Welcome to Indonesia_Various Cultures in Indonesia_Come and Prove!!!!!!

Translate


PEDOMAN PENILAIAN
A.  Kemampuan Berbahasa
  1. Mendengarkan

Tes tertulis: Kemampuan siswa dalam mencatat pokok-pokok isi berita

Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis pokok-pokok isi berita
No.
Kriteria Penilaian
Skor
Bobot
1.
Kelengkapan isi
a.  Lengkap
b.  Agak lengkap
c.  Tidak lengkap

3
2
1


5
2.
Kesesuaian isi
a.  Sesuai
b.  Agak Sesuai
c.  Tidak sesuai

3
2
1


5
Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
1. Kelengkapan isi
50
30
10
2. Kesesuaian isi
50
30
10

100
60
20
Contoh Penilaian:
Jika kelengkapan 50 dan kesesuaian 30, maka nilai= 80

Kinerja: Kemampuan siswa dalam memberikan tanggapan
Guru mengamati ketika siswa memberikan tanggapan
No.
Kriteria Penilaian
Skor
Bobot
1.
Kesesuaian isi
a.   Sesuai
b.   Kurang sesuai
c.   Tidak sesuai

3
2
1


5
2.
Keruntutan bahasa
a.   Runtut
b.   Kurang runtut
c.   Tidak runtut

2
1
0


3
3.
Penampilan
a.   Berani
b.   Malu-malu

2
1

2

Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
1. Kesesuaian isi
50
30
10
2. Keruntutan isi
30
20
0
3. Penampilan
20
10
10

100
60
20

Contoh Penilaian:
Jika kesesuaian isi 30, keruntutan bahasa 20, dan penampilan 10, maka nilai= 60

  1. Membaca
Kinerja: Kemampuan siswa dalam membaca teks percakapan
Guru mengamati siswa ketika membaca percakapan
No.
Kriteria Penilaian
Skor
Bobot
1.
Lafal dan intonasi
a.  Tidak ada salah
b.  Sedikit yang sala
c.  Banyak salah


3
2
1


5
2.
Jeda
a.  Tidak ada salah
b.  Sedikit yang salah
c.  Banyak yang salah

2
1
0


3
3.
Penampilan
a.  Berani
b.  Malu-malu

2
1

2



Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
1. Lafal dan intonasi
50
30
10
2. Jeda
30
20
0
3. Penampilan
20
10
10

100
60
20
Contoh Penilaian:
Jika lafal dan intonasi 50, jeda 20, dan penampilan 10, maka nilai= 80

  1. Berbicara
      Kinerja: Kemampuan siswa dalam menceritakan pengalaman
      Guru mengamati siswa ketika bercerita
No.
Kriteria Penilaian
Skor
Bobot
1.
Pilihan kata
a.  Tepat dan sesuai
b.  Kurang tepat dan sesuai
c.  Tiidak tepat dan sesuai

3
2
1


5
2.
Kalimat
d.  Mudah dipahami
e.  Sedikit sulit dipahami
f.   Sulit dipahami

2
1
0


3
3.
Penampilan
c.  Berani
d.  Malu-malu

2
1

2

Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
1. Pilihan kata
50
30
10
2. Kalimat
30
20
0
3. Penampilan
20
10
10

100
60
20

Contoh Penilaian:
Jika pilihan kata 20, kalimat 20, dan penampilan 20, maka nilai= 60

  1. Menulis
Portofolio: Kemampuan siswa dalam menuliskan pengalaman
      Guru memeriksa tulisan/karangan siswa
No.
Kriteria Penilaian
Skor
Bobot
1.
Pilihan kata
a.  Tepat dan sesuai
b.  Kurang tepat dan sesuai
c.  Tiidak tepat dan sesuai

3
2
1


5
2.
Kalimat
a.  Mudah dipahami
b.  Sedikit sulit dipahami
c.  Sulit dipahami

2
1
0


3
3.
Ejaan dan tanda baca
a.  Tidak ada yang salah
b.  Sedikit yang salah
c.  Banyak yang salah

2
1
0


2

Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
1. Pilihan kata
50
30
10
2. Kalimat
30
20
0
3. Ejaan dan tanda baca
20
10
10

100
60
20
Contoh Penilaian:
Jika pilihan kata 30, kalimat 30, dan ejaan dan tanda baca 10, maka nilai= 70

 



B.  Kemampuan Bersastra: Berbicara

Kinerja: Kemampuan siswa dalam berpantun
Guru mengamati siswa ketika berpantun
No.
Kriteria Penilaian
Skor
Bobot
1.
Kesesuaian dengan syarat pantun
a.  Sesuai syarat pantun
b.  Kurang sesuai syarat pantun
c.  Tidak sesuai syarat pantun

3
2
1


5
2.
Penampilan
a.  Berani
b.  Malu-malu
c.  Tidak berani

3
2
1


5

Tabel Penilaian:
Aspek yang Dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
1. Kesesuaian dengan syarat pantun
50
30
10
2. Penampilan
50
30
10

100
60
20
Contoh Penilaian:
Jika kesesuaian dengan syarat pantun 30 dan penampilan 10, maka nilai= 40



Model pedoman penskoran berbicara
No.
Kunci/jawaban/Aspek yang dinilai
Skor
1.
Pilihan kata (diksi) dan ungkapan
Sangat tepat  .
Tepat
Cukup tepat .
Kurang tepat.
Sangat kurang.

