CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA
1.
Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
Soal :
Di bangunan Taman
Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping
gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung
berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini
juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah .…
A. panorama
kupu-kupu
B.
bangunan
Taman Kupu
C.
berbagai
jenis kupu-kupu
D.
tempat
metamorfosis kupu-kupu
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok
merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata
kunci: Di bangunan Taman Kupu
kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. (bangunan
Taman Kupu ). Kata yang merujuknya: Bangunan ini .... (kalimat kedua); Di sini …. (kalimat ketiga); Bahkan, di sini
.... (kalimat keempat)
2.
Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf
tersebut
Soal :
(1)
Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan
Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang
sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan
tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada
kalimat nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama:
kalimat yang menjadi tempat keberadaan gagasan utama. Kalimat utama dapat pula
disebut kalimat pokok. Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat
umum dan didukung kalimat penjelas.
Kata kunci: Sebuah bangkai pesawat ditemukan di
Kepulauan Seribu, Jakarta (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang
ditandai Mesin buatan Amerika Serikat itu ....(kalimat kedua), Bangkai pesawat ...... itu .… (kalimat
ketiga), Pesawat tersebut ....(kalimat keempat).
3.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Indikator
Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi
paragraf tersebut
Soal :
Pemerintah akan menunggu turunnya harga
minyak mentah dunia sampai Maret 2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum
memutuskan harga premium dan solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga
minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan
solar.
Kritikan terhadap isi paragraf
tersebut adalah ...
- Pemerintah hendaknya menunggu bulan
Maret.
- Pemerintah hendaknya segera melepas
harga.
- Pemerintah hendaknya tidak melepas
premium dan solar.
- Pemerintah hendaknya tidak terlalu
lama dalam mengambil keputusan.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan,
kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil
karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf berarti memberikan tanggapan terhadap isi
paragraf tersebut. Kritikan dapat berupa perbaikan (koreksi)
terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “ Pemerintah
akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009 (kalimat
pertama)
4.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan kutipan dua teks berita, siswa dapat menentukan kesamaan informasi
kedua teks berita tersebut.
Soal :
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada
pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak
berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum
pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak
sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah
hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak,
Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba
di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Kesamaan informasi kedua teks
berita tersebut adalah ...
A.
Imbauan Kasat Lalu Lintas agar
wisatawan datang ke Puncak.
B.
Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang
rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C.
Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada
para pengendara roda dua dan roda empat.
D.
Imbauan Kasat Lalu Lintas agar
pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan,
pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita,
kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau ... agar berada di tempat
tujuan sebelum pukul 13.00.
Teks II: Kasat
Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan ... mengusahakan tiba di tujuan sebelum
pukul 13.00 WIB.
5.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah teks berita, siswa dapat menentukan informasi teks
berita tersebut..
Soal :
Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar
kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang
ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga
Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film
tersebut di gedung bioskop.
Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut
adalah ...
A.
Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B.
Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C.
Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D.
Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Informasi
adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Mencari isi berita merupakan
usaha menemukan pokok persoalan yang diungkapkan dalam berita tersebut.
Informasi yang merupakan isi berita
tersebut terdapat dalam kalimat kedua paragraf tersebut “Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang
ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi.”
6.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan dua teks berita, siswa dapat menentukan perbedaan
penyajian kedua
teks berita tersebut.
Soal :
Cermati kutipan teks berita
berikut!
Teks I
|
Teks
II
|
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur.
Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari,
Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban
jiwa. Itulah yang disampaikan Camat
Widang, Dwijono.
|
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari,
Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan
pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi
belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan
pantura berhati-hati.
|
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut
adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
apa, bagaimana,
mengapa, siapa
|
apa, kapan bagaimana,
siapa
|
B
|
di mana, mengapa,
bagaimana, siapa
|
apa, bagaimana, kapan,
siapa
|
C
|
di mana, mengapa,
siapa, bagaimana
|
kapan, bagaimana, apa,
siapa
|
D
|
apa, mengapa,
bagaimana, siapa
|
kapan, apa, bagaimana,
siapa
|
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why
(mengapa), dan how (bagaimana). Bukan
berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut.
Dalam penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan
kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: (apa)
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. (mengapa)Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo
akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana)
Peristiwa itu juga merenggut dua korban
jiwa. (siapa) Itulah yang disampaikan Camat
Widang, Dwijono.
Teks berita II: (kapan) Minggu dini hari
(apa) tanggul di desa
Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura
Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum
berhasil. (siapa) Pihak kepolisian
setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
7.
Kemampuan yang Diuji :
Menentukan kalimat fakta/pendapat
Indikator Soal : Disajikan sebuah
paragraf yang berisi fakta dan pendapat,
siswa
dapat menentukan dua kalimat pendapat dalam paragraf tersebut.
Soal
:
(1) Pemkot Depok telah menertibkan 700
Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal
ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga
dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26
Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai
dengan nomor ....
A.
(1) dan (2) C. (1) dan (4)
B.
(2) dan (3) D. (3) dan (4)
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Pendapat=opini adalah pikiran atau anggapan seseorang
terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat
bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya.
Pada paragraf tersebut terdapat opini atau pendapat,
yaitu kalimat (2) Hal ini dinilai sebagai
penyebab kemacetan. (3) Di samping
itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut.
Kata kuncinya: dinilai dan
dianggap
8.
Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi
paragaf
tersebut.
Soal
:
Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar
tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat
dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik
memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki
imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.
Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B.
Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C.
Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D.
Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi:
fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Tidur ... menjaga tubuh agar tetap sehat.
(kalimat pertama); ... tidur 8 jam per
malam, lebih sehat .... (kalimat kedua); Tidur...memulihkan sistem imun. (kalaimat ketiga); Ketika tidur... kadar melatonik meningkat
dan memperbaiki imunitas.(kalimat keempat)
9.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama
tajuk tersebut
Soal :
Bacalah kutipan tajuk
berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
Persiapan yang kini dilakukan pemerintah itu memang
sangat diperlukan. Meski agak terlambat, tetapi bukan berarti tidak diperlukan.
Bahkan, stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat lambatnya
kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.
Terkait dengan rencana pemberian stimulus tersebut,
pihak industri kini sedang mendata secara detail. Kita tentunya berharap data
dan rencana masing-masing industri disusun dan dibuat semaksimal mungkin.
Fokusnya akan lebih jika tidak melulu kepada kepentingan industri dan
pengusahanya, tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan
stimulus ekonomi yang salah satunya untuk menghindari (menekan) terjadinya PHK
besar-besaran benar-benar tercapai.
Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....
A. Perlunya pendataan industri secara maksimal dalam mendukung rencana
pemberian stimulus ekonomi
B.
Penekanan PHK melalui stimulus ekonomi selalu berhasil dengan gemilang.
C.
Krisis global terhadap stimulus perekonomian berpengaruh pada PHK.
D.
Perlunya stimulus ekonomi dalam dunia industri di dunia.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Tajuk adalah karangan pokok dalam surat
kabar
Gagasan utama tajuk berupa ide (pendapat)
penulis terhadap fenomena objek.
Fenomena objek: pemerintah telah
menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali bergerak. (paragraf
pertama); stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat lambatnya
kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.(paragraf kedua);
Terkait dengan rencana pemberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang
mendata secara detail.(paragraf ketiga)
10.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan letak kalimat fakta
pada tajuk
tersebut
Soal
:
Letak kalimat fakta pada tajuk
tersebut adalah ....
A.
paragraf I kalimat IV
B.
paragraf II kalimat I
C.
paragraf II kalimat III
D.
paragraf III kalimat III
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Fakta adalah peristiwa yang tidak diragukan lagi
kebenarannya. Fakta yang terdapat pada tajuk tersebut terdapat pada paragraf I
kalimat IV.
Bukti fakta: Untuk
itu, pemerintah telah menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali
bergerak.
11.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan keberpihakan
penulis dalam
tajuk tersebut.
Soal :
Penulis pada tajuk tersebut
berpihak pada ....
A.
pelaku industri
B.
tenaga kerja
C.
pengusaha
D.
penguasa
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Bukti keperpihakan penulis:
.... Kita jelas tak bisa menganggap enteng ancaman tersebut. (kalimat ketiga paragraf I);
Fokusnya ... tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja sehingga.... (kalimat
ketiga paragraf III)
12.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan simpulan isi tajuk tersebut.
Soal :
Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...
A. Rencana pemberian
stimulus ekonomi kepada industri dilakukan secara massal oleh pemerintah.
B. Dampak krisis global
terhadap industri di Indonesia terlihat adanya stimulus ekonomi dari
pemerintah.
C. Stimulus ekonomi
menentukan cepat lambatnya kita dalam mendata jumlah PHK tenaga kerja.
D. Pendataan industri
secara tepat dalam pemberian stimulus ekonomi dapat mengurangi PHK.
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan :
Simpulan merupakan ikhtisar dari suatu
uraian. Kesimpulan dapat dikatakan juga sebagai kesudahan dari suatu
pendapat.
Simpulan tajuk tersebut adalah pendataan industri secara tepat dalam
pemberian stimulus ekonomi dapat mengurangi PHK.
Data pendukung:
Kita tentunya berharap data dan rencana
masing-masing industri disusun dan dibuat semaksimal mungkin. (kalimat kedua
paragraf III) Fokusnya ..., tetapi lebih
kepada kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah
satunya untuk menghindari (menekan) terjadinya PHK besar-besaran benar-benar tercapai.
(kalimat ketiga paragrag IV)
13.
Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan
simpulan isi grafik tersebut.
Soal :
Hasil Penjualan Dagangan
Pak Muis
Simpulan isi grafik tersebut adalah ...
A. Penjualan dagangan Pak Muis setiap bulan meningkat.
B. Dagangan Pak Muis setiap bulan bertambah.
C. Dagangan Pak Muis lebih banyak baju koko.
D. Orang lebih banyak memilih membeli sarung.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bukti kenaikan penjualan
dagangan Pak Muis setiap bulan
Bulan
|
Jumlah barang dagangan yang terjual
|
|
Sarung
|
Baju koko
|
|
September
|
240
|
150
|
Oktober
|
240
|
240
|
November
|
260
|
265
|
Desember
|
275
|
300
|
14.
Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan
informasi tabel tersebut.
Soal :
Cermati
tabel berikut!
Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan dan
Rawat Inap
di Rumah Sakit Sumber Waras
Pasien
|
Tahun
|
|||
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
|
Rawat Jalan
|
5683
|
4160
|
4420
|
4515
|
Rawat Inap
|
712
|
534
|
506
|
379
|
Informasi
yang sesuai dengan tabel tersebut adalah…
A. Jumlah pasien rawat jalan
selalu meningkat setiap tahun.
B. Jumlah pasien rawat jalan dan
rawat inap cenderung meningkat.
C. Setiap tahun jumlah pasien
rawat inap cenderung menurun.
D. Pasien rawat inap mendapat
pelayanan yang baik.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bukti data pasien
rawat inap
Pasien
|
Tahun
|
|||
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
|
Rawat Inap
|
712
|
534
|
506
|
379
|
15.
Kemampuan yang Diuji : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah denah, siswa dapat menjelaskan isi
denah tersebut
Soal
:
Perhatikan denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut, kalimat
berikut yang tepat adalah ...
A. Pasar Baru
berada berdampingan dengan Jalan Kapuas dan Jalan Indah.
B. Penghuni
kompleks Melati Permai jika berbelanja harus melewati Jalan Indah.
C. Jalan
Diponegoro berada di sebelah utara Pasar Baru dan kompleks Melati Permai.
D. Kompleks
Melati Permai berada di sebelah selatan Jalan Kapuas.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Denah: gambar yang menunjukkan
letak kota, jalan, dsb.; peta.
Gambar bagian atas adalah letak sebelah
utara dan selalu sebagai pedoman kita membaca denah atau peta. Hubungkanlah
letak lokasi (Jalan Diponegoro) pada denah tersebut dengan penunjuk arah mata
angin. Dengan cara demikian, tampaklah bahwa Jalan Diponegoro terletak di
sebelah utara Pasar Baru dan Melati Permai
16.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema
puisi tersebut.
Soal :
Bacalah
puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!
Ada
Tilgram Tiba Senja
....
Ada podang pulang ke sarang
Tembangnya panjang berulang-ulang
pulang ya pulang, hai petualang!
Ketapang. Ketapang yang kembang
Berumpun di perigi tua
Anakku datang anakku pulang
Kembali kucium, kembali kuraba
Tema puisi tersebut adalah ....
A.
Bunga yang berkembang
B.
Pulangnya anak tersayang
C.
Kegembiraan seorang anak
D.
Pulangnya sang kepodang
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Tema merupakan gagasaan pokok dalam puisi. Tema berfungsi
sebagai landasan utama penyair dalam puisinya. Tema puisi tersebut adalah Pulangnya anak tersayang. Hal ini
ditunjukkan dengan larik Anakku datang
anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba.
17.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan suasana
dalam puisi
tersebut.
tersebut.
