Tepat intonasi
·
Cukup tepat
·
Kurang tepat
·
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
3
|
Pelafalan (ketepatan melafalkan kata)
·
Sangat tepat pelafan
·
Tepat pelafalan
·
Cukup tepat
·
Kurang tepat
·
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
4
|
Suara
·
Sangat jelas suaranya
·
Jelas
·
Cukup jelas
·
Kurang
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
5
|
Sikap
·
Sangat wajar
·
Wajar
·
Cukup wajar
·
Kurang
· Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
6
|
Penampilan
·
Sangat baik ekspresinya
·
Baik ekspresi
·
Cukup ekspresi
·
Kurang
·
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
Model pedoman penskoran membaca
puisi
No.
|
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Pemahaman isi puisi
Sangat paham
Paham
Cukup paham
Kurang
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
2.
|
Penghayatan
Sangat menghayati
Kurang menghayati
Cukup menghayati
Kurang menghayati
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
3.
|
Ketepatan ekspresi
a. Sangat tepat pengucapan/lafal
Tepat tepat pengucapan/lafal
Cukup tepat
Kurang tepat
Sangat
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
b. Tekanan
Sangat tepat pengucapan/lafal
Tepat pengucapan/lafal
Cukup tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
|
c. Intonasi
Sangat tepat intonasinya
Tepat intonasinya
Cukup tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
|
d. Mimik
Sangat tepat mimik
Tepat mimik
Cukup tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
Model pedoman penskoran bermain
peran (drama)
No.
|
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Vokalisasi
Sangat jelas vokal
Jelas
vokal
Cukup
tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
2.
|
Intonasi
Sangat jelas intonasi
Jelas
intonasi
Cukup
tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
3.
|
Gerak-gerik di atas pentas (akting)
Sangat tepat gerak-gerik (akting)
Tepat
gerak-gerik (akting)
Cukup
tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
4.
|
Gerak pemain dari satu tempat ke tempat lain (bloking)
Sangat
tepat bloking
Tepat
bloking
Cukup
tepat
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
5.
|
Kerjasama (kekompakkan)
Sangat kompak
Kompak
Cukup
kompak
Kurang tepat
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
6.
|
Improvisasi
Sangat tepat improvisasi
Tepat
improvisasi
Cukup
Kurang
Sangat kurang
|
0 – 5
5
4
3
2
1
|
Model
pedoman penskoran menulis
No.
|
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
·
Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan
kutipan.
·
Memahami; luas dan lengkap;
terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·
Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang
terinci.
·
Tidak memahami isi; tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27 – 30
22 – 26
17 – 21
13 – 16
|
2.
|
Organisasi
·
Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis;
kohesi amat tinggi.
·
Teratur dan rapi; jelas;
banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
·
Kurang teratur dan rapi; kurang
jelas; kurang gagasan; urutan kurang
logis; kohesi kurang tinggi.
·
Tidak teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
i.
–
|
3.
|
Kosakata dan Diksi
·
Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata amat tepat.
·
Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang
tepat.
·
Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata kurang tepat.
·
Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai
kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
ii.
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·
Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan
penyusunan kalimat dan kata-kata.
·
Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata
bahasa tanpa mengaburkan makna.
·
Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan
tata bahasa yang mengaburkan makna.
·
Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22 – 25
18 – 21
11 – 17
5 – 10
|
5.
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·
Amat menguasai kaidah penulisan
kata dan ejaan.
·
Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·
Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak
kesalahan.
·
Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6.
|
Kerapian
·
Terbaca, bersih dan rapi.
·
Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
·
Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·
Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
kurang
|
4
3
2
1
|