5
4
3
2
1

2.
Ketepatan ekspresi
a.  Pengucapan/lafal
     Sangat tepat dan jelas
     Tepat dan jelas
     Kurang tepat dan kurang jelas
     Tidak tepat, tidak jelas
     Sangat tidak tepat, dan sangat tidak jelas

0 – 5
5
4
3
2
1
b.  Irama
    Sangat sesuai dengan situasi
    Sesuai dengan situasi
    Cukup sesuai dengan situasi
     Tidak  sesuai dengan situasi
    Sangat tidak sesuai
0 – 5
5
4
3
2
1
c.  Jeda (batas perhentian/bernafas)
    Sangat tepat
    Tepat
    Cukup tepat
    Kurang tepat
    Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
d.  Mimik
     Sangat sesuai dengan keadaan
     Sesuai dengan keadaan
     Cukup dengan keadaan
     Kurang sesuai
    Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
e.  Gerak-gerik (kinesik)
     Sangat sesuai dengan isi puisi
    Sesuai dengan isi puisi
     Cukup sesuai dengan isi puisi
    Kurang sesuai dengan isi puisi
    Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1

Nilai =      Perolehan skor    x  100 %
                Skor maksimum

Model pedoman penskoran membaca nyaring (bersuara)
No.
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
Skor
1
Kejelasan ucapan (ketepatan pemenggalan kata dalam kalimat)
·      Sangat tepat pemenggalan kata dalam kalimat
·      Tepat pemenggalan kata dalam kalimat
·      Cukup tepat
·      Kurang
·      Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
2
Intonasi (variasi irama dan tekanan)
·      Sangat tepat intonasi
·      Tepat intonasi
·      Cukup tepat
·      Kurang tepat
·      Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
3
Pelafalan (ketepatan melafalkan kata)
·      Sangat tepat pelafan
·      Tepat pelafalan
·      Cukup tepat
·      Kurang tepat
·      Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
4
Suara
·      Sangat jelas suaranya
·      Jelas
·      Cukup jelas
·      Kurang
Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
5
Sikap
·      Sangat wajar
·      Wajar
·      Cukup wajar
·      Kurang
·      Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
6
Penampilan
·      Sangat baik ekspresinya
·      Baik ekspresi
·      Cukup ekspresi
·      Kurang
·      Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1






Model pedoman penskoran membaca puisi
No.
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
Skor
1.
Pemahaman isi puisi
Sangat paham
Paham
Cukup paham
Kurang
Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
2.
Penghayatan
Sangat menghayati
Kurang menghayati
Cukup menghayati
Kurang menghayati
Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
3.
Ketepatan ekspresi
a.  Sangat tepat pengucapan/lafal
     Tepat tepat pengucapan/lafal
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat
0 – 5
5
4
3
2
1
b.  Tekanan
    Sangat tepat pengucapan/lafal
    Tepat pengucapan/lafal
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
c.  Intonasi
    Sangat tepat intonasinya
    Tepat intonasinya
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
d.  Mimik
     Sangat tepat mimik
    Tepat mimik
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1

Model pedoman penskoran bermain peran (drama)
No.
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
Skor
1.



Vokalisasi
     Sangat jelas vokal
     Jelas vokal
     Cukup tepat
     Kurang tepat
Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
2.
Intonasi
     Sangat jelas intonasi
     Jelas intonasi
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
3.
Gerak-gerik di atas pentas (akting)
     Sangat tepat gerak-gerik (akting)
     Tepat gerak-gerik (akting)
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
4.
Gerak pemain dari satu tempat ke tempat lain (bloking)
    Sangat tepat bloking
     Tepat bloking
     Cukup tepat
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5 
5
4
3
2
1
5.
Kerjasama (kekompakkan)
     Sangat kompak
     Kompak
     Cukup kompak
     Kurang tepat
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1
6.
Improvisasi
Sangat tepat improvisasi
     Tepat improvisasi
     Cukup
     Kurang
     Sangat kurang
0 – 5
5
4
3
2
1

Model pedoman penskoran menulis
No.
Kunci/ jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·      Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·      Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·      Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·      Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik



Baik



Sedang



Kurang

27 – 30



22 – 26



17 – 21



13 – 16
2.
Organisasi
·      Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·      Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·      Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·      Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik



Baik


Sedang




Kurang

18 –20



14 – 17


10 – 13




7 - 9
                                                                                                                                                                                i.     
3.
Kosakata dan Diksi
·      Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·      Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·      Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·      Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik




Baik



Sedang




Kurang

18 –20




14 – 17



10 – 13




7 - 9
                                                                                                                  ii.       
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·       Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·       Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·       Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·       Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.


Amat baik




Baik





Sedang





Kurang



22 – 25




18 – 21





11 – 17





5 – 10

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·       Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·       Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·       Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·       Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.


Amat baik

Baik


Sedang



Kurang



5

4


3



2
6.
Kerapian
·       Terbaca, bersih dan rapi.
·       Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·       Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·       Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik

Sedang

kurang

4
3

2

1