Soal
:
Suasana yang tergambar pada puisi
tersebut adalah ....
A. gembira C. sedih
B. bangga D. duka
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bukti suasana
gembira: Ada podang pulang ke sarang/Tembangnya panjang berulang-ulang (pada
larik 1 dan 2); Anakku datang anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba
(larik 6 dan 7)
18.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
bukti latar waktu dalam cerpen tersebut
Soal
:
Bacalah
kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 20!
Seperti teman-temannya yang lain,
sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak
hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan
undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di
beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda
ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal
tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi
hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur
pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan
digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan
spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi
bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Bukti bahwa peristiwa tersebut
terjadi pada malam hari adalah ....
A.
kalimat pertama pada paragraf pertama
B.
Kalimat kedua pada paragraph pertama
C.
Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
D.
Kalimat keempat pada paragraf kedua
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bukti bahwa latar cerita pada malam hari:
Dimatikannya lampu tidurnya dan
digantinya dengan lampu belajar
19.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik
dalam cerpen tersebut
dalam cerpen tersebut
Soal :
Konflik yang terdapat pada
kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
Teman-teman Andi semua memberi hadiah pada Tommy.
B.
Andi ingin meminta uang pada ibu, tapi tidak sampai hati mengungkapkannya.
C.
Sejak ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat.
D.
Kepuasan Andi sudah memiliki hadiah untuk Tommy.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Konflik adalah ketegangan yang terjadi
dalam diri tokoh dalam suatu cerita. Bentuknya bisa konflik fisik, konflik
batin, konflik ide, konflik sosial, atau konflik budaya. Konflik yang terjadi
berupa konflik batin pada diri sang tokoh (Andi). Hal ini tergambar pada
kalimat .... Andi ingin sekali memberi
hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya.
Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy
kemarin.
20.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan amanat
kutipan cerpen tersebut
kutipan cerpen tersebut
Soal :
Amanat yang terdapat pada cerpen
tersebut adalah ...
A.
Jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
B.
Usahakan selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
C.
Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda!
D.
Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan!
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Amanat sama maknanya dengan pesan, yakni ajaran yang
hendak disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Keberadaan amanat
pada umumnya tersirat, tetapi ada juga tersurat.
Amanat yang terdapat pada cerpen tersebut
adalah jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman.
21.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan perbedaan unsur
intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan dua
kutipan novel yang berbeda, siswa dapat
menentukan perbedaan karakteristik kedua novel tersebut
menentukan perbedaan karakteristik kedua novel tersebut
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 21!
Kutipan
I
Ingin rasanya aku berteriak mendengar
pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bilang, ”Ya enggak gitu, bodoh!”
Tapi Mama sudah melarangku mengatakan kata itu lagi. Katanya, anak baik tidak
boleh berkata kasar.
”Priska tidak bodoh, Vin. Dia ingin
pintar seperti kamu,” kata Mama.
Kutipan II
Ah, mau tak mau, ia harus pergi ke
warung bu Rustam. Ia tak mau menolak permintaan ibunya. Warung itu berjarak dua
rumah dari rumah Abah. Tanpa terasa, kini Difa berada di depan gang. Siang itu
tampak sepi. Mungkin anak-anak di sekitar Blok II belum pulang.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ....
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A.
|
Tokoh yang terlihat banyak
|
Tokoh yang terlihat dua
|
B.
|
Sudut pandang akuan
|
Sudut pandang diaan
|
C.
|
Latar jelas
|
Latar tidak jelas
|
D.
|
Amanat tidak jelas
|
Amanat jelas
|
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Sudut pandang: teknik
penyampaian cerita oleh pengarang. Pengarang ingin menempatkan posisinya di
mana. Jika pengarang langsung bercerita tentang hal-hal yang diketahuinya dengan
kata ganti orang pertama ( aku, saya), maka pengarang menggunakan sudut pandang
orang pertama. Jika pengarang sebagai orang yang mengamati jalan cerita dari
luar cerita itu sendiri, dia menceritakan kehidupan orang lain maka dalam hal
ini pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga ( ia, dia, beliau, mereka,
nama diri)
Bukti: Kutipan I : Ingin rasanya aku berteriak ....
Kutipan II: Ah, mau tak mau, ia harus ....
22.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik novel
Indikator Soal : Disajikan sebuah kutipan novel, siswa dapat
menentukan bukti nilai
agama dalam kutipan novel tersebut.
agama dalam kutipan novel tersebut.
Soal
:
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal
nomor 22 dan 23!
(1) Teman-teman Fajar bersorak gembira. (2) Daffa
terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika
terdengar suara adzan, anak-anak mulai
membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas Daffa
semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar
memang sakti. (6) Fajar menjadi semakin tinggi hati.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda
nomor ....
A.
(1) C. (4)
B. (3) D. (6)
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Nilai
agama adalah nilai atau ketentuan yang terdapat dalam agama yang mesti dipatuhi
oleh penganutnya. Dalam cerita tersebut dapat diketahui ketaatan anak-anak
untuk menjalankan salat di masjid. Bukti: Ketika
terdengar suara adzan, anak-anak mulai
membubarkan diri untuk pergi ke masjid.
23.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan perbedaan unsur
intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan kutipan sebuah novel, siswa dapat
menentukan watak
tokoh kutipan novel tersebut.
tokoh kutipan novel tersebut.
Soal :
Watak tokoh Fajar dalam kutipan
tersebut adalah ....
A.
periang C. congkak
B.
santun D. ramah
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bukti: Fajar
menjadi semakin tinggi hati.
24.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik
drama
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan
latar suasana drama tersebut.
latar suasana drama tersebut.
Soal :
Bacalah
kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Brilian : Sekarang serahkan hp
kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong
Dimi masuk)
Dimi : Ka
…ka ... kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian :
Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus:
Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas
bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi
untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!
16.
Suasana kutipan drama tersebut adalah ...
A.
haru C. sedih
B.
tegang D. seram
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Bukti suasana
dalam drama itu tegang
25.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur intrinsik drama
Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan
kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar tempat drama tersebut..
Soal
:
Latar kutipan tersebut adalah
...
A.
gudang C. kamar
B.
garasi D. rumah
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bukti latar tempat:
Timmy : Bekas menyimpan perkakas
26.
Kemampuan yang Diuji : Menulis catatan pengalaman pada
buku harian
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan
catatan pengalaman pada buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan
catatan pengalaman pada buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Siang itu, tepatnya Rabu 14 Januari 2009, Audrey
ditegur Pak Tanto karena lupa
mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia
beranji tidak akan lalai lagi.
Berdasarkan ilustrasi tersebut kalimat yang tepat
untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Rabu, 14 Januari 2009, hari
yang sangat memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi Audrey,
menegur Audrey. Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B. Rabu, 14 Januari 2009, hari
yang tidak akan dilupakannya. Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur
gara-gara Audrey lupa tidak mengerjakan PR.
C. Rabu, 14 Januari 2009, hari
yang sangat berat bagi Audrey. Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara
Audery lupa tidak mengerjakan PR.
D. Rabu, 14 Januari 2009, hari
itu aku merasa sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru yang kukagumi,
menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji tidak akan lupa
lagi.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Buku harian berisi pengalaman seseorang
yang paling berkesan. Isinya terdiri atas pengalaman paling berkesan, waktu,
dan waktu yang dituangkan dengan kalimat yang ekspresif. Biasanya dalam
pengungkapannya penulis menggunakan kata ganti orang pertama (saya, aku).
27.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi pesan singkat
sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan
sebuah ilustrasi berupa kegiatan sekolah, siswa dapat
menentukan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut.
menentukan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut.
Soal
:
Ketua OSIS hendak mengadakan rapat
pengurus. Ia menugasi sekretaris agar
menyiapkan surat undangan rapat.
Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah …
A. Harap segera secepatnya susun
surat undangan.
B. Segera siapkan surat undangan
rapat pengurus.
C. Segera siapkan daftar hadir
rapat pengurus secepatnya.
D. Harap edarkan surat undangan
rapat pengurus yang dibuat.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Isi sebuah pesan singkat selain bahasanya singkat juga
isi harus sesuai dengan ilustrasi yang diminta. Pilihan A, C, dan D
kesalahannya terletak pada ketidaksesuaian dengan ilustrasi.
28.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf
laporan
Indikator Soal : Disajikan tabel
hasil lomba, siswa dapat menentukan laporan yang
sesuai dengan data dalam tabel tersebut.
sesuai dengan data dalam tabel tersebut.
Soal :
Hasil Lomba Cipta Cerpen
Sanggar Ananda Tahun 2009
Juara
|
Nama
|
Nilai
|
I
|
Rama
|
699
|
II
|
Sinta
|
696
|
III
|
Krisna
|
669
|
Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut
adalah ...
- Hasil lomba
Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2009 adalah sebagai berikut. Rama
mendapat juara pertama, Sinta juara kedua, dan Krisna juara ketiga. Urutan
nilainya adalah 699, 696, dan 669.
- Secara
berturut-turut hasil Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2009 yaitu Sinta mendapat juara pertama, Krisna
juara kedua, dan Rama juara ketiga. Dengan jumlah perolehan nilai 699,
696, dan 669.
- Selama lomba
Cipta Cerpen tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Krisna mendapat
juara pertama, Rama juara kedua, dan Sinta juara ketiga. Urutan nilainya
adalah 699, 669, dan 696.
- Hasil lomba
Cipta Puisi tahun 2009 adalah sebagai berikut. Sinta mendapat juara
pertama, Rama juara kedua, dan kelas Krisna juara ketiga. Perolehan
nilainya adalah 699, 696, dan 669.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Membaca tabel memerlukan kecermatan dalam
menentukan bagian kolom dan baris.
Pilihan A sesuai dengan tabel tersaji.
29.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf
laporan
Indikator Soal : Disajikan data, siswa dapat menentukan
paragraf laporan yang
tepat sesuai data tersebut.
tepat sesuai data tersebut.
Soal :
(1) Terpancar wajah berseri, saat penghuni
panti diajak bernyanyi.
(2) Mereka memberi sumbangan
dana dan mengadakan hiburan organ tunggal.
(3)
Kami berbaur bersama dalam kegembiraan.
(4) Kegiatan itu
dipusatkan di Panti Wredatama.
(5) Kegiatan itu berakhir tepat pukul 16.00.
(6) OSIS SMP Bunda melakukan
kegiatan bakti sosial.
Urutan
kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah....
A.
(6), (4), (2), (1), (3), (5)
B.
(4), (3), (2), (5), (2), (1)
C.
(6), (5), (4), (3), (1), (2)
D.
(4), (3), (2), (6), (5), (1)
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Dalam menyusun laporan harus memperhatikan keterkaitan
antarkalimat, baik secara kohesi maupun koherensi. Laporan yang sistematis
dengan menggunakan urutan (6), (4), (2), (1), (3), (5)
30.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator Soal : Disajikan sebuah surat pribadi yang rumpang
pada bagian
pembuka, siswa dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
pembuka, siswa dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
Soal :
Jakarta, 14 Maret
2009
Menemui Sahabatku,
Jalan Delima Merah Bantul
Halo Ari,
[…] Saya sekeluarga juga sehat.
Oh ya Ar, sudah satu bulan kamu tidak membalas suratku.
Jangan bilang gara-gara kamu punya teman baru ya, sehingga teman lamamu
dilupakan.
Sahabatmu,
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
surat pribadi tersebut adalah...
- Kamu jadi kan ke
kotaku? Aku tunggu sangat bahagia itu.
- Keluargaku di
Jakarta juga sehat-sehat tidak kurang satu apapun.
- Bagaimana
keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.
- Hai Sobat ...
aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Bahasa dalam surat pribadi dapat menggunakan bahasa yang
baik walaupun secara kaidah bahasa Indonesia yang benar kurang tepat. Hakikat
sebuah surat pribadi menyampaikan sesuatu informasi.
31.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah surat resmi yang rumpang bagian tanggal surat
dan isinya, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut..
dan isinya, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut..
Soal :
Bacalah
kutipan surat berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 31 dan 32!
|
Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....
A. 12 Nopember 2009
B. Jakarta, 12 November 2009
C. 12 November 2009
D. Jakarta, 12 Nopember 2009
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pada surat
yang berkop penulisan tanggal surat tidak perlu menggunakan nama tempat lagi karena sudah
terdapat pada kop surat tersebut.
Tanggal surat tidak diakhiri dengan tanda baca apapun. Nama bulan tidak
disingkat atau diganti dengan angka begitu pun tahunnya.
32.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Siswa dapat
melengkapi bagian isi surat yang dirumpangkan
dengan tepat.
Soal
:
Isi surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
A.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap izin Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 14 November 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :
Ruang Aula Cemerlang
acara : Persiapan Lomba
B.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 14 November 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :
Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Persiapan
Lomba
C.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap bantuan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 12 November 2009
waktu :
Pukul 20.00
tempat :
Lapangan SMP Cemerlang
acara :
Evaluasi Hasil Lomba
D.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 12 November 2009
waktu :
Pukul 08.00
tempat :Ruang
Aula SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Kegiatan
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Pada dasarnya dalam surat undangan,
panulisan hari, tanggal, waktu, tempat, acara masih dalam satu rangkaian
kalimat. Pilihan A, kalimat pembukaannya tidak tepat dan penulisan tempatnya
tidak sesuai ilustrasi, pilihan C kalimat pembukaannya tidak tepat dan nama
acaranya tidak sesuai ilustrasi, pilihan D kalimat pembukaannya tidak tepat dan
penulisan acaranya tidak sesuai ilustrasi.
33.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat resmi
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi berupa kegiatan siswa, siswa dapat menentukan isi surat resmi yang
tepat sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
OSIS SMP Bangsa akan mengadakan Porseni.
Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat
tersebut akan dilaksanakan pada Jumat,
18 Maret 2009, pukul 14.00 di ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang
akan dilaksanakan pada
hari,
tanggal :
Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang OSIS
acara : Persiapan Lomba
B.
Teman-teman pengurus OSIS SMP Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu
: Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Persiapan Bakti Sosial
C.
Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara :
Pembentukan Panitia Porseni
D.
Para pengurus OSIS Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan
pada
hari,
tanggal :
Jumat, 18 Maret 2009
waktu
: Pukul 13.00
tempat
:
Ruang Media
acara : Pembagian Kerja
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pilihan A, terdapat ketidaksesuaian
dengan ilustrasi dalam penulisan waktu dan acaranya, pilihan B , terdapat
ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan tempat dan acaranya, pilihan D, terdapat
ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan waktu, tempat, dan acaranya.
34.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan slogan
Indikator Soal : Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menentukan slogan yang tepat sesuai ilustrasi
tersebut
Soal :
Untuk meningkatkan kepedulian warganya tentang
kesehatan, Abdullah, Lurah Desa Makmur membuat slogan.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah
...
A.
Lingkungan hidup asri dambaan kita.
B.
Gaya hidup bersih cermin perilaku sehat.
C.
Hijau lingkunganku pasti nyaman
hidupku
D.
Hidup sehat dengan makan banyak.
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Slogan: perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau
mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan
sesuatu. Pada umumnya slogan hanya berupa bagian dari kalimat. Pilihan A
dan C tidak sesuai dengan ilustrasi,
pilihan D berupa kalimat biasa dan kurang daya tariknya.
35.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan rangkuman
Indikator Soal : Disajikan sebuah
bacaan terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut
Soal :
Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan
menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin
yang baik sangat diperlukan.
Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh
dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana,
jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.
Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A.
Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B.
Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C.
Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D.
Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban : B
Rangkuman :
Penyajian
singkat dari suatu tulisan. Merangkum dapat dilkukan dengan cara menggabungkan
gagasan-gagasan dari tiap paragraf menjadi satu kalimat. Gagasan utama paragraf
I : pemimpin sebagai panutan; gagasan utama paragraf II: pemimpin memiliki jiwa
kepemimpinan. Kedua gagasan digabung menjadi: Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
36.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi petunjuk
melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan
kalimat-kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang dua kalimatnya rumpang, siswa
dapat melengkapi kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang rumpang tersebut
Soal
:
|
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut
dapat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2)
Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
(4)
Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
B. (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
(4) Tempelkan sereh yang cukup panas
tadi, pada bagian kaki Anda yang
tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh
yang sudah dipanaskan tadi!
(4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali
hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya!
(4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa
sebelum dibakar!
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Dalam
melengkapi kalimat petunjuk hal yang harus
diperhatikan adalah logika berpikir dan keruntutan kalimat. Kalimat (1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan
sedikit, maka kalimat selanjutnya adalah celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa. Sedangkan kalimat (3)
Lalu bakarlah di atas api sampai cukup
panas, maka kalimat selanjutnya adalah tempelkan
sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri.
37.
Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan kalimat-kalimat petunjuk melakukan
suatu yang belum tersusun secara runtut, siswa dapat menentukan susunan yang
tepat tersebut.
Soal :
Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Biarkan parutan kentang di
wajah selama kurang lebih 90 menit!
(2) Tempelkan parutan kentang
merata ke seluruh wajah!
(3) Parutlah kentang yang sudah
dicuci tersebut!
(4) Sediakan 2 buah kentang yang
besar lalu cuci sampai bersih!
(5) Setelah mengering, basuhlah
dengan air biasa sampai bersih!
(6) Lakukan hal ini setiap malam
menjelang tidur!
Susunan yang tepat, petunjuk menghilangkan bekas
jerawat adalah ....
A.
(4), (2), (6), (1), (5), (3)
B.
(4), (1), (3), (2), (5), (6)
C.
(4), (6), (2), (5), (1), (3)
D.
(4), (3), (2), (1), (5), (6)
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Mengurutkan sebuah petunjuk melakukan sesuatu juga harus
memperhatikan keterkaitan antarkalimatnya.
38.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi kutipan pidato
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa
dapat menentukan isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
Soal
:
Dalam acara pengukuhan Pengurus OSIS
SMP Rembulan, Aji yang terpilih sebagai ketua OSIS yang baru memberikan pidato
sambutan.
Bagian isi pidato sambutan Aji yang tepat adalah
...
A.
Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala
pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
B.
Tingkatkan kinerja kalian sebagai pengurus OSIS yang baru. Segera susun
program kerja yang jelas dan terarah.
C.
Selamat kepada pengurus baru yang terpilih. Bapak yakin, kalian mampu
menjadi tim yang solid dan saling mendukung.
D.
Terima kasih kepada semua yang telah
memilih saya. Untuk menjalankan amanah ini, saya berharap dukungan dari semua
pihak.
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Isi pidato merupakan isi persoalan yang disampaikan.
Dalam penyampaiann isi pidato kita harus
memperhatikan posisi orang yang berpidato. Dalam hal ini Aji bertindak sebagai
ketua OSIS yang baru terpilih. Pilihan A tepat diucapkan oleh pembina OSIS
kepada mantan pengurus OSIS, Pilihan B tepat diucapkan oleh pembina OSIS kepada
pengurus yang baru, pilihan C berisi ucapan selamat oleh pembina OSIS atau
kepala sekolah.
39.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi kutipan pidato
Indikator Soal : Disajikan isi
teks pidato, siswa dapat menentukan bagian penutupnya.
Soal
:
Teks Pidato
[…]
Kami kelas VII dan Kelas VIII ikut bersyukur dan bangga atas keberhasilan
kakak kelas IX yang sebentar lagi meninggalkan sekolah ini.
Kakak-kakakku,
Barangkali saja selama bersama-sama belajar di sini, kami sering
merepotkan kakak. Harapan kami sudilah kiranya kakak memaafkan kami. Doa
kakak kami harapkan, semoga kami dapat meraih prestasi seperti kakak. Syukur
bisa lebih baik lagi.
[…]
|
Bagian
penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...
A.
Akhirnya, kami mengucapkan selamat jalan. Mudah-mudahan cita-cita kakak
semuanya tercapai.
B.
Akhirnya sekian dulu sambutan singkat ini. Bapak mohon maaf jika ada
kekurangan dan terima kasih.
C.
Sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga lain kali dapat kita sambung lagi
dengan waktu dan materi yang lain.
D.
Sekian dulu yang dapat ibu sampaikan. Belajar yang rajin dan terus
berprestasi di mana pun kalian berada.
Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Isi pidato
merupakan isi persoalan yang disampaikan. Dalam penyampaiann isi pidato kita harus memperhatikan posisi
orang yang berpidato. Pilihan B tepat diucapkan oleh perwakilan guru. Pilihan C
tepat diucapkan oleh pembicara dalam kegiatan ceramah ilmiah. Pilihan D tepat
disampaikan oleh perwakilan guru atau kepala sekolah.
40.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan tema
karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan permasalahan karya ilmiah yang
tepat.
Soal :
Tema:
Belajar kelompok meningkatkan prestasi
Rumusan masalah yang sesuai tema tersebut adalah ...
- Siapa sajakah
yang belajar kelompok, prestasinya meningkat?
- Belajar kelompok
seperti apakah yang dapat meningkatkan prestasi?
- Belajar kelompok
yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan prestasi?
- Apakah dengan
belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi?
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan :
Rumusan masalah
dalam karya ilmiah dikemukakan dalam bentuk kalimat tanya dengan prediksi
jawaban berupa uraian. Pilihan A, B, dan D memamg berupa kalimat tanya dan
sesuai dengan tema, tetapi jawabannya tidak perlu dengan uraian.
41.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa
dapat menentukan paragraf latar belakang masalah yang tepat berdasarkan
identifikasi masalah tersebut..
Soal :
Identifikasi masalah:
1.
Apakah limbah kemasan plastik dapat dimanfaatkan?
2.
Bagaimana pengelolaan limbah kemasan plastik menjadi bermanfaat?
Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan
identifikasi masalah tersebut adalah ...
A.
Limbah kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu
ternyata dapat menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluarga. Limbah plastik
dapat bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.
B.
Limbah plastik yang diolah dengan baik dapat menambah pendapatan bagi
keluarga. Oleh sebab itu, mari kita manfaatkan supaya memberi keuntungan bagi
kehidupan masyarakat yang semakin sulit.
C.
Plastik selama ini memang menjadi masalah karena tidak bisa berurai dengan
tanah seperti halnya sampah daun dan sampah makanan. Limbah kemasan plastik ini
selamanya akan tetap menjadi masalah bagi kita.
D.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata limbah kemasan plastik dapat
menambah pendapatan keluarga. Limbah plastik yang bermasalah akhirnya dapat
dicarikan solusinya. Mari kita mulai memanfaatkan limbah kemasan plastik.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Latar belakang
dalam karya ilmiah merupakan persoalan yang melatarbelakangi dibahasnya suatu
persoalan . Pilihan B berisi kesimpulan
pembahasan, pilihan C dan D mengemukakan pembahasan (isi),
42.
Kemampuan yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan
kata Indikator Soal : Disajikan
sebuah paragraf pendek yang salah satu
kalimatnya berupa kalimat tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya
Soal :
(1) Kepada semua siswa peserta lomba, agar segera
masuk ke dalam ruang seleksi. (2) Pelaksanaan lomba akan segera dimulai.
Agar kalimat tersebut efektif, kata yang
dihilangkan adalah ...
A.
semua, lomba, masuk
B.
kepada, siswa, segera
C.
semua, peserta, agar
D.
kepada, semua, lomba
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Kalimat “Kepada semua siswa peserta lomba, agar
segera masuk ke dalam ruang seleksi.” tidaklah efektif karena penggunaan
kata kepada, siswa, dan segera
43.
Kemampuan yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan
kata Indikator Soal : Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital,
siswa dapat menentukan perbaikannya,
Soal :
Jadwal
kedatangan kereta api bima dari jakarta dimundurkan satu Jam. penumpang yang
datang lebih cepat ke stasiun gambir merasa kecewa.
Perbaikan penggunaan huruf
kapital pada paragraf tersebut adalah ....
A
|
B
|
C
|
D
|
Kereta
|
jadwal
|
Bima
|
Bima
|
Bima
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jam
|
jam
|
Jam
|
jam
|
Penumpang
|
Penumpang
|
Stasiun
|
Penumpang
|
Gambir
|
Gambir
|
Gambir
|
Gambir
|
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Jadwal
kedatangan kereta api bima dari jakarta dimundurkan satu Jam. penumpang yang
datang lebih cepat ke stasiun gambir merasa kecewa.
Pada kalimat tersebut terdapat penulisan huruf kapital,
yaitu kata bima seharusnya Bima (nama diri, jakarta
seharusnya Jakarta (nama kota), Jam seharusnya jam (di tengah atau akhir kalimat),
penumpang seharusnya Penumpang (awal kalimat) gambir seharusnya Gambir (nama tempat)
44.
Kemampuan yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda
baca, pilihan kata Indikator Soal : Disajikan sebuah
paragraf yang di dalamnya terdapat tiga pilihan kata yang tidak tepat, siswa
dapat menentukan kata perbaikannya.
Soal :
Puskesmas Kasih adalah puskesmas yang banyak
dikunjungi pasien. Dokternya ramah dan
terkenal bertangan panas (1). Setiap
pasien yang bersilaturahmi (2), selalu dibantu (3) dengan baik. Tidak heran, jika banyak orang yang
berobat ke Puskesmas itu.
Kata bercetak miring pada paragraf tersebut tepat
diganti dengan ....
A.
dingin, berkunjung, ditolong
B.
dingin, berobat, dianjurkan
C.
dingin, berkunjung, disuntik
D.
dingin, berobat, dilayani
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Ketepatan pilihan kata akan mempermudah penafsiran orang
terhadap isi kalimat tersebut, sebaliknya ketidaktepatan pilihan kata akan
mempersulit orang dalam menafsirkan isi kalimat. Penggunaan kata yang kurang
tepat pada kalimat tersebut adalah panas,
bersilaturahmi, dan dibantu. Kata-kata tersebut harus diganti
dengan kata dingin, berobat, dilayani
45.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi berupa acara sekolah,
siswa dapat menentukan pantun yang tepat sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Setelah berusaha belajar lebih giat dan serius, Danang
mendapat peringkat pertama di kelas. Ia sangat senang karena akan memperoleh
hadiah atas prestasinya itu.
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ...
A.
Bila kita ingin ke pasar
Pasar
modern ada di mall
Ayo
kita bergiat belajar
Supaya
nilainya maksimal
B.
Kuda poni si kuda kepang
Tubuhnya tinggi larinya cepat
Riang hati bukan kepalang
Hadiah prestasi akan didapat
C.
Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
D.
Pergi ke goa Jatijajar
Banyak orang bertamasya
Mari kita giat belajar
Supaya orang tua bahagia
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Syarat-syarat
sebuah pantun: terdiri atas 4 baris, baris 1 dan 2 sampiran, baris 3 dan 4 isi,
rimanya a-b-a-b, setiap larik terdiri atas 8 – 12 suku kata. Pilihan A, C, dan
D sudah sesuai syarat-syarat pantun ,
tetapi isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
46.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan
sebuah pantun yang bagian isinya dirumpangkan , siswa dapat melengkapinya
dengan tepat.
Soal
:
Perhatikan pantun berikut!
Ringan ada di air tengah
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang
tersebut adalah .…
A.
(1) Bila kamu rajin belajar
(2) Prestasi pasti akan diraih
B.
(1) Untuk dapat raih nikmat
(2) Kerja keras dan ibadah
C.
(1) Meskipun sedikit harta
(2)
Jangan lupa bersedekah
D.
(1) Jika ingin masuk surga
(2) Mari kita tebalkan iman
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Syarat-syarat sebuah pantun: terdiri atas
4 baris, baris 1 dan 2 sampiran, baris 3 dan 4 isi, rimanya a-b-a-b, setiap
larik terdiri atas 8 – 12 suku kata.
Pilihan A,
B, dan D tidak menyambung dengan sampiran dan rumus rimanya.
47.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah puisi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan
larik bermajas yang tepat.
Soal :
Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah usai
Meski laju putaran waktu
Bergulir tak kenal henti
Larik bermajas untuk melengkapi
puisi tersebut adalah ....
A.
Hentikan asa kehidupan
B.
Pemandangan alam indah
C.
Rembulan tampak penuh
D.
Mentari di balik bukit pohon teh
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Dalam melengkapi sebuah puisi selain
memperhatikan kebulatan makna juga
harus diperhatikan keruntutan bunyi
48.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah puisi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan
kata yang tepat.
Soal :
Daun kering gugur
Tanah kerontang
Rumput kuning
Semua menunggumu
[…]
Kau sumber kehidupan
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut adalah ....
A.
Batu kerikil
B.
Awan datang
C.
Langit cerah
D.
Air hujan
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Dalam melengkapi sebuah puisi selain memperhatikan
kebulatan makna juga harus diperhatikan keruntutan bunyi.
49.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menentukan
puisi yang tepat sesuai gambar tersebut
Soal :
Perhatikan gambar berikut!
Puisi yang tepat sesuai dengan gambar tersebut
adalah .…
A. Lautan membentang
Engkau ciptakan kehidupan
Sumber pendapatan
nelayan
Meraup rizki
karunia Tuhan
B. Lautan membentang
Lambaian daun nyiur
Menambah keindahan
Pemandangan sore hari
C. Gemericik suara air
Di
pinggir air sungai
Mengalir
perlahan
Bak
irama kehidupan
D.
Indahnya kehidupan
Hijaunya dedaunan
Wanginya tanah
Disiram air hujan
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Pilihan A puisi yang sesuai dengan keadaan
gambar. Tampak dalam gambar: lautan yang membentang, nelayan yang sedang
menangkap ikan sebagai kegiatan mencari rezeki yang diberikan Tuhan. Puisi B
tidak sesuai dengan gambar (tidak terdapat pohon nyiur), puisi C tidak sesuai
dengan gambar karena yang ditampilkan gambar laut bukan sungai, Puisi D tidak
sesuai dengan gambar ( tidak terdapat daun hijau dan air hujan)
50.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi drama
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan drama yang salah satu dialognya dirumpangkan, siswa dapat
menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
tersebut
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Maya :
Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu :
(menarik napas panjang kecewa)
Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya : (terkejut dan gugup)
Kan masih lama, Ibu.
Ibu :
Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya : […]
Ibu
: (dengan tersenyum)
Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
Dialog yang
tepat untuk melengkapi bagian
rumpang kutipan drama tersebut
adalah ...
A.
Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
B. Maya, kita sekarang lagi
kesulitan.
C. Coba kamu mengerti kondisi
Ibu.
D. Baiklah Ibu akan beli yang
baru.
Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Melanjutkan dialog drama pada dasarnya melanjutkan pembicaraan
tokoh-tokohnya. Dialog B, C, dan D lebih
tepat bila yang mengucapkan tokoh Ibu.
51.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi
dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan
satu paragraf berupa teks berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang
jawabannya merupakan isi berita tersebut.
Soal :
Dampak penggunaan earphone yang salah dan berakibat pada penurunan pendengaran telah
terbukti. Penelitian yang komprehensif di Amerika Serikat menemukan 5,2 juta
anak usia 6 – 19 tahun pendengarannya terganggu karena terlalu sering
mendengarkan musik keras melalui walkman dan iPod. Para ahli kesehatan di sana
memperkirakan anak-anak itu bakal lebih awal mengalami ketulian, yakni pada
usia 40-an tahun. Padahal secara normal, pengurangan kualitas pendengaran baru
terjadi saat menginjak usia 60 – 70 tahun.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
A.
Di manakah para remaja bisa
mendapatkan earphone?
B.
Bagaimana cara kerja earphone
sehingga dapat merusak pendengaran penggunanya?
C.
Mengapa anak-anak remaja di Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami
ketulian lebih dini?
D.
Siapa nama para ahli kesehatan yang
melakukan penelitian dampak penggunaan earphone?
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan : Menjawab pertanyaan
yang jawabannya terdapat pada kutipan berita, cermati kata tanya dan
cari jawaban pada kutipan berita. Kata tanya yang digunakan lima W + 1 H (apa, siapa, di mana, mengapa, kapan,
bagaimana)
Kata
kunci : mengapa… (sebab)
52. Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi
dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi paragraf
tersebut
Soal :
Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter
Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga
di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar
Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si
Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak
menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan
dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan
membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
tersebut adalah ...
A.
Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B.
Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C.
Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D.
Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.
Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita.
Kata kunci : terdapat pada kalimat kedua … (Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di
lapangan hijau setelah terpuruk di Inter
dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu)
53.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerpen tersebut
Soal :
Ku tak mungkin jatuh cinta kan?
Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan
diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku,
dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak
itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun
kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu
telah merusak cintaku.
Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat
diketahui melalui ….
A.
Tingkah laku tokoh kamu
B.
Tingkah laku tokoh aku
C.
Dialog tokoh kamu
D.
Dialog tokoh aku
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Watak adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang
berhubungan dengan sifat duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat
yang mengacu pada karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks
tersebut.
Kata kunci: (1) ...
ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan .... (2)
Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
54.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar tertentu cerpen tersebut
Soal :
(1)"Apakah
peranku bagimu, silumankah aku?" tak ada jawabmu, hanya angin berdesir di
sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat
kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan
ini. (4)Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari.
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Latar selalu berhubungan dengan tempat, waktu, dan suasana. Temukan kata
kunci yang merujuk pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada kutipan tersebut adalah mentari di
sebelah barat.
Kata kunci: Bulan ....
55.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan
paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan
paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul yang tepat laporan tersebut
Soal :
Perhatikan paragraf laporan berikut!
Angsana keling adalah pohon yang banyak ditanam di pinggir jalan untuk
penghijauan. Pohon ini dapat mencapai tinggi 30 meter dan berdiameter 80
sentimeter. Kayunya keras, kuat, awet, dan lentur, sehingga banyak digunakan
untuk perabot rumah tangga. Di Pulau Jawa, kayu ini sering dipakai untuk
bahan sarung keris.
|
Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah ….
A.
Angsana Keling
B.
Gambaran Angsana Keling
C.
Angsana Keling untuk Perabotan
D.
Angsana Keling Untuk Sarung Keris
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Judul laporan harus mencerminkan isi laporan sesuai data
Kata kunci: Angsana keling adalah
pohon ....; Pohon ini ....; Kayunya keras ....; Di Pulau Jawa, kayu ini....
56.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan
slogan
Indikator Soal : Disajikan sebuah
slogan yang pilihan katanya tidak tepat,
siswa dapat menentukan perbaikan slogan tersebut
Soal :
Perhatikan slogan berikut!
Di bumi damai untuk ketenangan di hati
Perbaikan terhadap slogan tersebut yang tepat
adalah ….
A.
Damai di hati tenang di bumi
B.
Tenang di bumi tenteram di hati
C.
Tenang di hati damai di bumi
D.
Damai di bumi damai di hati
Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok
dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan berima.
57.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi
kutipan pidato
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan paragraf berisi pembuka
pidato sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
SMP Kejora melaksanakan kegiatan Porseni. Sebagai
ketua OSIS, Daffa menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan Porseni.
Bagian isi pidato Daffa yang sesuai ilustrasi
tersebut adalah …
A.
Bapak, Ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat
Tuhan karena kita dapat melaksanakan program ini.
B.
Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita
semua. Demikian dan saya akhiri terima kasih.
C.
Teman-teman yang saya sayangi, marilah kita ikuti kegiatan porseni ini.
Kalah dan menang dalam kompetisi adalah hal biasa.
D.
Adik-adiku semua, janganlah kita budayakan bolos. Karena bolos itu tindakan
yang sangat meruguikan diri sendiri.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan
dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau
penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci: pembuka pidato (ucapan
puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato
(harapan, permohonan maaf)
58.
Kemampuan yang Diuji : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kalimat yang menggunakan pilihan kata tidak tepat, siswa dapat mentukan
perbaikannya.
Soal :
Peserta seminar diundang masuk ke ruangan.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang tepat
adalah ….
A.
dimohon
B.
diajak
C.
disarankan
D.
diusahakan
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah
EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita
maksud. Bentuk kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita
kemukakan dalam konteks yang berbeda.
Kata kunci: Peserta seminar tidak diundang, tetapi dimohon masuk ke ruangan.
59.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan
simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran yang tepat sesuai simpulan
tersebut
Soal :
Bacalah simpulan karya ilmiah!
Secara keseluruhan SMP di provinsi DKI Jakarta
telah siap menyongsong sekolah masa depan, sebab seluruh indikator sekolah masa
depan telah dipenuhi oleh sebagian besar SMP di provinsi DKI Jakarta.
Namun demikian masih diperlukan upaya peningkatan
secara maksimal, khususnya bagi sekolah-sekolah swasta yang kecil. Demikian
juga masih perlu dikembangkan pengelolaan sekolah yang mendukung terciptanya
sekolah masa depan.
Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah ...
A. Upaya peningkatan sumber daya
manusia yang utama dilakukan melalui pembangunan sektor pendidikan
B.
Namun dari keunggulan tersebut apakah SMP di Provinsi DKI Jakarta dapat
memanfaatkan dan mengembangkan fasilitas yang dimilikinya sehingga benar-benar
terkontruksi sebagai sekolah masa depan?
C. Pentingnya pemberdayaan SMP
kecil (jumlah siswa sedikit) melalui pembinaan manajemen dan bantuan
operasional pendidikan sehingga mampu menjadi sekolah masa depan
D. Pendidikan tidak saja menambah
pengetahuan, akan tetapi juga
meningkatkan keterampilan bekerja yang akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Saran dalam karya tulis adalah saran, anjuran yang
disampaikan untuk memberikan solusi terhadap hasil penelitian.
Kata kunci:Pentingnya pemberdayaan
SMP kecil....
60.
Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi
drama
Indikator Soal : Disajikan
kutipan naskah drama yang terdapat kesalahan penulisan (tidak ada petunjuk
laku) pada dialognya, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan naskah drama
tersebut
Soal :
Bacalah kutipan drama berikut!
1. Putri : Reno....! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tua!
2. Reno : Biarin aja, toh mereka tidak peduli.
3. Putri : Bukannya tidak peduli, tapi
mereka sibuk
mencari uang buat kita anak-anaknya.
4. Reno : Itu hanya alasan saja! [mondar mandir seperti orang kebingungan]
5. Putri : Reno jika
dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmu saja!
Perbaikan
kesalahan petunjuk laku nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ...
A.
(Reno tertawa geli, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)
B.
(Sambil
menggerutu, dari teras Reno masuk ke dalam rumah.)
C.
(Sambil
melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)
D.
(Putri terkekeh, kemudian ia
ngeloyor pergi dari rumah)
Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Memperbaiki kesalahan petunjuk laku, harus mencermati
dialog sebelum dan sesudahnya.